Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Pelajaran Penting Agar Tidak Miskin Ketika Pensiun

by Rafly Aditia on 11 Januari, 2017

pensiun sejahtera - CekAja.com

Siapa sih yang ingin pensiun dalam keadaan miskin? Tentu tidak ada yang menginginkan hal tersebut. Tetapi tidak bisa dimungkiri, hal tersebut terkadang terjadi pada orang-orang yang kurang beruntung.

Bukan hanya kurang beruntung, biasanya hal tersebut terjadi karena mereka terlambat mempelajari hal-hal mendasar dalam kehidupan. Nah, berikut ini beberapa pelajaran hidup yang seharusnya kamu pelajari saat muda agar tidak hidup merana saat pensiun:

Jangan pernah membatasi dirimu

Ketika kamu masih muda, jangan terlalu membatasi dirimu. Contohnya seperti membuat daftar hal yang tidak boleh dan harus kamu lakukan. Karena sejatinya di usia muda kamu harus mengeksplor kemampuan-mu seluas mungkin.

Nah, kalau kamu sudah membatasi diri sejak muda, ketika memasuki pensiun kamu akan menyesal karena banyak hal yang seharusnya bisa kamu lakukan dan bisa saja mengubah nasibmu menjadi lebih baik, tidak kamu lakukan.

Minder dan terlalu lebay

Dalam menjalani karier maupun bisnis, jangan pernah menganggap sesuatu tidak mungkin terjadi atau tidak mungkin kamu raih. Jangan juga berpikir bahwa sebuah masalah tidak bisa diselesaikan.

Pemikiran ini akan membantumu menjalani karir maupun bisnis. Sebab, dengan tidak menganggap dirimu lebih kecil dari yang kamu hadapi atau inginkan, maka aura positif akan mengayomi dan membawamu menuju pintu kesuksesan.

Perlahan tapi pasti

Banyak orang terburu-buru dalam menjalani pekerjaan atau bisnis. Terkadang hal tersebut malah menghasilkan sesuatu yang mengecewakan. Untuk itu, sebaiknya kamu menyadari bahwa ada saatnya kamu perlu bergerak perlahan tapi pasti agar karier atau bisnismu dapat berkembang sebagaimana mestinya.

(Baca juga: Cara Membuat Laporan Arus Kas Keuangan Pribadi)

Gak usah terlalu pikirkan penilaian orang lain

Kalau terlalu memikirkan apa yang ada dalam kepala orang lain mengenai hal-hal yang kamu lakukan, kamu akan sulit untuk berkembang dan meraih tujuan yang sebenarnya sangat mungkin diraih.

Jadi lakukan apa yang terbaik menurutmu tanpa perlu ambil pusing pemikiran orang lain. Jauhkan diri dari lingkungan yang membawa negative vibes sejak dini karena hal tersebut hanya membuatmu sulit berkembang. Bahkan hal itu bisa menjatuhkanmu secara finansial dan membuatmu pensiun dalam keadaan miskin.

Harus siap dengan risiko finansial

Kalau kamu tidak siap dengan risiko yang bisa membuatmu terpuruk secara finansial, dapat digaransi bahwa masa pensiunmu akan terbelenggu dalam kemiskinan.

Untuk itu kamu harus mempersiapkan diri atas risiko-risiko tersebut, misalnya untuk menanggulangi risiko kesehatan yang bisa bikin kamu bangkrut mendadak maka sudah seharusnya kamu melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami