Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Olahraga Ringan yang Bisa Bikin Tubuh Bugar Sambil Puasa Ramadan 

by Rafly Aditia on 2 Juni, 2017

olahraga di bulan puasa _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Berolahraga saat puasa bukanlah hal yang mustahil, asalkan disiasati dengan baik.

Bahkan banyak penelitian yang mengatakan bahwa berolahraga ketika puasa dapat meningkatkan efektifitas menurunkan berat badan. Agar tetap konsisten dengan gaya hidup sehat dan punya berat badan ideal, berikut ini 5 olahraga yang cocok untuk dilakukan saat puasa Ramadan:

Jogging

Jogging merupakan olahraga dengan intensitas rendah sehingga tidak mudah membuat tubuh lemas. Namun, sebaiknya lakukan jogging di dalam ruangan saat puasa untuk menghindari cuaca panas. Caranya bisa menggunakan alat bantu seperti treadmill.

Yoga

Melakukan yoga saat bulan Ramadhan juga sangat efektif untuk tubuh. Walau memang akan terasa lebih berat dibanding latihan di hari-hari biasa, melakukan yoga ketika puasa sangat bermanfaat untuk tubuh dan bisa membuat waktu berlalu lebih cepat.

Setidaknya ada beberapa gerakan ringan yang cocok dilakukan saat puasa seperti horse pose, namaste twist, bridge pose, cat & cow pose, child pose, dan camel pose.

Calisthenics

Kalau memang sudah terbiasa olahraga berat, tidak ada salahnya latihan calisthenics yang mengandalkan berat badan tubuh sendiri saat puasa. Ada beberapa gerakan utama dalam calisthenics yang bisa dilakukan seperti push up, pull up, squat, hingga plank.

Namun, sebaiknya lakukan olahraga satu ini menjelang berbuka puasa. Ketika tubuh selesai berolahraga, maka bisa langsung mendapatkan nutrisi untuk mengembalikan energi yang telah terbuang.

Bersepeda

Suka ngabuburit menjelang waktu berbuka? Lakukan hal tersebut sambil berolahraga! Caranya dengan bersepeda. Kita bisa mengubah kebiasan membeli makanan untuk berbuka dari menggunakan kendaraan bermotor menjadi menggunakan sepeda. Selain bikin tubuh sehat, ngabuburit sambil bersepeda juga terasa menyenangkan.

Senam aerobik

Senam aerobik biasanya dilakukan bersama-sama sehingga membuat diri lebih semangat berolahraga meski sedang berpuasa. Selama bulan Ramadan, banyak aktivitas senam aerobik yang dilakukan di fasilitas umum seperti taman atau tempat gym.

Latihannya pun disesuaikan dengan memilih low impact aerobics alias aerobik dengan gerakan ringan yang bisa bikin badan tetap sehat dan bugar namun puasa bisa berjalan lancar.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami