Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Pekerjaan Paruh Waktu yang Cocok untuk Pensiunan

by Tisyrin on 19 September, 2016

bisnis pensiunan - CekAja.com

Saat memasuki masa pensiun, seseorang akan mengalami perubahan aktivitas. Pensiunan tak lagi punya kewajiban untuk datang ke kantor setiap hari. Namun, selama badan masih bugar, pasti ada keinginan untuk tetap dapat mengisi hari-hari dengan kegiatan yang bermanfaat.

Kamu bisa mulai merencanakan kegiatan saat pensiun dari sekarang. Dengan begitu, kamu bisa tetap produktif di hari tua. Tak sedikit orang yang memilih berbisnis untuk mengisi masa pensiun. Namun, ada pula yang memilih tetap bekerja. Dengan catatan, pekerjaan yang dilakukan tidak terlalu berat dan tidak menguras waktu.

Berikut ini beberapa pilihan pekerjaan paruh waktu yang dapat kamu lakukan di masa pensiun nanti.

Berbagi ilmu

Kamu bisa berbagi ilmu kepada mereka yang lebih muda, dengan menjadi guru les, dosen, atau bahkan menjadi narasumber di berbagai seminar. Pilihan pekerjaan semacam ini tergolong fleksibel. Selain itu, pekerjaan berbagi ilmu akan terasa sangat menyenangkan. Kamu dapat menularkan semangat kepada generasi penerus bangsa, mulia sekali bukan?

Siapkanlah dirimu dari sekarang dengan terus meningkatkan skill public speaking dan memperkaya pengetahuanmu. Masa tuamu nanti akan sangat bermanfaat bagi banyak orang. (Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Dana Usaha dari Modal Ventura)

Konsultan

Seorang pensiunan pasti memiliki segudang pengalaman sesuai bidang keahliannya. Menjadi konsultan adalah salah satu pilihan tepat bagi para pensiunan. Mereka yang lebih muda membutuhkan berbagai nasihat dan bimbingan dari para konsultan. Mereka tentunya akan senang ketika mendapatkan konsultan yang kompeten karena kaya akan pengalaman. Jadi jangan ragu-ragu bila ingin menjadi konsultan saat pensiun.

Penulis

Menjadi penulis dapat menjadi pilihan pekerjaan di masa pensiun. Pekerjaan ini sangat fleksibel dan kamu dapat mengerjakannya di rumah. Selain menulis buku, kamu dapat menjadi blogger atau menjadi penulis freelance untuk majalah, koran, atau website.

Banyak sekali peluang untuk menghasilkan uang dengan menjadi penulis. Apalagi jika di masa muda, pekerjaanmu memang berkaitan dengan bidang tulis menulis seperti wartawan atau content writer. Kamu tetap dapat menggunakan skill menulismu saat kamu pensiun kelak.

Mendirikan event organizer

Kamu juga bisa menyibukan diri dengan mendirikan  event organizer (EO). Di usiamu yang sudah terbilang senior, kamu akan pandai mengatur sesuatu. Kamu juga dapat memilih mana yang baik dan buruk. Selain itu, kamu juga punya jaringan yang luas. Mengapa tidak memanfaat itu semua dengan mendirikan EO? Kamu bisa bergabung dengan EO milik orang lainsebelum membuat EO sendiri. (Baca juga: 7 Usaha Agrobisnis Menguntungkan yang Bisa Dilakukan di Rumah)

Mengelola bisnis sendiri

Untuk pilihan yang satu ini, kamu bisa memulainya sejak masih aktif bekerja. Bangunlah bisnis sampinganmu beberapa tahun menjelang masa pensiun. Saat kamu telah pensiun, kamu bisa fokus mengelola bisnis tersebut.

Kamu bisa menyesuaikan bisnis dengan hobimu sendiri agar kamu lebih semangat menjalaninya. Buat kamu pecinta hewan, dapat mengelola bisnis pet shop, atau kamu yang senang berkebun, dapat mengelola bisnis jual beli tanaman.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.