Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Pebisnis Perempuan Paling Sukses dan Berkuasa di Asia Tenggara

by Rafly Aditia on 23 April, 2016

tips menabung - CekAja.com

Dunia bisnis memang didominasi oleh kaum adam. Tetapi, tidak sedikit wanita yang berhasil mematahkan dominasi tersebut. Berbagai prestasi serta kinerja yang konsisten ditunjukkan oleh beberapa wanita berkapasitas nomor satu di berbagai belahan dunia.

Terutama di Asia, ternyata peran wanita dalam iklim bisnis di Asia begitu besar. Untuk itu, ceoworld.biz meluncurkan daftar 50 wanita paling berkuasa di dunia bisnis Asia.

Menariknya, dalam daftar tersebut ada beberapa wanita yang berasal dari Asia Tenggara. Tidak tanggung-tanggung, mulai dari posisi 30 besar hingga 5 besar dihuni oleh beberapa wanita asal Asia Tenggara. Berikut ini 5 pebisnis wanita paling berkuasa di Asia Tenggara versi ceoworld.biz:

Nguyen Thi Phung Thao, Vietnam

kogan_jxnv

Negeri para petani, Vietnam, mengirimkan wakilnya dalam daftar yang diluncurkan oleh ceoworld.biz ini. Wanita yang lahir pada 7 Juni 1970 tersebut merupakan pebisnis wanita yang juga menjabat sebagai CEO VietJet.

VietJet merupakan maskapai penerbangan lokal Vietnam yang mengusung konsep lowe budget airline. Wanita berusia 46 tahun ini memiliki 90% dari saham VietJet dan Sovico Holding yang merupakan pengembang utama kota Ho Chi Minh.

Somruedee Chaimongkol, Thailand

30254783-01

Berikutnya dari Negeri Gajah. Inilah wanita paling berkuasa di Thailand untuk urusan bisnis. Chaimongkol menjabat sebagai CEO Banpu semenjak bulan April tahun 2015 lalu. Dirinya memiliki karier dan pengalaman bisnis yang begitu gemilang.

Pernah menjadi CFO di Banpu Public pada tahun 2006, lalu menjadi Non Executive Director Centennial Coal pada tahun 2001-2006 hingga menjadi komisioner PT Indo Tambangraya Megah TBK semenjak 9 tahun yang lalu. Dirinya menempati peringkat ke-4 dalam daftar wanita bisnis paling berkuasa di Asia tahun 2016 versi ceoworld.biz.

Robina Gokongwei-Pe, Filipina

129202_640

Berada di urutan 17 dari 50 wanita bisnis paling berkuasa di Asia tahun 2016 versi ceoworld.biz, tentu menjadi prestasi tersendiri bagi wanita asal Filipina satu ini. Robina Gokongwei-Pe menjabat sebagai Presiden sekaligus COO Robinsons Retail Holdings, Inc.

Bukan cuma itu, dirinya juga menjabat sebagai Wakil Presiden Senior dan Group General Manager Robinsons Retail Group. Keberhasilannya menjadi petinggi di kerajaan Robinsons merupakan alasan mengapa dirinya dianggap bergitu berkuasa dalam urusan bisnis di Asia.

(Baca juga: 7 Quote Inspirasional dari Entrepreneur Wanita Berpengaruh di Dunia)

Ho Ching, Singapura

Screen-Shot-2016-04-11-at-1.22.45-PM

Walau sudah berusia 66 tahun, Ho Ching dianggap masih memiliki power kuat di dunia bisnis Asia Tenggara maupun Asia. Ho Ching menjabat sebagai CEO Temasek Holdings sejak tahun 2002. Awalnya, Ho Ching menjabat sebagai Direktur Temasik pada tahun 2002, kemudian jelang 3 bulan berikutnya dirinya merangsek ke posisi Direktur Eksekutif.

Wanita hebat satu ini memang memiliki banyak prestasi. Pada tahun 2011 dia masuk daftar 50 Most Influential yang dikeluarkan majalah ternama Bloomberg. Selain itu dirinya juga pernah bertengger di posisi ke-9 dalam daftar Public Investor 100 Ranking Complied yang dikeluarkan Sovereign Wealth Fund Institute.

Sinta Widjaja Kamdani, Indonesia

pillout005_01

Sinta Widjaja Kamdani menjadi wakil Indonesia dalam daftar ini. Lulusan Harvard Business School yang satu ini menjabat sebagai pemilik sekaligus CEO Sintesa Group. Sinta berkontribusi dalam banyak organisasi sosial dan bisnis yang berdampak positif terhadap lingkungan, komunitas dan iklim bisnis di Indonesia secara keseluruhan.

Anak dari Jhonny Widjaja ini memang punya bakat bisnis sejak kecil. Dirinya bahkan pernah menjual buku secara door to door di umurnya yang masih 13 tahun.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami