Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Pekerjaan Jurusan Administrasi Fiskal yang Menjanjikan dan Bergaji Tinggi

by Ayunindya Annistri on 4 November, 2019

Ada begitu banyak pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal yang ditawarkan, baik dari instansi pemerintah maupun perusahaan swasta. Tapi, sebelum kita membahas apa sajakah prospek kerjanya, mari berkenalan terlebih dahulu dengan jurusan yang satu ini.

Secara umum, jurusan Administrasi Fiskal merupakan suatu jurusan yang mempelajari seluk-beluk perpajakan dari berbagai perspektif, mulai dari ekonomi perpajakan, hukum pajak, hingga akuntansi pajak. Jurusan ini mungkin bisa menjadi langkah awal untuk kamu yang ingin meraih kesuksesan karir.

Apa Itu Administrasi Fiskal?

Rata-rata mata kuliah di Administrasi Fiskal mengajarkan tentang cara menyusun laporan pajak sesuai dengan aturan dan ketentuan perpajakan. Di jurusan ini juga, kamu akan mempelajari bagaimana menyelesaikan masalah administrasi pajak dengan berbagai kasus yang ada.

Maka tak heran beberapa pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal mewajibkan karyawannya untuk ahli dalam problem solving alias memecahkan masalah.

Selain itu, mahasiswa Administrasi Fiskal juga dituntut untuk bisa menghafal macam-macam aturan perpajakan beserta tarif pajaknya, sehingga laporan keuangan yang dibuat sesuai dengan aturan yang diberlakukan.

Untuk lebih jelasnya, beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan jika memilih jurusan Administrasi Fisikal meliputi statistika sosial, pengantar ilmu hukum, manajemen perpajakan, pengauditan, akuntansi keuangan, ekonomi manajerial, dan lain-lain.

Jurusan Administrasi Fiskal memang masih berkaitan erat dengan bidang Akuntansi. Jadi, kalau kamu memang tertarik untuk masuk ke jurusan ini, pastikan kamu memiliki pemahaman dan kemampuan dasar yang mumpuni di bidang keuangan.

Kampus dengan Jurusan Administrasi Fiskal

Meski belum setenar jurusan Administrasi Negara, tetapi Administrasi Fiskal layak dipertimbangkan mengingat banyaknya perusahaan yang membutuhkan tenaga professional dari jurusan ini.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal, ketahui dulu beberapa universitas di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan terkait jurusan tersebut.

Diantaranya adalah Universitas Indonesia yang mana jurusan Ilmu Administrasi Fiskal masuk dalam Program Sarjanan Departemen Ilmu Administrasi. Kemudian ada pula Universitas Brawijaya yang mana Administrasi Fiskal dikenal sebagai jurusan Perpajakan dalam Program Studi Administrasi Bisnis.

(Baca Juga : 7 Pekerjaan Jurusan Sosiologi Paling Diminati dan Bergaji Tinggi)

Rekomendasi Pekerjaan Jurusan Administrasi Fiskal

Setelah mengetahui dasar dari jurusan Administrasi Fiskal beserta kampus yang menyediakan jurusan tersebut, kamu tidak perlu lagi khawatir akan sulitnya mencari pekerjaan. Karena ada begitu banyak pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal yang nantinya bisa kamu lakoni. Ditambah lagi, gaji yang didapat bisa mencapai puluhan juta rupiah. Penasaran? Yuk, simak 5 pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal berikut ini.

1. Staf Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

Tugas utama dari seorang staf Kementerian Keuangan ialah melaksanakan segala urusan di bidang keuangan dan kekayaan negara. Pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal satu ini memang diperuntukan bagi mereka yang sudah ahli dalam mengurusi keuangan.

Soal gaji, pegawai Kemenkeu berhak menerima sebesar Rp 5 juta hingga Rp 100 juta, tergantung dari kebijakan yang diterapkan oleh Menteri Keuangan.

2. Dinas Keuangan Daerah

Seorang pegawai Dinas Keuangan Daerah biasanya bertanggung jawab penuh untuk membantu bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan, terutama di bidang keuangan.

Gaji yang ditawarkan pun cukup menarik, dimana setiap bulannya pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal ini menerima pendapatan sekitar Rp 5 juta dan belum termasuk tunjangan.

3. Pegawai Bea Cukai

Pilihan pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal lainnya adalah pegawai Bea Cukai, yang mana setiap bulannya menerima gaji sekitar Rp 5 juta sampai Rp 10 juta dan belum termasuk tunjangan.

Pegawai Bea Cukai memiliki tugas yang cukup beragam, dimana mereka berhak merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, serta optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai sesuai aturan perundang-undangan.

4. Wirausaha

Selain bekerja di instansi pemerintah, lulusan Administrasi Fiskal juga bisa menjajal dunia bisnis loh. Apalagi kamu telah memiliki ilmu dasarnya semasa kuliah dulu. Pilihlah bisnis yang sekiranya banyak dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya kuliner. Kamu bisa membuka kedai makanan dengan merek sendiri atau franchise dari beberapa merek ternama.

5. Product Manager

Product Manager merupakan salah satu pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal yang mewajibkan karyawannya untuk merancang sebuah produk baru dengan daya tarik tinggi. Pekerjaan ini membutuhkan karyawan yang mampu menciptakan ide menarik sekaligus handal dalam membuat strategi penjualan.

Walaupun pekerjaan ini terbilang cukup rumit, namun Product Manager dapat menikmati gaji tiap bulannya sekitar Rp 8 juta sampai Rp 15 juta khusus lulusan S1 sederajat. Jika dikalkulasikan selama satu tahun, dengan gaji Rp 8 juta, kamu bisa meraup pendapatan hingga Rp 90 juta lebih.

(Baca Juga : 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Dunia Kerja Zaman Now)

Dengan kata lain, lulusan Administrasi Fiskal sangat terjamin masa depannya. Mengingat di Indonesia masih sangat minim karyawan yang berasal dari jurusan tersebut. Padahal tingkat kebutuhan tenaga professional terbilang tinggi. Maka dari itu, kembangkan terus skill yang kamu miliki, jika kamu ingin diterima menjadi karyawan di salah satu rekomendasi pekerjaan jurusan Administrasi Fiskal di atas.

Itulah rekomedasi pekerjaan untuk Jurusan Adminitrasi Fiskal. Jika kamu ingin mendapat berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau