Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Pekerjaan yang Menjadi Tren di Kalangan Mahasiswa

by Rafly Aditia on 21 Januari, 2016

pekerjaan mahasiswa - CekAja.com

Bagi kamu yang berstatus mahasiswa mungkin saat ini sedang berpikir bagaimana caranya mendapat pekerjaan sampingan untuk menambah uang saku, bayar kost bahkan bayar uang semester.

Sayangnya, kamu bingung pekerjaan apa yang bisa dilakukan tanpa ijazah perguruan tinggi dan waktu fleksibel mengingat kewajiban kuliah masih ada. Well, habis membaca artikel ini kamu harus langsung melakukan aksi nyata, karena ada banyak lowongan pekerjaan yang sebenarnya dapat dikerjakan sebagai mahasiswa. Berikut ini daftarnya:

1. Fotografer

Menjadi fotografer merupakan pekerjaan yang banyak ditekuni mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan jurnalistik dan broadcasting. Asah terus kemampuan dan pengetahuan yang didapat dalam kelas agar bisa menjadi fotografer handal.

Bayaran fotografer tentu bervariasi, tetapi semakin mahir dan banyaknya pengalaman dalam mengambil gambar, maka bayaran tinggi bisa diperoleh bahkan sebelum lulus kuliah sekalipun.

(Baca juga: Mau Jadi Pebisnis Handal? Ini Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia)

2. Barista

Sudah banyak sekali kafe atau tempat ngopi di kota besar yang mau memperkerjakan mahasiswa sebagai pelayan bar atau barista. Sebagai seorang barista kamu memiliki tugas untuk membuat kopi yang enak untuk pelanggan. Tidak ketinggalan membuat latte art atau seni gambar dalam secangkir kopi.

Di kedai kopi tertentu, seorang mahasiswa bisa bekerja dengan status paruh waktu sehingga jadwal bekerja dapat menyesuaikan dengan jadwal kuliah. Gaji yang kamu dapatkan sebagai seorang barista paruh waktu setidaknya bisa menambah uang saku dan menutup biaya kost bulananmu.

3. SPG/SPB

Pekerjaan lain yang sangat tren di kalangan mahasiswa adalah pekerjaan sebagai SPG atau SPB. Terutama untuk SPG (Sales Promotion Girl), para mahasiswi yang memiliki paras cantik dan tubuh proporsional, serta kemampuan berkomunikasi yang baik bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan ini.

Soal gaji memang bisa dibilang relatif, karena pekerjaan SPG dan SPB terbagi dalam beberapa kelas sehingga semakin tinggi kelas kamu berada maka semakin besar bayaran yang akan kamu dapatkan.

4. Freelance writer

Untuk kamu mahasiswa yang tidak mau repot pergi ke luar kostan atau rumah untuk bekerja, ada satu pekerjaan yang cocok yaitu seorang penulis lepas. Yup, saat ini banyak sekali website-website yang membutuhkan jasa penulis konten lepas sehingga tidak butuh kehadiranmu di kantor. Terutama bagi kamu yang senang menulis, pekerjaan ini sangat pas karena selain hanya membutuhkan sambungan internet, waktu kuliah kamu tidak terbengkalai.

(Baca juga: Orang Sukses Selalu Lakukan 7 Hal Ini Saat Baru Datang ke Kantor)

5. Research Assistant

Asisten peneliti atau research assistant adalah pekerjaan yang saat ini sedang tren di kalangan para mahasiswa. Pekerjaan ini bisa kamu dapatkan lewat dosen kamu sendiri di kampus. Mulai sekarang jalin hubungan yang baik dengan bapak atau ibu dosen kamu.

Menjadi seorang research assistant sejak kuliah juga bisa membantumu bekerja di bidang research and development secara profesional saat lulus kuliah nanti. Peluangnya pun cukup besar karena banyak dibutuhkan di dunia kerja.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.