Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Siapkan! Ini 5 Pengeluaran Ekstra Saat Musim Hujan

by Rafly Aditia on 30 November, 2015

cegah penyakit di musim hujan - CekAja.com

Memasuki musim hujan, beberapa daerah di wilayah Indonesia terus meningkat. Mulai dari daerah hingga kota metropolitan mulai merasakan bahwa musim hujan telah tiba.

Dimulainya musim hujan ini, pertanda jika kita harus terus mempersiapkan segala hal lebih hati-hati dan lebih dini. Semuanya harus dilakukan dan persiapkan demi menjalankan aktifitas kehidupan seperti biasa walau nantinya hujan akan terus mengguyur.

Belum lagi, saat musim hujan kita juga harus mempersiapkan beberapa pengeluaran ekstra yang tidak dikeluarkan sebelumnya pada saat musim kemarau. Apa saja pengeluaran ekstra tersebut?

Yuk, simak 5 pengeluaran ekstra yang sering dikeluarkan saat musim hujan;

Sering cuci kendaraan

Ketika musim hujan, secara otomatis kebersihan kendaraan yang kita gunakan seperti mobil atau motor akan berkurang karena cipratan air yang menggenang di jalanan.

Maka dari itu, tentunya kita akan membawa kendaraan ke tempat pencucian lebih sering dari biasanya.  sangat diperlukan agar kendaraanmu tetap enak dipandang mata dan nyaman saat kamu gunakan. Biaya cuci mobil sekitar 40 ribu rupiah, setidaknya kamu perlu mencuci mobilmu sebanyak 2 kali seminggu.

Jadi, kamu harus mengeluarkan uang sebesar 80 ribu rupiah dalam satu minggu untuk menjaga penampilan mobil kesayanganmu. (Baca juga: Mobil Kena Banjir Tapi Klaim Asuransi Ditolak, Ini Penyebabnya)

Jas hujan

Bagi yang biasa menjalankan aktivitas menggunakan sepeda motor, kita harus mempersiapkan diri agar aktivitas tidak terganggu saat hujan mengguyur. Kita harus mempersiapkan jas hujan supaya bisa tetap mempertahankan mobilitas.

Harga jas hujan beragam, tetapi rata-rata jas hujan yang layak dan awet untuk dipakai sektiar 150 ribu rupiah. Untuk itu, sisihkan sebagian uang untuk membeli jas hujan agar kita terus dapat menjalankan aktifitas seperti biasa

Bensin lebih boros

Kalau yang ini bisa dibilang merupakan biaya yang kamu keluarkan tanpa kamu sadari saat musim hujan tiba. Mengapa saat musim hujan kamu menjadi lebih boros bensin? Hal ini dikarenakan biasanya pada saat musim hujan mengguyur, jalanan terutama di Jakarta akan menjadi sangat padat.

Padatnya jalanan yang bisa membuat mobilmu terjebak di tengah-tengah kemacetan dalam keadaan terus menyala, akan membuat mobilmu menghabiskan bahan bakar lebih banyak daripada biasanya. (Baca juga: 5 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Musim Hujan, Pastikan Asuransi Kesehatanmu Mengganggunya)

Medical check up

Berhubung pada saat musim hujan kemungkinan seseorang terkena penyakit-penyakit tertentu menjadi lebih besar. Maka kita harus melakukan cek kesehatan berkala atau medical checkup demi menjaga kesehatan dan mencegah penyakit menghampiri.

Daftar biaya medical checkup standar berkisar antara 900 ribu hingga Rp2 juta tergantung rumah sakit yang kamu pilih dan pemeriksaan apa yang diambil nantinya.

Vitamin dan suplemen

Demi terus menjaga kesehatan agar tidak terserang penyakit membahayakan atau penyakit-penyakit lainnya yang berpotensi untuk mengganggu aktifitas sehari-hari, kita perlu mengonsumsi vitamin dan suplemen.

Vitamin dan suplemen akan membuat kondisi tubuh tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan sedikit uang demi kesehatan yang sesungguhnya merupakan aset terbesar dari seseorang.

Pilihan asuransi kesehatan yang cover segala penyakit di sini.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami