Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Sekarang Agar Sehat di Masa Tua

by Rafly Aditia on 24 Mei, 2016

Pagi Lebih Sehat dan Produktiv - CekAja

Masa tua, sering diidentikan sebagai masa penuh kesulitan ekonomi. Karena biasanya di usia tua seseorang akan sering mengalami sakit dan pastinya perlu mengeluarkan uang untuk perawatan dan penyembuhannya. Hal ini tentu bisa menguras seluruh tabunganmu.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kamu memiliki asuransi kesehatan yang berkualitas. Selain itu, sudah jadi kewajiban bagi kamu untuk menjaga tubuh dengan rutin berolahraga. Berikut ini ada 5 olahraga yang bisa kamu lakukan agar sehat di masa tua nanti:

Lari

Lari adalah salah satu olahraga yang paling sering dilakukan banyak orang. Untuk kamu yang masih muda, lari bisa dijadikan pilihan untuk berolahraga. Karena olahraga yang satu ini terbukti dapat membakar kalori dengan cukup efektif, dan meningkatkan kinerja jantung.

Bukan cuma itu, lari juga bermanfaat bagi orang tua. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasi di Psychonomic Bulletin & Review tahun 2012, orang yang rutin berlari memiliki kualitas ingatan yang jauh lebih baik dibandingkan orang seusianya.

Berenang

Kamu suka berenang? Sebaiknya, lakukan kegiatan olahraga yang jadi favoritmu itu. Karena, dengan rutin berenang tubuh akan menjadi lebih sehat ketika tua nanti. Hal ini dibuktikan oleh penelitian dari Columbia University Medical Center yang mengungkapkan bahwa berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Buat kamu yang mau menurunkan berat badan, berenang juga sangat efektif. Pasalnya, berenang dapat membakar 200-300 kalori tergantung intensitas dan gaya berenang yang kamu lakukan.

Bodyweight exercise

Kalau kamu tidak mau membuang waktu banyak untuk berlari, dan berenang sementara ingin melakukan olahraga yang efektif coba lakukan olahraga bodyweight dengan intensitas tinggi. Kamu bisa melakukannya kapanpun dimanapun, lakukan gerakan seperti push up, crunches, jumping jacks, mountain climber, plank, selama 15 menit dengan jumlah repetisi dan intensitas yang tinggi. (Baca juga: 6 Kesalahan Penyebab Rumah Sulit Laku Saat Dijual)

Berdasarkan penelitian dari American College of Sports Medicine Health & Fitness, latihan dengan intensitas yang tinggi secara rutin bermanfaat tuntuk kebugaran dan ketahanan fisik dalam jangka panjang.

Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang popularitasnya meningkat akhir-akhir ini. Olahraga yang dikenal tidak hanya bagus secara fisik, melainkan juga bagus untuk mengendalikan fokus dan emosi ini ternyata sangat baik untuk tubuh kamu.

Banyak penelitian yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology menyatakan bahwa yoga bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Bahkan, yoga memiliki manfaat yang tidak kalah baik dibandingkan olahraga konvensional seperti jogging.

Senam aerobik

Olahraga yang satu ini sih jadi kesukaannya para ibu muda. Yup, senam aerobik! Olahraga yang menuntut stamina tinggi dan gerakan yang fleksibel ini ternyata sangat baik bagi kesehatanmu. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan kalau kamu melakukan senam aerobik secara rutin.

Tapi hebatnya, menurut sebuah penelitian dalam New England Journal of Medicine terungkap bahwa aerobik merupakan salah satu olahraga yang bisa membuat seseorang memiliki umur panjang. (Baca juga: Tip Sukses Jadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami