Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Negara dengan Biaya Murah untuk Liburan Akhir Tahun

by Sindhi Aderianti on 17 December, 2018

Liburan akhir tahun adalah saat yang selalu dinanti-nanti. Bertepatan dengan perayaan natal dan tahun baru, banyak orang yang menggunakan kesempatan ini sebagai momen untuk berlibur. Destinasi mancanegara pun sering menjadi incaran karena waktu libur yang lebih panjang hingga dua minggu lamanya.

Liburan Travel Tahun Baru - CekAja

Liburan ke luar negeri mungkin identik dengan kata mahal. Tapi sekarang jamannya sudah berubah. Bukan hanya orang berada saja yang bisa traveling ke luar negeri. Alasan yang utama, Anda pasti tahu kalau sekarang banyak maskapai pesawat low cost yang memberi promo ke destinasi mancanegara.

Beberapa travel agent juga ada yang menjual paket tour ke luar negeri dengan harga lebih murah. Otomatis beban transportasi dan akomodasi terasa lebih ringan.

Maka itu jika Anda ingin ke luar negeri namun budget terbatas, tenang saja. Lima negara ini konon menawarkan segala hal yang cukup terjangkau di kantong. Penasaran? Simak terus artikel berikut ini!

(Baca juga: 7 Tips Liburan di Musim Hujan)
1. Vietnam

Selain penginapan dan makanan di sana hampir semuanya murah, ternyata Vietnam memiliki tempat wisata yang tidak kacangan. Ada 3 destinasi favorit berbeda ‘genre’ yang bisa dikunjungi mulai dari pantai, persawahan, hingga padang pasir.

Sebut saja yang pertama Ha Long Bay. Dengan pesona air laut berwarna hijau toska, pulau-pulau berbatu kapur menjulang tinggi, dan gelombang bak naga laut, Ha Long Bay sering diibaratkan sebagai tempat bak negeri dongeng. Tempat ini bahkan termasuk keajaiban alam dunia yang dipatenkan oleh UNESCO sejak tahun 1994.

Lalu jika ingin melihat pemandangan hijaunya ratusan terasering, Sa Pa adalah destinasi yang paling tepat. Sa Pa terkenal dengan sawahnya yang indah. Mengunjungi kota tersebut, Anda akan dimanjakan dengan wisata trekking melalui lembah dan lereng, sekaligus berkesempatan mengetahui budaya kelompok etnis Hmong yang mendiami wilayah ini.

Terakhir yang tak kalah wajib dikunjungi yakni Sand Dunes. Berjarak 65 km sebelah timur laut Phan Thiet, bukit pasir ini tampak berwarna emas. Banyak wisatawan menikmati perjalanan di bukit pasir ini karena bentuknya menyerupai Sahara.

Uniknya lagi setiap akhir tahun, Vietnam mengalami musim dingin seperti negara-negara di Eropa, lho! Hal ini disebabkan oleh letak geografis negaranya yang berada pada titik lintang utara.

Karena itulah Vietnam terutama bagian selatan mengalami musim dingin sampai turun salju. Anda bisa membuktikannya langsung dengan mengunjungi wilayah pegunungnan Fansipan salah satunya.

(Baca juga: Siasat Belanja Hemat Saat Liburan di Luar Negeri)
2. Kamboja

Negara selajutnya ialah Kamboja. Kamboja sering menjadi destinasi para backpacker karena rate penginapannya yang berkisar antara Rp50-250 ribu saja. Sedangkan untuk makan, Anda cukup membayar Rp13-50 ribu sekali makan.

Soal destinasi wisata? Tak kalah menarik tentunya. tempat wisata yang indah dan eksotis seperti bangunan bersejarah, tempat wisata alam, dan pantai tropis.

Cobalah ke Angkor Wat Archaeological Park, candi yang masuk situs warisan dunia UNESCO. Hanya sekitar Rp198 ribu, Anda bisa berkeliling di tempat bersejarah tersebut seharian.

Sihanoukville juga dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan untuk bersantai. Tempat ini dikenal dengan sebutan Kampong Som yang merupakan kota di dekat laut dengan berbagai pantai pasir putih untuk bersantai.

3. Myanmar

Liburan akhir tahun di Myanmar pun tak akan membuat overbudget. Pasalnya, kurs 1 kyat jika dikonversikan ke rupiah kurang lebih hanya 10 perak. Anda bahkan cukup menghabiskan sekitar Rp 255 ribu saja untuk bepergian dalam sehari.

Memiliki keunggulan obyek wisata seperti pagoda emas yang menghampar, Myanmar wajib pula dimasukkan ke dalam rencana perjalanan Anda akhir tahun ini. Bagan merupakan salah satu kota kuno di Myanmar yang menawarkan lebih dari 3.000 kuil yang akan membawa Anda kembali ke abad 11.

Dengan banyaknya bangungan berlapis emas yang tersebar, pemandangan ini tak ubahnya seperti mimpi. Apalagi jika budget mencukupi, Anda bisa terbang menelusuri kota tersebut dengan menaiki balon udara selama satu jam. Tarifnya mulai dari 320 dollar AS atau sekitar Rp 3,6 juta per orang.

Waktu terbaik saat hendak mengeksplorasi Myanmar adalah di pagi dan sore hari. Pagi melihat sunrise, sore menikmati sunset. Siang hari sebenarnya tidak masalah, asalkan Anda tahan akan cuaca panasnya yang menyengat.

(Baca juga: Trik Liburan Hemat Menggunakan Air Miles)
4. India

Biaya hidup di India tergolong rendah. Itulah mengapa dengan Rp 250 ribu, Anda sudah bisa naik kereta AC dengan fasilitas terlengkap di sana. Begitu pula soal penginapan dan makanannya yang amat terjangkau.

Untuk tempat wisata, Anda pasti tak asing lagi dengan Taj mahal yang termasuk ke dalam tujuh keajaiban dunia ini. Keindahan bangunannya konon dibangun selama 22 tahun dan kerap memukai setiap wisatawan yang datang.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Amer Fort yang memiliki pemandangan kastil nan eksotis. Keindahan benteng ini pun semakin lengkap dengan adanya pepohonan hijau juga sungai-sungai yang mengalir di sekelilingnya.

5. Yunani

Meski terletak di benua Eropa, Yunani yang pernah mengalami masa kesulitan ekonomi, membuat pemerintahnya harus menaikkan daya tarik wisatawan dengan tarif yang serba murah.

Tapi jangan salah pilih kota, sebab tak semua kota di sana menawarkan wisata ala backpacker. Bila dana telah dialokasikan pada tiket transportasi, Anda masih berkesempatan mengunjungi tempat-tempat wisata di Yunani yang gratis.

Misalnya ke Plaka yang merupakan salah satu permukiman kuno dengan pemandangan berupa bangunan neoklasik, rumah-rumah tradisional, reruntuhan kuno, dan kuil Bizantium. Lalu mendaki sedikit ke bukit, Anda bisa menemukan monumen Fillophapus yang sangat ikonik untuk dijadikan tempat berfoto ria.

Khusus pemegang paspor Indonesia, Anda perlu memiliki visa sebagai syarat untuk masuk ke negara ini. Biaya pembuatannya sekitar Rp 900 ribu dengan langsung memprosesnya di Kedutaan Besar Yunani. Sementara untuk lama pembuatan visa tersebut, kira-kira dua minggu tanpa ada pengecekan identitas kembali saat mengambilnya.

Bisa mengunjungi negara lain merupakan kebanggaan tersendiri. Terlebih budaya dan bahasa yang berbeda selalu ikut memberi kesan yang tak terlupakan sampai kapanpun. Inilah esensi berlibur ke luar negeri yang pastinya tidak akan membuat setiap orang menyesal! Jadi, kemana pilihan Anda untuk mengisi liburan akhir tahun kali ini?

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami