Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Penyebab Besar Artis Indonesia Akhirnya Bangkrut Salah Satunya Narkoba

by Rafly Aditia on 18 November, 2015

investasi miliarder _investasi - CekAja.com

Menjadi selebriti dengan ketenaran dan uang yang berlimpah memang merupakan impian banyak orang di dunia saat ini. Berkarir di dunia hiburan memang bisa dibilang akan memiliki penghasilan yang sangat menjanjikan apabila sudah berada di puncak kesuksesan.

Namun, dengan penghasilan yang fantastis tersebut bukan berarti para selebriti dan artis tersebut kebal akan nasib sial dan kebangkrutan. Pasalnya, tidak sedikit artis dan seleb yang memiliki kekayaan hingga jutaan dolar harus merasakan pahitnya kebangkrutan.

Nah, apa saja sih hal-hal yang membuat para seleb dan artis kaya dengan jumlah penghasilan yang ‘wow’ tersebut bangkrut? Berikut 5 penyebab seleb dan artis Indonesia maupun luar negeri yang mengalami kebangkrutan;

Gaya hidup 

Hal yang tidak bisa dilepaskan dari kepopuleran seorang seleb dan artis adalah gaya hidup. Ya, gaya hidup kelas atas yang biasa menghambur-hamburkan banyak uang menjadi salah satu penyebab dari kebangkrutan seleb dan artis hollywood.

Salah satunya adalah seleb papan atas Hollywood, Lindsay Lohan. Aktris cantik berusia 28 tahun tersebut pernah mengalami kebangkrutan karena terbelit masalah keuangan hasil dari pergaulan dan kehidupan malamnya ketika dirinya tidak lagi mendapatkan tawaran bermain film.

(Baca Juga: Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga Buat yang Baru Nikah)

Lindsay juga pernah dipenjara karena terlibat perkelahian alam sebuah klub elit di Manhattan, New York yang menyebabkan dirinya harus di penjara. Mengalami ketakutan yang ekstrim di dalam penjara, Lindsay memaksakan diri untuk memanggil psikiater dengan tarif US$250-US$300 per jamnya. Padahal dirinya sudah tidak lagi memiliki cukup uang untuk hal itu. Karena hal tersebutlah dirinya harus mengalami keterpurukan secara finansial.

Konsumsi narkoba

Sudah banyak selebritis dunia yang harus rela mengeluarkan uang banyak karena terbiasa mengonsumsi narkoba. Selain ketergantungan yang tinggi dalam mengonsumsi narkoba dengan harga yang mahal, para artis ini juga harus mendekam di penjara dan membayar denda dalam jumlah besar.

Salah satu contoh artis yang mengalaminya adalah petinju Mike Tyson. Memiliki penghasilan 185 juta poundsterling selama berkarir di dunia tinju tidak membuat Mike Tyson kebal terhindar dari kebangkrutan. Legenda tinju dunia kelas berat tersebut harus rela mengalami keterpurukan finansial karena tidak bisa lepas dari kebiasaannya mengonsumsi obat-obatan terlarang serta skandal perkosaan yang membuat dirinya harus masuk dalam jeratan hukum

Artis Indonesia yang terjerat narkoba juga tidak sedikit, sebut saja Sheila Marcia yang tertangkap mengkonsumsi narkoba di apartement pluit Jakarta Utara Agustus 2008 silam. Kemudian Jennifer Dunn yang mendekam di penjara selama 4 tahun karena kasus narkoba. Sammy Kerispatih yang tertangkap pesta shabu di rumah kos elit di Kuningan. Yoyo Padi yang mendekam di penjara selama 1 tahun karena mengkonsumsi shabu. Iyut Bing Slamet mantan artis cilik tahun 80an yang ditangkap membawa paket shabu seberat 0,4 gram. Serta beberapa artis senior dan remaja lainnya seperti Fariz RM, Gary Iskak, Revaldo, Andika Kangen Band, Doyok, Roger Danuarta, dll.

Melanggar kontrak

Pelanggaran kontrak merupakan salah satu hal yang bisa dibilang mematikan bagi para seleb dan artis. Alih-alih ingin mencari kenyamanan dalam bekerja, para seleb dan artis ini bisa bangkrut apabila tidak memperhatikan kontrak kerja yang telah mereka tanda tangani sebelumnya.

Salah satunya contoh artis yang alami hal ini adalah Cyndi lauper yang tergabung dalam band Blue Angel. Dirinya dan personel lain band Blue Angel memecar sanga manajer secara tidak terhormat dengan alasan memperbaiki situasi internal band. Tetapi, sang manajer tidak terima dan mengajukan tuntutan pelanggaran kontrak yang menyebabkan Cyndi Lauper dkk harus membayar denda dengan jumlah yang banyak.

Terlilit utang

Siapa yang tidak tahu dampak negatif dari utang berlebihan? Banyak sekali dampak buruk yang disebabkan apabila seorang seleb memiliki jumlah utang yang berlebihan, salah satunya adalah berujung pada kebangkrutan.

Hal ini dirasakan oleh seleb hollywood ternama, Pamela Anderson di tahun 2009 karena utangnya sebesar hampir US$1,1 juta dolar untuk sekedar merenovasi rumah mewahnya di Malibu menyebabkan dirinya terancam bangkrut. (Baca juga: Inilah Cara Menghitung PPH 21 Bagi Pekerja Lepas)

Penipuan manajer

Bagi seorang seleb atau artis, manajer memiliki peran yang penting dalam karir mereka. Tidak hanya itu, bahkan manajer juga acap kali memiliki hubungan yang sangat dekat secara personal dengan sang artis.

Namun, tidak jarang juga manajer melakukan penipuan kepada artis atau selebriti yang mereka tangani hingga menyebabkan mereka mengalami kesulitan finansial.

Contoh kasusnya adalah penipuan manajer gadeng Marten yang harus kehilangan uang sebesar 300 juta rupiah karena ditipu oleh Manajernya, atau juga Deswita Maharani yang ditipu sebesar 430 juta rupia oleh manajernya. (Rafly)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami