Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Pemain Muda Liga Italia Terbaik

by Kyla Damasha on 25 Februari, 2020

Serie A Italia memang tidak pernah gagal untuk menghasilkan pemain muda Liga Italia terbaik. Bahkan, Liga sepak bola dengan kasta tertinggi di Italia pun selalu masuk ke dalam lima liga terbaik di dunia sepanjang masa.

pemain muda liga italia terbaik

Klub-klub besar seperti Juventus, AC Milan, AS Roma, hingga Inter Milan memang tidak pernah berhenti untuk menghasilkan bintang-bintang muda baru berpotensi dan berbakat.

Tak hanya klub-klub mapan saja, tim-tim menengah seperti Atalanta dan Sampdoria pun terkenal sebagai penghasil pemain muda Liga Italia terbaik yang berhasil masuk ke jajaran kelas dunia.

Di dalam sejarahnya, terdapat sejumlah pemain muda Liga Italia terbaik dan berbakat yang pernah melegenda di Serie A Italia. Bahkan, sebagian dari mereka justru menjalani masa kejayaan di usia yang cenderung belia. Siapa sajakah mereka? Yuk kita simak ulasannya bersama-sama.

1. Gianni Rivera

Gianni Rivera - 5 Pemain Muda Liga Italia Terbaik

Pemain muda Liga Italia terbaik yang pertama adalah Gianni Rivera. Pada era 60-70 an, terdapat sosok legenda AC Milan yang layak mengisi predikat sebagai pemain muda Liga Italia terbaik dan paling berbakat.

Masih berusia 17 tahun pada saat itu, Gianni Rivera sudah tergabung ke dalam klub AC Milan dan hanya membutuhkan beberapa tahun saja sampai ia menjadi bagian dari tim yang pada saat itu meraih kejayaan di level Eropa pada dekade 60-an tersebut.

Semenjak itu, karirnya pun terus meroket sampai akhirnya ia didapuk sebagai kapten dari klub yang dinobatkan sebagai tim paling sukses kedua di dalam sejarah sepak bola Italia. Pemain yang berposisi sebagai penyerang lubang ini bagaikan pangeran di San Siro.

Gianni Rivera yang masih begitu muda pada juga pernah menyabet gelar bergengsi Ballon d’Or pada tahun 1969, yang merupakan sebuah penghargaan sepak bola tahunan yang diberikan kepada para pemain terpilih yang telah melakukan yang terbaik pada musim sebelumnya.

2. Roberto Baggio

Roberto Baggio - 5 Pemain Muda Liga Italia Terbaik

Selanjutnya ada Roberto Baggio yang juga menjadi pemain muda Liga Italia terbaik pada era 90 an. Bahkan pada saat itu sempat dikatakan bahwa bakal yang dimiliki oleh Roberto merupakan bakat yang hanya muncul dalam 20 tahun sekali.

Di usianya yang masih 17 tahun pada saat itu, pemilik nomor punggung 10 ini sudah melakukan debutnya di Serie A. Kemudian ia pun mulai menunjukan pesonanya pada saat membela Fiorentina di Serie A pada tahun 1985.

Setelah itu di usianya yang ke 22 tahun, Roberto berhasil mendapatkan gelar Ballon d’Or pada tahun 1993, yang mana pada saat itu hanya ia dan Fabio Cannavaro saja yang merupakan pemain Liga Italia yang berhasil mendapatkan gelar tersebut.

3. Antonio Cassano

Antonio Cassano - 5 Pemain Muda Liga Italia Terbaik

Di masa mudanya, Antonio Cassano dikenal sebagai berlian di dalam sepak bola Italia dan berhasil masuk ke dalam jajaran pemain muda Liga Italia terbaik. Meskipun masih di usia belia, Antonio sudah mampu menunjukan kehebatannya yang berhasil menarik perhatian banyak klub-klub besar.

Setelah mencuri perhatian di Bari, pemain dengan posisi penyerang sayap ini akhirnya hijrah ke AS Roma yang membuatnya namanya semakin bersinar.

Bahkan, klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid, juga sangat tertarik untuk bisa mendapatkan jasanya.

(Baca Juga: 9 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia, Apakah GBK Termasuk?)

Tak hanya lihai bermain di klub, ia pun juga langganan di Timnas Italia level Junior hingga Senior. Hanya saja sangat disayangkan, kemampuan hebatnya di lapangan tak sebanding dengan sifatnya yang bengal dan sering melakukan tindak indisipliner dan temperamental.

Sepanjang kariernya di Serie A, ia pernah membela AS Roma, Bari, Sampdoria, AC Milan, Inter Milan, dan Verona dengan total 419 laga di level klub, 115 gol, serta mengoleksi 39 caps di Timnas Italia dengan 10 gol.

4. Ronaldo Luís Nazário de Lima

Ronaldo Luis Nazario de Lima - 5 Pemain Muda Liga Italia Terbaik

Selanjutnya ada Ronaldo Luis Nazario yang juga sempat menjadi pemain muda Liga Italia terbaik pada era 90 an. Bahkan, banyak yang menilai jika tidak dikarenakan cedera kambuhan yang seri dialaminya, Ronaldo mungkin sudah bisa memenangkan 10 Ballon d’Or di dalam karirnya.

Memang patut diakui bahwa performanya di atas lapangan sebagai ujung tombak Real Madrid tidak pernah berhenti untuk membuat siapapun terpukau.

Dia bahkan berhasil membawa Tim Nasional Brasil untuk menjuarai Piala Dunia di dua periode berbeda, yaitu tahun 1994 dan 2002.

Nah, sebelum bergabung dengan Real Madrid pada bursa transfer di musim panas tahun 2002, ia lebih dulu menghabiskan perjalanan karir masa mudanya di Serie A Italia bersama dengan Inter Milan pada periode 1997 sampai 2002.

5. Paul Pogba

Paul Pogba - 5 Pemain Muda Liga Italia Terbaik

Tidak hanya sebagai salah satu pemain muda Liga Italia terbaik, Paul Pogba bahkan juga menjadi pemain sepak bola dengan posisi gelandang muda terbaik di dunia untuk saat ini.

Ia berhasil membuktikan performanya dengan membawa Tim nasional Prancis menjuarai Piala Dunia pada tahun 2018 silam.

Dikarenakan hal itu pula, Paul juga pernah menjadi pemain bola termahal di dalam sejarah saat ditebus Manchester United dari Juventus pada bursa transfer musim panas tahun 2016 lalu, lewat kocek yang tak kurang dari 105 juta Euro.

Tidak pernah berhenti untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya, Paul juga berhasil mengantarkan Juve untuk mempertahankan trofi Serie A Italia selama empat musim hingga melaju ke Final Liga Champions Eropa pada tahun 2015.

Saat ini dengan seragam Manchester United yang ia kenakan, Paul Pogba menjadi salah satu gelandang sepakbola terbaik Eropa beserta pemain muda Liga Italia terbaik, bahkan di dunia.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda