Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Pekerjaan Bergaji Tinggi Jurusan Ilmu Komunikasi

by CekAja on 10 September, 2019

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan kuliah yang bisa dibilang paling banyak peminatnya. Pasalnya, banyak dari calon mahasiswa memilih jurusan tersebut karena ingin menghindari mata kuliah yang banyak mengandalkan perhitungan dan membosankan.

Selain itu, banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan ini karena menilai lulusannya memiliki prospek profesi yang sangat luas dan banyak.

Meski terlihat mudah, namun jurusan Ilmu Komunikasi juga tidak bisa dijalani dengan santai loh. Karena dibalik itu, Ilmu Komunikasi merupakan ilmu yang memiliki banyak teori tentang cara interaksi manusia dengan bahasa, baik verbal dan nonverbal sejak dahulu kala.

Dengan belajar Ilmu Komunikasi, semua teori tersebut dapat kamu aplikasikan ke dalam berbagai bidang. Sehingga, jika kamu merupakan mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi, akan ada banyak profesi yang bisa kamu lamar.

Nah, bicara tentang prospek lulusan Ilmu Komunikasi, berikut ini ada lima jenis pekerjaan atau profesi yang bisa digeluti oleh kamu yang merupakan lulusan jurusan Ilmu Komunikasi:

1. Media

Salah satu prospek pekerjaan jurusan ilmu komunikasi terbesar, mungkin ada di bidang media. Pasalnya, sebagian besar lulusan ilmu komunikasi memang mengejar untuk bisa bekerja di perusahaan media ternama. Nah, dengan memiliki latar belakang komunikasi, kamu bisa masuk ke beragam jenis pekerjaan yang ada di industri ini.

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Dunia Kerja Zaman Now)

Kamu bisa memilih, baik dari segi broadcasting seperti menjadi cameraman hingga penulis naskah, di bagian offline seperti public relation hingga kreatif, atau di bagian online seperti reporter online hingga sosial media.

Bahkan, perusahaan media bisa dibilang merupakan bidang yang tepat untuk kamu yang merupakan lulusan ilmu komunikasi.  

Alasannya, perusahaan media memang akan membutuhkan kandidat yang memiliki kemampuan komunikasi yang sangat dinamis hingga kemampuan untuk melihat dan mengurasi informasi dalam beberapa bentuk, yang bisa disesuaikan dengan audiens-nya.

2. Marketing, Public Relations, dan Periklanan

Prospek profesi jurusan ilmu komunikasi selanjutnya adalah di bidang marketing, public relations, dan periklanan. Menariknya, ketiga bidang ini menjadi jenis pekerjaan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

Sehingga, jika kamu memilih salah satu dari ketiga bidang tersebut, kamu bisa berkesempatan merintis jenjang karir yang menjanjikan. Tidak hanya itu, ketiga bidang tersebut juga bisa memberimu kesempatan untuk bisa bertemu dengan banyak orang baru yang menarik.  

Untuk deskripsi pekerjaannya adalah, kamu harus memiliki keahlian dalam mempromosikan suatu produk atau program dan membawanya pada ke audiens atau pasar yang tepat. Di sisi lain juga, kamu wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

3. Layanan Konsumen

Menjadi perwakilan konsumen dari suatu produk merupakan salah satu profesi yang juga bisa digeluti oleh lulusan ilmu komunikasi. Namun, bagi kamu yang ingin menggeluti pekerjaan ini disarankan untuk memiliki kesabaran yang tinggi. Pasalnya, tugas kamu nantinya adalah harus menghadapai keluahan para pelanggan.

Tidak hanya keluhan, seorang perwakilan layanan konsumen juga harus mampu membuat setiap pelanggan yang mengajukan komplain merasa dihargai. Maka tak heran, jika orang-orang yang bekerja sebagai perwakilan layanan konsumen memiliki rasa empati yang besar.

4. Sales

Prospek profesi ilmu komunikasi yang menarik berikutnya adalah sebagai sales. Salesperson atau juga biasa disebut dengan istilah Account Executive, Sales Agent, atau Sales Representative ini memang mewajibkan kandidatnya memiliki kemampuan networking yang kuat, serta empati.

Selain itu, kamu juga harus berjiwa sosial, memiliki empati, target-driven, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru serta orang-orang baru.

5. Event Organizer

Berikutnya ada bidang EO atau Event Organizer sebagai profesi jurusan ilmu komunikasi yang bisa digeluti. Selain keren, EO harus bisa mengurus semua hal terkait acara dengan sangat detail. Mulai dari klien, vendor, hingga para tamu undangan yang hadir.

(Baca juga: Kuliah Jurusan IT? Ini 5 Pekerjaan yang Bisa Didapat)

Seorang yang bekerja di EO juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena kamu akan banyak berkomunikasi dan berelasi dengan banyak orang. EO, biasanya bisa bekerja pada suatu perusahaan yang biasa mengadakan beragam jenis event. Seperti Ismaya, DBL Indonesia, Live Nation dan lain-lain.

Tidak hanya bekerja di perusahaan, untuk bekerja di EO, kamu juga bisa membuatnya event sendiri loh. Misalnya, kamu bisa membuat event organizer khusus acara wedding, ulang tahun, atau acara-acara musik, di mana kamu bisa bekerjasama dengan teman-temanmu yang juga memiliki minat yang sama.

Jadi, selain bisa bekerja di sebuah perusahaan, membuat lapangan pekerjaan sendiri di bidang ilmu komunikasi juga tidak ada salahnya loh.

Untuk soal modal usaha dan pendanaan kamu tidak perlu khawatir. Karena, kamu bisa mendapatkan modal usaha dengan mudah dan cepat di Cekaja.com. Di mana Cekaja.com merupakan situs fintech yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang pastinya aman dan terpercaya.

 

Tentang Penulis