5 Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin dengan Gaji di Atas UMP

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Dewasa ini, kegiatan dalam kehidupan manusia, sudah banyak dibantu bahkan digantikan oleh mesin. Sehingga, semakin banyak pula, perusahaan besar hingga industri yang sangat membutuhkan tenaga pekerja di bidang teknik mesin. Dan hal tersebut juga mempengaruhi tingginya prospek pekerjaan Jurusan Teknik Mesin.

Sebelumnya, Teknik Mesin sendiri merupakan sebuah ilmu yang mempelajari aplikasi dari prinsip fisika dan matematika untuk mendesain atau menciptakan sebuah mesin, aliran air untuk mesin, elemen penting seperti roda gigi dan sumber mata air, metode pengelola, manufaktur, analisis suatu mesin, hingga pemeliharaan sebuah sistem mekanik yang ada.

Teknik Mesin sendiri termasuk salah satu jurusan yang memiliki peminat paling banyak di setiap tahunnya. Sebut saja di tahun 2019, Jurusan Teknik Mesin masuk urutan ke lima, seperti yang dicatat oleh QS Top University, dengan peminat paling banyak setelah Jurusan Kedokteran, Ilmu Komputer, Hukum, dan Ekonomi.

Mata Kuliah yang Akan Dipelajari di Jurusan Teknik Mesin

Bagi kamu calon mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, berikut beberapa mata kuliah yang nantinya akan kamu pelajari:

  • Pengantar Teknik Mesin
  • Kalkulus
  • Fisika Dasar
  • Statika Struktur
  • Material Teknik
  • Kinematika dan Dinamika
  • Metode Numerik
  • Mekatronika dan masih banyak lagi.

Selain itu, setelah kamu lulusan dari jurusan ini, setidaknya kamu juga akan memiliki pengetahuan dan keahlian sebegai berikut: pemahaman fisika, pemahaman matematika, pemahaman gambar 2D dan 3D, kemampuan menggambar teknik, kemampuan mengoperasikan AutoCad, kemampuan bekerja dalam tim, kemampuan meneliti, kemampuan melakukan analisis.

Mengapa Jurusan Teknik Mesin Banyak Diminati dan Dibutuhkan?

Jurusan Teknik Mesin merupakan jurusan yang dikenal memiliki peluang kerja tinggi, hingga gaji yang mumpuni, bahkan rata-rata penghasilannya sudah di atas Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta, sekitar Rp4 juta ke atas di tahun 2019 ini. Tidak hanya itu, ada beberapa keuntungan juga yang akan diperoleh dari mahasiswa lulusan Jurusan Teknik Mesin. Di antaranya adalah:

  • Industri otomotif sangat membutuhkan para calon pekerja dari lulusan Teknik Mesin, untuk merancang sebuah kendaraan bermotor.
  • Selain industri otomotif, industri kedirgantaraan atau penerbangan juga sangat membutuhkan tenaga dari lulusan sarjana Teknik Mesin, untuk merancang hingga merakit sebuah pesawat terbang.
  • Banyak perusahaan di industri manufaktur dan otomatisasi, juga tidak kalah membutuhkan tenaga lulusan sarjana Teknik Mesin.
  • Mahasiswa lulusan Teknik Mesin juga memiliki peranan penting dalam menciptakan alat yang sesuai dengan kebutuhan bioteknologi.

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Teknik Kimia Keren untuk Kamu Anak IPA)

5 Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin

1. Perusahaan atau Industri Otomotif

Perusahaan atau Industri Otomotif - Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin dengan Gaji di Atas UMP

Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin yang pertama adalah menjadi bagian dari industri otomotif. Dimana di industri ini, nantinya kamu akan bekerja untuk hal-hal yang berhubungan dengan otomotif, mulai dari mobil, bus, sepeda motor hingga truk. Tidak hanya itu, di industri otomotif ini juga akan sangat banyak komponen-komponen yang akan dibuat dan digunakan, sehingga perusahaan otomotif sangat membutuhkan tenaga lulusan Teknik Mesin.

Namun, bekerja di industri otomotif, bukan berarti pekerjaanmu sama seperti di bengkel dealer. Karena, lulusan Teknik Mesin dibutuhkan untuk merancang kendaraan bermotor, mulai dari bodi, sasis, transmisi kendaraan, hingga spesifikasi mesin.

Membahas soal gaji, orang yang bekerja di industri otomotif rata-rata memiliki penghasilan Rp5-7 juta, seperti pada bagian Export Import Officer. Bahkan untuk yang sudah memiliki pengalaman dan masa kerja yang lama, gaji yang didapat bisa mencapai puluhan juta rupiah, seperti menjadi seorang Sales Manager.

2. Teknisi dan Operator Mesin

Teknisi dan Operator Mesin - Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin dengan Gaji di Atas UMP

Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin yang kedua adalah menjadi seorang teknisi dan operator di sebuah pabrik, yang aktif melakukan produksi untuk mengolah atau membuat suatu barang jadi atau setengah jadi. Tugas dan tanggung jawab seorang teknisi sendiri adalah melakukan perawatan terhadap mesin produksi, memperbaiki mesin produksi, hingga mendata dan menyiapkan part-part mesin.

Sehingga, tanpa ada seorang teknisi, sebuah pabrik tentunya tidak akan berjalan dengan baik. Maka dari itu, tenaga lulusan Teknik Mesin di posisi ini sangatlah dibutuhkan. Bahkan, seorang teknisi dan operator mesin di sebuah pabrik bisa mendapatkan gaji mencapai Rp17.000 hingga Rp57.679 per jam. Jika diakumulasi, penghasilan per bulannya, bisa jauh di atas UMP Jakarta.

3. Industri Bioteknologi

Industri Bioteknologi - Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin dengan Gaji di Atas UMP

Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin berikutnya adalah bekerja di Industri Bioteknologi. Pasalnya, tidak semua tenaga lulusan Teknik Mesin hanya berfokus pada mesin penggerak kendaraan, otomotif atau hal lainnya, melainkan juga membuat alat-alat bioteknologi, yang bisa membantu kelangsungan manusia, hingga menciptakan hal-hal yang berasal dari hasil bumi.

Alat-alat bioteknologi tersebut adalah seperti peralatan farmasi, kedokteran, dan lain-lain, dimana hal tersebut masih sangat dibutuhkan makhluk hidup untuk bertahan hidup. Untuk gaji seorang yang bekerja di industri bioteknologi, berkisar antara Rp7-10 juta, sesuai pengalaman kerja yang dimiliki.

4. Mekanik Pesawat di Industri Penerbangan

Mekanik Pesawat di Industri Penerbangan - Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin dengan Gaji di Atas UMP

Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin selanjutnya adalah menjadi mekanik pesawat. Jika dilihat-lihat industri otomotif dan industri penerbangan ini memang tak beda jauh, pasalnya yang membedakan adalah industri ini dikhususkan untuk merancang pesawat.

Akan tetapi, tugasmu tidak hanya merancang pesawat yang bahan materialnya sudah siap pakai. Melainkan, kamu juga bertanggung jawab untuk menentukan material pesawat, membuat kerangka, hingga membuat spesifikasi mesin pesawat juga lho. Tapi tenang, di Jurusan Teknik Mesin, pastinya kamu juga akan diajarkan tentang ilmu teknik mesin hingga spesifikasi dari mesin pesawat.

Bicara soal gaji, jika kamu bekerja di industri pesawat terbang khususnya mekanik pesawat, pendapatan yang bisa kamu terima sekitar Rp5 juta ke atas (untuk fresh graduate), dan tentunya sudah di atas UMP.

5. Dosen

Dosen - Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin dengan Gaji di Atas UMP

Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin yang memiliki prospek kerja yang memungkinkan, kamu bisa menjadi seorang pengajar atau dosen Teknik mesin. Namun untuk bisa menjadi seorang dosen, setidaknya kamua harus memiliki gelar S2. Sehingga, ilmu yang harus kamu miliki tentunya harus lebih dalam, demi bisa memberikan ilmu yang bermanfaat untuk para mahasiswa yang kamu ajar.

Untuk gaji dari seorang dosen sendiri di Indonesia, rata-rata adalah Rp5 juta ke atas. Angka tersebut juga belum ditambah dengan beberapa bonus hingga tunjangan yang diterima para dosen. Bagaimana, tertarik untuk menjadi dosen demi memiliki jenjang karir yang memungkinkan?

Mau sukses dengan jalanmu sendiri dengan memilih Jurusan Teknik Mesin? Jangan ragu untuk menggapai cita-citamu, demi mendapatkan gelar dan pekerjaan impian, dengan cara mengajukan pinjaman dana untuk pendidikan, hanya di CekAja.com.