Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Pekerjaan Gaji Tinggi Lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan

by Estrin Vanadianti Lestari on 11 November, 2019

Masih memiliki keterkaitan dengan Jurusan Ekonomi, Akutansi, dan Manajemen, Jurusan Ekonomi Pembangunan ternyata merupakan sebuah cabang Ilmu Ekonomi, dimana jurusan tersebut, saat ini sudah ada di beberapa kampus di Indonesia. Bagi kamu yang masih asing dengan jurusan Ekonomi Pembangunan, yuk simak lebih dalam tentang jurusan ini, hingga prospek pekerjaan Jurusan Ekonomi Pembangunan yang dikenal luas.

Seperti yang diketahui, bahwa Jurusan Ekonomi merupakan salah satu jurusan dengan peminat yang banyak, tak terkecuali Jurusan Ekonomi Pembangunan. Jurusan ini sendiri, secara spesifik memperlajari persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis.

Mahasiswa lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan, juga harus mampu menganalisis terkait faktor penyebab permasalahan ekonomi yang ada di Indonesia, ataupun negara lain. Masalah-masalah yang terjadi di dalam suatu negara, dapat dianalisis dari beberapa faktor seperti tabungan rakyat, investasi domestik, dan asing, tingkat ekspor dan impor, pertumbuhan sektor pertanian dan industri yang dimiliki oleh banyak pihak.

Mata Kuliah atau Hal-hal yang Dipelajari di Jurusan Ekonomi Pembangunan

Selain mengetahui luasnya prospek pekerjaan Jurusan Ekonomi Pembangunan, ada hal lain yang sekiranya juga perlu diketahui oleh para calon mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan, yakni mata kuliah hingga hal-hal yang dipelajari di jurusan ini.

Untuk mata kuliah sendiri, tentunya akan ada banyak ilmu yang harus dikuasai. Setidaknya, berikut adalah beberapa mata kuliah yang nantinya akan kamu temui di Jurusan Ekonomi Pembangunan:

Bidang Ekonomi
Bidang Perencanaan dan Analisis Pembangunan
Bidang Bisnis
(Baca Juga: 8 Pilihan Pekerjaan Jurusan Ilmu Farmasi Selain Jadi Apoteker)
5 Prospek Pekerjaan Ekonomi Pembangunan

Meski kurang populer, prospek pekerjaan Jurusan Ekonomi Pembangunan sebenarnya sangat luas dan memiliki peluang kerja yang tinggi dan bonafid. Pasalnya, lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan bisa bekerja di banyak sektor, mulai dari sektor pemerintahan, sektor swasta, lembaga-lembaga, hingga organisasi-organisasi publik.

Berikut setidaknya ada 5 pekerjaan Jurusan Ekonomi Pembangunan, yang memiliki prospek kerja yang luas, di antaranya adalah:

1. Research dan Development

Pekerjaan Jurusan Ekonomi Pembangunan yang pertama adalah menjadi Research dan Development (R&D). Dimana bagian ini dituntut dan bertanggung jawab mengelola sejumlah dana tertentu yang digunakan untuk melakukan riset dan pengembangan.

Bahkan, R&D sering melakukan tes dan tak jarang juga, mereka membuat alat tes sendiri demi bisa mengembangkan teknologi baru, untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan mereka. R&D juga dituntut untuk bisa menganalisa berbagai isu perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi, dengan pemikiran yang kritis, kreatif, dan inovatif.

2. Analis Bisnis

Pekerjaan Jurusan Ekonomi Pembangunan selanjutnya adalah sebagai analis bisnis. Dimana seorang analis bisnis bertanggung jawab menganalisis kebutuhan-kebutuhan bisnis hingga mengusulkan solusi-solusi prakti untuk para pemangku kepentingan bisnis di dalam sebuah proyek.

Tidak hanya itu, lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan juga berperan aktif untuk mendukung sebuah pengembangan materi pelatihan, hingga berpartisipasi dalam pelaksanaanya, serta memberikan dukungan pasca implementasi.

Seorang analis bisnis dari lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan, biasanya sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan atau industri di bidang keuangan, perbankan, asuransi, telekomunikasi, utlitas, layanan perangkat lunak, dan masih banyak lagi. Pasalnya, perusahaan atau industri tersebut sejatinya sangat membutuhkan seorang analis bisnis untuk menganalisis kebutuhan bisnis dan pengembangan bisnis.

3. Pegawai Instansi Pemerintahan

Pekerjaan Jurusan Ekonomi Pembangunan berikutnya yang memiliki prospek kerja luas dengan jenjang karir yang mumpuni adalah sebagai pegawai instansi pemerintahan. Pasalnya kini instansi pemerintahan sering membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan ekonomi termasuk di bidang pembangunan.

Lowongan pekerjaan yang disediakan antara lain adalah Kementrian Keuangan, BPK, OJK, Bappenas, Bappeda, Bank Indonesia, serta di berbagai lembaga lainnya, di tingkat daerah.

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Teknik Kimia Keren untuk Kamu Anak IPA)
4. Dosen/Tenaga Pengajar

Pekerjaan Jurusan Ekonomi Pembangunan yang memiliki jenjang karir yang tinggi selanjutnya adalah dengan menjadi dosen atau tenaga pengajar. Pasalnya, profesi ini sangat memungkinkan dan menjanjikan untuk ditekuni jika kamu lebih ingin mengejar jenjang karir serta gaji yang mumpuni.

Selain itu, kesempatan untuk menjadi seorang dosen atau pengajar juga sangat terbuka. Kamu bisa melamar ke universitas-universitas negeri maupun swasta. Kamu hanya perlu memiliki tingkat pendidikan minimal S2 di Jurusan Ekonomi Pembangunan. Namun, untuk mendalami ilmu, sebagai sorang pengajar, kamu juga perlu melakukan berbagai penelitian, sebagai kontribusi terhadap dunia akademik, maupun untuk masyarakat.

5. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Pekerjaan Jurusan Ekonomi Pembangunan berikutnya adalah dengan bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM. Pasalnya, setiap LSM tentunya membutuhkan beragam analisa pembangunan industri, perbankan, dan bidang lainnya. Tidak hanya itu, mahasiswa lulusan jurusan ini pun bisa melanjutkan pendidikan ilmu ekonomi yang lebih tinggi lagi.

Intinya, bagi kamu mahasiswa lulusan jurusan ini, sangat memungkinkan untuk bisa bekerja di beberapa organisasi publik, swasta, BUMN, pemerintahan, terutama di bidang perbankan, maupun di bidang keuangan lainnya.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk