Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

5 Penginapan Terapung di Dunia Ini Jadi Buruan Wisatawan

by Nadhillah Kusindriani on 30 Januari, 2020

Siapa sih yang tidak ingin menghabiskan waktu berlibur dengan staycation? Pasalnya, kegiatan ini menjadi salah satu solusi penghilang rasa penat. Jika menghabiskan waktu dengan menginap di hotel berbintang sudah biasa, kamu bisa coba menginap di penginapan terapung di dunia.

penginapan terapung di dunia

Konsep penginapan terapung ini hadir dengan tujuan untuk menarik minat pengunjung. Terlebih, penginapan terapung biasanya menyajikan keindahan pemandangan alam yang mampu memanjakan mata.

Penginapan terapung kini sudah banyak tersedia di berbagai belahan dunia, di antaranya yaitu Tanzania, Maldives, India, Jepang hingga Indonesia.

Jika kamu sedang atau hendak melakukan perjalanan wisata ke negara-negara tersebut, kamu bisa coba menginap di penginapan terapung yang ada di sana.

Meskipun harga yang ditawarkan penginapan terapung cenderung mahal, namun sebanding dengan fasilitas serta keindahan yang diberikan. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas penginapan terapung di dunia khusus untuk kamu. Simak, yuk!

Penginapan Terapung di Dunia

Seperti yang diketahui, penginapan terapung merupakan jenis penginapan yang memiliki konsep unik. Di mana, posisi penginapan ini mengapung di atas air. Tidak hanya itu, penginapan terapung juga akan memberikan sensasi serta pengalaman baru bagi kamu.

Untuk mengetahui daftar dan informasi lengkap penginapan terapung, di bawah ini CekAja.com telah merangkum lima penginapan terapung di dunia yang banyak diburu wisatawan, di antaranya sebagai berikut.

1. The Manta Resort

The Manta Resort - 5 Penginapan Terapung di Dunia Ini Jadi Buruan Wisatawan

Penginapan terapung di dunia yang pertama adalah The Manta Resort. Penginapan yang terletak di pantai lepas bagian Timur Afrika ini, menawarkan penginapan mengapung dengan interior kayu yang mewah.

Resort ini memiliki penginapan terapung yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian bawah air dan atas air. Dua bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Bagian atas berfungsi sebagai dapur, ruang bersantai, serta dek di atas atap. Sedangkan bagian bawah air berfungsi sebagai kamar tidur.

Kunci utama dari penginapan terapung, terletak pada pemandangan laut lepas yang disajikan dengan segala keindahannya. Di sana kamu bisa melihat secara langsung beragam jenis ikan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berenang mengeksplor bawah laut.

The Manta Resort menyediakan 18 kamar bertema kapal selam yang terletak di bawah air. Setiap kamar ini, memiliki jendela dengan panorama menghadap ke laut.

Tidak hanya itu, resort ini juga mempunyai tiga kategori kamar, di antaranya yaitu Seafront Villa, Superior Garden Room dan Standard Garden Room.

Tiga tipe kamar di atas juga memiliki paket bulan madu include wisata keliling hutan. Dan untuk hiburan wisata lainnya, The Manta Resort menyediakan kapal pesiar yang bisa kamu manfaatkan dan gunakan untuk memancing ataupun berkeliling.

Jika ingin menginap di The Manta Resort, kamu perlu menyiapkan dana yang cukup besar, yaitu mulai dari 368 dolar Amerika Serikat sampai dengan 1,7 ribu dolar Amerika Serikat per malamnya, atau setara dengan Rp5,2 juta hingga Rp24 juta.

(Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020)
2. Taj Lake Palace

Taj Lake Palace - 5 Penginapan Terapung di Dunia Ini Jadi Buruan Wisatawan

Penginapan terapung di dunia berikutnya adalah Taj Lake Palace. Penginapan yang berada di tengah Danau Pichola, India ini berhasil menyabet beberapa penghargaan, seperti The Luxury Travel Bible, Conde Nast Traveller, Readers Choice, Ministry of Tourism India, TripAdvisor Travelers dan beragam penghargaan lainnya.

Penginapan yang dibangun pada 1746 ini dahulunya merupakan istana yang sengaja dibuat untuk tempat menginap para raja kehormatan. Maka dari itu, penginapan terapung ini memiliki arsitektur yang sangat megah.

Kemegahan arsitektur tersebut terlihat dari dinding penginapan yang dilapisi marmer. Tidak hanya itu, Taj Lake Palace juga menyediakan 66 kamar mewah dengan gaya kolonial inggris, yang dilengkapi dengan pelayan pribadi serta fasilitas bintang lima.

Kamu juga bisa mendapatkan pengalaman otentik dan berkesan dengan melakukan wisata jalan kaki yang disediakan penginapan terapung ini. Di antaranya dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah, pertunjukkan budaya hingga sesi astrologi yang akan dibimbing oleh pemandu wisata.

Lokasi Taj Lake Palace mudah dijangkau, karena hanya berjarak 1 kilometer dari pusat kota. Untuk menyewa satu kamar di Taj Lake Palace, kamu perlu mengeluarkan biaya mulai dari 316 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp4,4 juta.

3. Conrad Maldives

Conrad Maldives - 5 Penginapan Terapung di Dunia Ini Jadi Buruan Wisatawan

Penginapan terapung di dunia yang ketiga adalah Conrad Maldives. Penginapan yang berada di antara dua pulau yang membelah India ini berlokasi di Rangali Island Rangali, 20077, Maladewa.

