Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Pekerjaan Sampingan yang Banyak Dibutuhkan Jelang Lebaran

by Arfan Wiraguna on 2 Juli, 2015

biaya transportasi _ kredit mobil - CekAja.com

Dikenal sebagai momen penuh berkah, Ramadhan tidak hanya memberikan banyak kesempatan untuk beribadah, tetapi juga membuka peluang untuk mendapatkan tambahan rezeki. Salah satu caranya adalah dengan memiliki pekerjaan sampingan.

Selain mengisi waktu luang, tambahan rezeki tersebut  bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan yang biasanya meningkat di bulan Ramadhan. Masyarakat Indonesia sendiri memiliki tradisi unik pada bulan ini, seperti buka puasa bersama teman dan keluarga serta mudik ke kampung halaman.

Kebutuhan yang muncul sebagai “hasil sampingan” dari tradisi unik inilah yang dapat menjadi peluang bagi kita untuk mencari penghasilan tambahan selama bulan ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa jenis pekerjaan sampingan yang ditampilkan di bawah ini:

Kurir parsel

Jasa kurir atau petugas pengantar barang merupakan salah satu peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan di bulan Ramadhan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang lebih suka bekerja di lapangan dibandingkan di belakang meja, pekerjaan yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

(Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bisa Hasilkan Uang Banyak Tanpa Keluar Rumah)

Namun, perhatikan pula faktor keselamatan dengan memberikan perlindungan diri dan kendaraan dengan asuransi kesehatan dan kendaraan bermotor. Alasannya, kurir termasuk pekerjaan yang berisiko tinggi mengalami kecelakaan lalu lintas akibat lamanya waktu yang dilewatkan untuk berkendara di jalan.

Dikutip dari artikel “Risiko Besar, Gaji Cuma ala Kadarnya…” yang dimuat secara online oleh Kompas, tidak semua kurir parsel paham apakah dirinya dilindungi asuransi atau tidak. Padahal, mereka harus berputar-putar dan menembus kemacetan di jalan ketika mengantarkan parsel tersebut. Belum lagi bila harus menghadapi kecurigaan si penerima dan ancaman paket berbahaya. Dengan kondisi seperti ini, keberadaan kurir tergolong rentan.

Perawat hewan peliharaan

Selama libur Lebaran, biasanya para pemilik hewan meninggalkan binatang peliharaannya di berbagai tempat penitipan. Namun banyaknya para pemilik hewan yang menitipkan binatang peliharaannya secara bersamaan, sering kali membuat tempat-tempat penitipan ini terlalu sesak pada saat libur Lebaran. Oleh karena itu, daripada harus menitipkan binatang peliharaan di tempat penitipan, sebenarnya hewan tersebut dapat tetap tinggal di rumah mereka.

(Baca juga: Cara Agar Rumah Aman Ketika Ditinggal Mudik Lebaran)

Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan ketika bulan Ramadhan. Selain bisa menawarkan jasa perawatan hewan pada pemiliknya ketika mereka sedang berlibur, kesempatan ini dapat digunakan untuk memperluas jejaring kerja Anda.

Sopir paruh waktu

Saat ini, pekerjaan sebagai sopir paruh waktu pada hari libur Lebaran menjadi lebih mudah untuk dijalankan dengan hadirnya berbagai aplikasi seperti Go-Jek dan Uber. Dengan begitu, kita memiliki kebebasan didalam menentukan waktu bekerja dan tidak terikat dengan satu klien tertentu layaknya sopir pribadi.

Dikutip dari artikel “Penganggur hingga Sarjana Antre Kepanasan demi Jadi Pengendara Go-Jek” yang dimuat secara online oleh Kompas, pengendara Go-Jek bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp 4 juta per bulan dari melayani pelanggannya. Selain itu, syaratnya juga cukup mudah, Anda cukup menyediakan kendaraan pribadi saja. Sisanya, yaitu jaket, dua helm dan ponsel Android, diberikan secara gratis oleh perusahaan.

(Baca juga: 5 Aplikasi Android yang Wajib Diunduh Saat Ramadhan)

Penjaga rumah yang ditinggal mudik

Beberapa hunian tertentu, seperti rumah yang dilengkapi dengan kebun dan kolam ikan, memerlukan perawatan harian untuk menjaga kelangsungan hidup hewan dan tanaman yang berada di dalamnya. Dengan munculnya kebutuhan ini, Anda bisa menawarkan jasa perawatan sekaligus penjagaan rumah tersebut. Disisi lain, pekerjaan ini juga bisa mendorong kita untuk memperluas jaringan pergaulan dengan menambah teman di sekitar lingkungan rumah tersebut.

Jasa renovasi rumah

Didalam menyambut Lebaran, banyak orang yang ingin untuk memiliki rumah dengan tampilan baru yang segar. Alasannya, rumah dengan tampilan baru bisa menjadi salah satu bentuk simbolis didalam merayakan hari kemenangan Idul Fitri. Oleh karena itu, Anda bisa menawarkan orang-orang yang ingin memiliki rumah dengan tampilan baru melalui renovasi kecil-kecilan, seperti pengecatan dinding, merapikan taman dan pembersihan interior dan eksterior serta halaman.

(Baca juga: 5 Syarat Agar Rumah Anda Miliki Feng Shui yang Baik)

Selain perlu dicocokkan dengan waktu luang yang dimiliki, pilihlah jenis pekerjaan sampingan yang sesuai dengan talenta atau keterampilan Anda dan berikan pula perlindungan tambahan dengan asuransi yang tepat. Dengan begitu, pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan tenang, aman dan nyaman.

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.