Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Penjual Makanan yang Selalu Kebanjiran Pembeli Saat Lebaran

by Miftahul Khoer on 27 Mei, 2019

Sudah tidak diragukan lagi deh kalau Lebaran tiba hampir di setiap rumah pasti tersedia berbagai makanan mulai dari kue, ketupat hingga opor ayam. Saking banyaknya makanan khas lebaran yang ada di rumah, tentu membuat kita bosan dan ingin mencicipi makanan lain.

Oleh karena itu tidak heran jika ada beberapa penjual makanan yang warungnya selalu dipenuhi pembeli saat mereka jenuh makan ketupat dan opor di rumah. Makanan-makanan ini memang gak ada matinya dan selalu diincar para pecinta kuliner. Apa saja makanan itu? Yuk simak.

1. Bakso

Selama bulan Ramadan sepertinya penjualan makanan satu ini memang agak melempem. Bagaimana tidak, ketika beduk azan Magrib tiba, orang-orang langsung fokus ke kolak, es campur atau takjil yang segar-segar lainnya. Setelah itu, mereka langsung makan nasi setelah seharian perut orang yang berpuasa kosong. Otomatis mereka kekenyangan dan gak berminat menikmati jajanan lain seperti bakso.

Tapi tenang saja, buat yang doyan bakso, kamu gak perlu khawatir, karena makanan yang terbuat dari olahan daging ini pasti selalu hadir mulai Lebaran. Ya, selama Ramadan memang agak jarang orang yang berjualan bakso. Tapi setelah Lebaran, makanan satu ini akan menjadi yang paling laris.

(Baca juga: 8 Bisnis Laris dari ‘Susu’ Kental Manis)

Ya, di momen Lebaran memang bakso bisa menjadi makanan alternatif buat orang yang malas mencicipi kue Lebaran atau opor ayam. Kita tahu, bakso memiliki daya tarik sendiri terutama kuah, sambal dan aneka pilihan jenis baksonya mulai dari bakso urat, telor hingga bakso beranak.

2. Mie Ayam

Selain bakso, makanan alternatif yang juga bakal banyak diserbu adalah mie ayam. Coba buktikan sendiri deh, pas Lebaran nanti warung-warung mie ayam di sekitar rumah kamu pasti banyak pembeli yang antre.

Sama seperti bakso, mie ayam juga tampaknya menjadi salah satu makanan yang ‘dianak tirikan’ selama bulan Ramadan. So, buat yang kangen mie ayam, kamu bisa menikmatinya sepuas mungkin. Apalagi dinikmati dengan kue-kue asin lebaran macam sistik, kerupuk dan lainnya.

3. Rujak

Coba jujur deh pasti banyak yang kangen pengen makan rujak kan? Ya iyalah, selama bulan puasa kamu pasti jarang banget makan rujak di siang bolong. Padahal, siang hari saat matahari lagi terik-teriknya, makan rujak ini mungkin jadi santapan wajib bagi sebagian orang. Untungnya kamu kuat iman ya selama Ramadan sampai gak tergoda sama sekali memakannya di siang hari.

Nah, Lebaran adalah momentum untuk merayakan hari kemenangan memakan rujak kesukaan kamu. Makanan dengan ciri khas irisan buah-buahan mulai dari jambu merah, mangga muda, nanas, kedondong, jambu, ketimun yang dicocol sambal gula merah bertabur kacang dan cabai yang diulek kasar ini bisa kamu makan sepuasnya. Tapi jangan sampai terlalu pedas ya, nanti bisa bermasalah perut kamu. 

4. Siomay

Salah satu makanan yang bikin kangen pas Lebaran tiba adalah siomay. Hidangan satu ini memang gak kenal waktu ketika disantap. Mau pagi, siang, atau malam, makan siomay tetap enak dan nikmat.

Bayangin deh, kamu menyantap siomay ikan, kol, kentang rebus, bakso tahu dan pare rebus yang diguyur bumbu kacang, betapa enak dan lezatnya momen Lebaran kamu. Apalagi makannya barengan bersama keluarga, saudara atau sanak famili yang sedang bersilaturahmi ke rumah kamu. Wah pasti nikmat luar biasa.

5. Es krim campur ketan hitam

Di saat perut kamu sudah gak bisa menerima segala macam makanan Lebaran mulai dari nastar, putri salju, rengginang hingga kue kaleng, maka kamu butuh makanan penteralisir yang hampir semua orang suka dan juga pasti mencari-cari makanan satu ini. Ya, tak lain dan tak bukan adalah es krim yang dicampur dengan ketam hitam.

Usai selesai melaksanakan salat Idul Fitri, kamu pasti menyantap ketupat dan opor ayam, maka hidangan penutup yang paling pas adalah es krim yang diaduk dengan ketam hitam tadi. Buktikan sendiri deh betapa nikmatnya makan es krim campur ketam hitam di momen Lebaran nanti. Pasti kamu ketagihan.

(Baca juga: Ini 6 Peluang Usaha yang Tak Pernah Sepi Pelanggan, Coba Yuk!)

Nah, itulah beberapa menu makanan yang bakal banyak dicari orang pada Lebaran nanti. Kalau kamu menangkap peluang bisnis dari jenis-jenis makanan di atas, gak ada salahnya tuh kamu jadi penjual dadakan. Lumayan kan menambah penghasilan selama Lebaran.

Jangan khawatir, bahan-bahan bakunya juga mudah dicari kok di pasar-pasar. Kalau serius tertarik bisnis dadakan makanan di atas, jangan lupa juga intip CekAja.com buat dapat referensi panduan permodalan yang kamu butuhkan.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.