Conrad Maldives diklaim sebagai penginapan terindah karena memadukan keindahan sunset dengan keindahan bawah laut. Tidak hanya itu, untuk komposisi bangunannya sendiri pun, Conrad Maldives menggunakan 90 persen kaca berbahan tebal.

Penggunaan kaca berbahan tebal tersebut ditujukan agar pemandangan dapat terlihat dari semua sisi, termasuk atap yang transparan sehingga pengunjung dapat melihat keindahan langit secara langsung.

Penginapan terapung Conrad Maldives menyediakan beberapa fasilitas khusus, di antaranya adalah dua unit kamar mandi untuk setiap kamar, kolam renang private yang tersedia di bagian depan kamar mandi dan akses berenang ke laut lepas yang tersedia di bagian belakang kamar.

Fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati adalah restoran bawah laut. Restoran ini menjadi ikon penginapan terapung Conrad Maldives karena menawarkan pemandangan bawah laut sedalam 180 derajat yang bisa kamu nikmati keindahannya.

Kamu bisa mendapatkan pengalaman otentik dengan melakukan perjalanan ke pulau-pulau terdekat untuk belajar tentang cara kehidupan budaya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa snorkelling bersama ikan hiu dan paus, menyaksikan dan berenang dengan pari Manta hingga berlayar.

Lokasi Conrad Maldives tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Male, hanya berjarak sekitar 93 kilometer. Untuk berkunjung ke penginapan terapung yang satu ini, kamu bisa melakukan penerbangan wisata menggunakan pesawat amfibi selama 30 menit melewati Samudera Hindia.

4. Maratua Paradise

Maratua Paradise - 5 Penginapan Terapung di Dunia Ini Jadi Buruan Wisatawan

Selanjutnya ada Maratua Paradise yang masuk ke dalam daftar penginapan terapung di dunia. Penginapan yang terletak di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, Indonesia ini menjadi penginapan terindah karena dikelilingi oleh laguna yang dibatasi oleh terumbu karang dan dinding batu.

Resort yang memiliki luas 4 hektar ini memiliki pantai pasir putih dan hutan bakau seluas 384 kilometer persegi, serta perairan dengan luas 3.735 kilometer persegi.

Tidak hanya itu, resort ini juga menawarkan keindahan laut yang dihuni berbagai jenis ikan, seperti hiu thresher, barracuda, dogtooth tuna, hiu palu bergigi hingga pari manta.

Maratua Paradise memiliki penginapan dengan bentuk rumah adat khas Kalimantan. Penginapan yang hadir dengan konsep villa air membuat penginapan ini dibangun di atas air untuk memberikan sensasi menginap yang sempurna.

Sebagian besar material di penginapan ini menggunakan kayu berpelitur. Tidak hanya itu, kayu yang digunakan tersebut juga memiliki aksen dengan anyaman khas Kalimantan yang memberikan kesan mewah.

Fasilitas yang diberikan penginapan terapung ini sama seperti fasilitas penginapan pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah para tamu bisa memilih dua paket yang tersedia, di antaranya adalah paket menyelam dan non-menyelam.

Untuk pengunjung yang ingin snorkelling, di sekitar penginapan terdapat beberapa spot yang bisa digunakan, seperti di Turtle Traffic, Channel, East Wall dan House Reef. Hanya saja, spot-spot tersebut dikhususkan untuk penyelam berpengalaman.

Jika ingin berkunjung dan menginap di Maratua Paradise, kamu perlu mempersiapkan dana sekitar Rp1,1 juta per malam. Tentu saja harga ditawarkan sesuai dengan keindahan alam yang disajikan.

(Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Menarik di Binjai, Sisi Lain Sumatera Utara)
5.  Guntu

Guntu - 5 Penginapan Terapung di Dunia Ini Jadi Buruan Wisatawan

Penginapan terapung di dunia yang terakhir adalah Guntu. Penginapan yang berada di Jepang ini, dirancang oleh arsitek ternama asal Yokohama, yaitu Yasubei Horibe.

Pada dasarnya, Guntu merupakan kapal pesiar setinggi 266 kaki yang mengapung di atas laut Pedalaman Seto, Jepang dan memiliki 19 kamar dengan gaya minimalis.

Semua kamar di Guntu menggunakan kayu sebagai dinding ruangan. Tidak hanya itu, setiap kamar juga dilengkapi dengan jendela yang menghadap ke panorama laut. Hal tersebut menjadi suatu pengalaman menginap yang tidak terlupakan.

Guntu menyediakan berbagai fasilitas, diantaranya gym, spa, sauna, hingga pemandian terbuka. Selain itu, kamu juga bisa langsung memakan berbagai macam hewan laut yang dipancing langsung dari Laut Seto.

Untuk bisa menginap di penginapan terapung ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar 3.510 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp50 juta per orang untuk dua malam. Kamu tidak perlu khawatir, biaya besar yang kamu keluarkan akan sebanding dengan fasilitas dan keindahan yang diberikan.

Lima daftar penginapan terapung di dunia tersebut bisa jadi salah satu tujuan liburanmu. Maka dari itu, kamu bisa mempersiapkan biayanya dari sekarang dengan menabung atau menggunakan kartu kredit.

Jika belum memiliki kartu kredit, jangan khawatir. Kamu bisa melakukan perbandingan dan mengajukannya dengan cepat dan mudah hanya di CekAja.com. Perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ajukan sekarang, yuk!

Tentang Penulis