Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

5 Orang Ini Kaya Raya Karena Warisan

by Sindhi Aderianti on 9 November, 2018

Kekayaan bisa didapat dari mana saja. Terdapat guyonan soal tiga cara menjadi kaya, yaitu memperoleh warisan, menikah dengan orang terkaya, atau bekerja lebih keras. Mana yang paling menjanjikan? Tentunya semua tergantung bagaimana cara mereka mengelola harta kekayaan itu sendiri. Nah, kali ini CekAja akan membahas orang terkaya karena warisan.

pinjaman untuk bisnis

Adapun, dari tokoh yang akan dibahas ini, mereka tak sembarang ‘numpang kaya’, tapi memang juga terkenal pandai mengembangkan bisnis hingga menjadi kekayaan yang tak habis tujuh turunan. Lalu, siapa sajakah orang terkaya dengan warisannya yang berlimpah ruah tersebut?

Jim Walton

Orang terkaya karena warisan yang pertama adalah Jim Walton. Putra bungsu dinasti Walton ini selain memiliki setengah saham Walmart bersama saudara-saudaranya yang lain, ternyata juga pernah menjadi anggota direksi perusahaan tersebut sebelum memberikan posisi itu ke putranya pada 2016 lalu.

Di samping itu, kepandaiannya dalam menguasai dunia perbankan menghasilkannya sukses memiliki harta kekayaan senilai 45,2 miliar dolar AS atau Rp690 triliun. Jim memang tercatat pernah memimpin Avrest Bank, yakni bank pertama yang mempelopori penggunaan Automatic Teller Machine (ATM).

(Baca juga: Selain Hasilkan Duit, 5 Skill Ini Bisa Dipelajari Secara Gratis)

David Koch

David dan kakaknya adalah pemilik saham terbesar dari Koch Industries. Industri tersebut bergerak di sektor makanan, manufaktur, sumber daya, dan sebagainya. Hartanya ditaksir mencapai 53,5 miliar dolar AS atau Rp816,7 triliun. Nama Koch tidak hanya tersohor di dunia bisnis, tetapi juga politik. Koch mendanai beberapa organsisasi kebijakan (think thank), seperti Cato Institute, The Heritage Foundation, dan American Enterprise Institute.

Bukan sekedar ‘kaya dari lahir’, tapi David dan kakaknya juga pandai memutar uang sampai membuat kekayaannya mencapai 10 digit atau 53,9 miliar dolar AS (Rp822,8 triliun).

(Baca juga: Ajukan Pinjaman Modal Usaha, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan)

Gernot Langes

Para wanita pasti tidak asing lagi dengan brand perhiasan bermaterial kristal Swarovski. Gernot Langes Swarovski adalah salah satu pewaris harta perusahaan keluarga mereka yang sudah mendunia ini. Swarovski kini telah memiliki tujuh pabrik dan 2.350 toko di seluruh dunia. Praktis, Gernot kini masuk dalam daftar orang-orang superkaya di Austria. Kekayaannya mencapai 1,3 miliar dolar AS atau setara Rp16,9 triliun.

Sampai saat ini, sudah ada 70 orang anggota keluarga Swarovski yang ambil bagian. Meski hanya meneruskan bisnis keluarga, namun tak dapat dipungkiri bahwa Gernot sendiri dinilai bisa tetap kaya karena sejauh ini mampu mengelola semua hartanya dengan baik.

Banner KTA CekAja

Heidi Horten

Tidak semua warisan yang didapat orang terkaya memiliki berasal dari keluarga. Wanita ini justru mendadak kaya raya karena mewarisi harga peninggalan suaminya. Ya, dialah Heidi Horten. Janda dari Helmut Horten ini mendadak kaya raya dan masuk dalam daftar miliuner Austria sejak suaminya meninggal. Suami Heidi dulunya adalah pendiri department store di Jerman bernama Horten AG.

Perusahaan yang diwarisi dari mendiang suaminya tersebut kini masih diperhitungkan di dunia fesyen Eropa dan di industri ritel Jerman. Di usianya yang mencapai 73 tahun, total kekayaan Heidi saat ini adalah 3,1 miliar dolar AS, hampir tiga kali lipat dari kekayaan milik Gernot Langes Swarovski.

(Baca juga: Butuh Pinjaman Usaha? Cek Kelayakan Kredit Anda!)

Mukesh Ambani

Belakangan, Mukesh Ambani diketahui mampu menyingkirkan posisi Jack Ma dari tahta Alibaba, salah satu perusahaan terbesar di Cina. Namun selama in, keberhasilan Mukesh ternyata tidak luput dari peran ayahnya, Dhirubhai Ambani. Ayahnya ini merupakan pengusaha yang dulunya bergerak dibidang jual-beli rempah-rempah. Dari rempah-rempah, Dhirubhai melakukan pengembangan usaha ke tekstil yakni Reliance Industry.

Reliance sejatinya tidak hanya memiliki produk tekstil, tapi juga bergerak di bidang telekomunikasi, hingga pengolahan minyak bumi. Saat ini, Mukesh dikabarkan memiliki total kekayaan 40,1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp609 triliun. Mukesh juga menduduki posisi orang terkaya di dunia 2018 urutan ke-19.

Di Indonesia sendiri banyak juga orang yang terkenal kaya raya berkat warisan. Tidak ada yang salah sebenarnya jika seseorang bisa hidup serba berkecukupan karena keluarga atau bahkan mantan suami seperti yang dikisahkan pada ulasan tadi. Yang penting adalah bagaimana mengelolanya agar bisa berguna juga untuk orang lain.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami