Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Pebisnis Tajir dari Timur Tengah

by Surtan Siahaan on 9 Juni, 2016

Jenis Batik - CekAja

Bumi Timur Tengah memang dikenal sebagai negeri yang kaya karena dilimpahi dengan minyak bumi. Hampir semua negara yang berada di Timur Tengah tergolong sebagai negeri yang makmur. Meski demikian, kondisi ini tidak menjadikan pemuda Arab menjauhi bisnis. Buktinya banyak sekali pengusaha sukses yang berasal dari Timur Tengah.

Hal ini seharusnya bisa menjadi motivasi bagi masyarakat Indonesia untuk mengikuti jalan hidup pengusaha-pengusaha Arab yang gigih berusaha meskipun hidup di negeri yang makmur. Seperti dikutip dari Forbes, berikut ini 5 pebisnis tajir asal Timur Tengah yang bisa menjadi inspirasi:

Prince Al-Waleed bin Talal

Prince-Al-Waleed-Bin-Talal

Pangeran Arab Saudi ini adalah pendiri dan CEO dari perusahaan investasi terkenal Kingdom Holding. Perusahaan miliknya berinvestasi di sektor perbankan, otel, media massa, hiburan, dan teknologi.

Dia juga merupakan pemegang saham individu terbesar di Citi group dan memiliki Four Seasons Hotel George 5 di Paris Prancis. Investasi miliknya yang lain tersebar di Apple Inc, Fox Broadcasting, dan Disney Hotel dan Resor.

(Baca juga: Masih Susah Bangun Sahur? Pakai 7 Trik Ini untuk Mengatasinya)

Mohammed Al Amoudi

Mohammad-Al-Moudi

Pria yang disebut oleh Forbes memiliki kekayaan senilai US$ 10 miliar ini adalah pengusaha di bidang minyak, agrikultur dan konstruksi. Awalnya, pria berkewarganegaraan Saudi Arabia ini adalah kontraktor proyek pembangunan rumah sakit dan universitas dan berkembang menjadi pengusaha minyak.

Tidak hanya memiliki banyak bisnis di Saudi Arabia, Al Amoudi juga melakukan ekspasi ke tanah kelahiran ibunya di Etiopia. Pada tahun 2015, Forbes menyebut A Amoudi sebagai pengusaha muslim terkaya ketiga di dunia.

Nassef Sawiris

Pria satu ini adalah orang terkaya Mesir yang disebut Forbes memiliki kekayaan senilai US$ 6,3 miliar. Pengusaha yang juga dikenal eksentrik ini merupakan orang terkaya nomor 557 dunia. Lantas dari mana asal kekayaan Nassef Sawiris? miliarder Mesir ini merupakan pemilik perusahaan teknologi dan komunikasi.

Sejumlah perusahaan milik Sawiris di antaranya Orascom Telecom Media and Technology yang memiliki anak usaha di Mesir, Libanon dan Pakistan serta perusahaan telekomunikasi seluler bernama Koryolink yang berbasis di Korea Utara.

Mohammad Bi Essa Al Jaber

Mohamed1

Al Jaber merupakan CEO dari MBI International and Partners. Group ini terdiri dari JW Hotels and Resorts, AJWA Group of food industries, dan Jadawel International Continent Oil. Sang miliarder juga terkenal akan kegiatan amalnya melalui MBI Al Jaber Foundation. Pengusaha yang memiliki sumber kekayaan dari binsis real estate dan hotel ini memiliki kekayaan senilai US$ 7 miliar.

Mohamed Mansour

mohamed-mansour_416x416

Mohamed Mansour adalah mantan politisi yang sukses melanjutkan bisnis keluarganya. Menurut Forbes, Mansour memiliki perusahaan yang memegang hak distribusi General Motor (GM) di Mesir. Kekayaan Mansour setidaknya mencapai US$ 4 juta di tahun 2015.

Pada saat terjadinya guncangan politik di Mesir, Mansour dan dua saudaranya yang juga jutawan melarikan diri ke London. Namun, mereka semua berhasil kembali ke Mesir setelah mendapat jaminan perlindungan dari pemerintah saat ini yang punya kedekatan politik dengan mereka.

(Baca juga: 7 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa)

Sultan Bin Mohammed Bin Saud Al Kabeer

prince-sultan-bin-mohammed-bin-saud-al-kabeer_416x416

anggota dari kerajaan Arab Saudi ini merupakan pengusaha sukses di bidang peternakan. Dia yang disebut sebut Forbes memiliki kekayaan senilau US$ 4,1 juta ini mendirikan perusahaan peternakannya pada tahun 1977. Al Kabeer bahkan sukses mengantarkan perusahaan miliknya melantai di bursa saham pada tahun 2005.

Tentang Penulis