Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Pelajaran Karier dari Aksi Anggota Pasukan Oranye, Dadan Wiradana

by Rafly Aditia on 27 Februari, 2017

pasukan oranye_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Aksi seorang pasukan oranye yang menyelam saat membersihkan sebuah got dengan air hitam mendapatkan perhatian masyarakat, dan menjadi viral.

Pria yang melakukan aksi tersebut adalah Dadan Wiradana, seorang anggota pasukan kebersihan yang bekerja untuk Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta. Lewat kisah hebatnya membersihkan got dengan cara menyelam tersebut, kamu bisa memetik 5 pelajaran seputar karier, apa saja?

All out dalam bekerja

Lewat kisah Dadan Wiradana ini, kamu dapat memetik pelajaran bahwa dalam menyelesaikan pekerjaan harus “All out” alias tidak tanggung-tanggung.

Pengorbanan yang dilakukannya dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut terbayar lunas walau harus menceburkan dirinya ke lubang got hitam yang kotor. Saluran tersebut akhirnya kembali lancar dan dirinya pun mendapatkan pujian dari atasan dan masyarakat.

Tak perlu malu dengan pekerjaanmu

Dalam sebuah interview di salah satu stasiun televisi, Dadan mengungkapkan bahwa dirinya tidak malu dengan pekerjaannya sebagai pasukan oranye walau harus kotor-kotoran dan mungkin mendapatkan cibiran banyak orang.

Selama pekerjaanmu positif, halal, dan tidak merugikan orang malah memberikan manfaat bagi orang banyak tidak ada alasan untuk malu terhadap pekerjaan tersebut.

Integritas adalah nilai tinggi

Integritas dalam menjalani pekerjaan adalah nilai tinggi dan tidak tergantikan. Seperti yang kamu lihat, Dadan memiliki intergritas dalam menjalankan pekerjaannya. Dirinya menyelesaikan pekerjaan sebisa mungkin.

Tidak harus menunggu ada bos yang mengawasi, kalau ada pekerjaan yang harus diselesaikan maka dirinya berusaha menyelesaikan pekerjaan tersebut pada waktu yang seharusnya. Dan, perlu kamu ketahui, integritas adalah hal yang sangat mempengaruhi kesuksesan.

Terkadang, kamu perlu ambil risiko

Bisa dibilang Dadan mengambil risiko tinggi saat melakukan aksinya, menyelam ke lubang got hitam tentu ada risiko tinggi. Misalnya risiko mengalami kebutaan, sampai hewan liar yang bisa melukainya pada saat itu.

Namun, seperti yang disebutkan Dadan, dengan bekal kemampuan dari pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya dia berani mengambil risiko tersebut. Ingat, ketika kamu mengambil sebuah risiko tinggi pastikan juga kalau kamu memiliki bekal yang cukup seperti apa yang dilakukan Dadan.

Bersenang-senang saat kerja tidak apa-apa

Perlu diketahui, ternyata pada awalnya video Dadan hanya ditujukan untuk mencari kesenangan antar sesama pasukan oranye saja. Namun tidak disangka bahwa video aksinya membersihkan lubang got hitam pekat tersebut justru mendapatkan reaksi positif dari masyarakat dan membuat dirinya terkenal.

Karena itu, tidak ada salahnya bagimu untuk sesekali bersenang-senang dalam bekerja. Selain untuk membuat dirimu lebih santai dalam bekerja, mungkin saja hal itu memberikan dampak positif bagi karier.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami