Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Pertanda Bahwa Kamu Mengalami Dehidrasi dan Cara Mengobatinya

by Rafly Aditia on 14 Juni, 2016

Dehidrasi adalah keadaan di mana tubuh kekurangan cairan. Efek dari dehidrasi bermacam-macam, mulai dari kondisi badan tidak fit, kulit kering dan kusam hingga mengalami sakit yang cukup serius. Oleh karenannya, dehidrasi harus dihindari dengan minum air putih secukupnya.

Orang yang berpuasa sangat rawan mengalami dehidrasi. Untuk itu dehidrasi harus dideteksi sejak dini sebelum menjadi masalah serius. Lantas bagaimana cara mengetahui tubuh sedang mengalami dehidrasi atau tidak? Berikut 5 pertanda bahwa kamu mengalami dehidrasi seperti diadaptasi dari lifehack:

Bibir kering

Salah satu hal yang menjadi pertanda bahwa kamu mengalami dehidrasi adalah bibir kering. Apabila saat ini bibir kamu kering apalagi sampai pecah-pecah, maka kamu sedang mengalami yang namanya dehidrasi. Untuk itu, sebaiknya minum lebih banyak air. Namun, hindari minuman manis terlebih soft drink karena justru makin memperparah dehidrasi.

Sebaiknya, minum air putih agar tubuhmu dapat kembali ke dalam kondisi prima. Apalagi ketika puasa seperti sekarang, sebaiknya perbanyak minum air putih pada saat sahur dan berbuka puasa.

(Baca juga: 7 menu Sahur dan Buka Puasa Murah Meriah Khusus Anak Rantau)

Kulit kering

Selain bibir kering, kulit kuring juga menjadi pertanda bahwa kamu tidak terhidrasi dengan baik. Kulit merupakan organ yang paling besar di tubuh kamu sehingga sudah jadi kewajiban untuk menjaganya agar tetap terhidrasi. Apabila kurang minum air putih, kulit akan menjadi kering.

Bagaimana cara mengeceknya? Coba garuk kedua tanganmu, apakah meninggalkan bekas putih atau tidak? Kalau ya, berarti kamu sedang mengalami dehidrasi.

Haus

Kulit kering, bibir kering dan pecah-pecah biasanya juga diikuti dengan rasa haus yang sangat tinggi. Rasa haus tersebut biasanya terasa begitu menyiksa di lidah dan kerongkongan. Bagaikan berada di padang pasir yang tandus, kamu akan mengalami kehausan yang sangat hebat ketika dehidrasi. Kalau sudah begini, minum air putih sebanyak-banyaknya menjadi satu-satunya cara terbaik.

Massa otot berkurang

Bagi para body builder otot merupakan salah satu aset paling penting. Untuk itu, segala cara dilakukan demi menjaga atau menambah massa otot. Tetapi, kalau tidak terhidrasi dengan cukup massa otot ternyata dapat berkurang sehingga tubuh terlihat lebih kurus.

Jadi, jangan lupakan betapa pentingnya minum air putih bagi para body builder yang menginginkan lekuk tubuh sempurna.

(Baca juga: Cara Mengatur Pola Makan Agar Lebih Sehat Saat Puasa)

Sakit berkepanjangan

Kalau sekarang kamu mengalami sakit seperti panas dalam, flu, batuk, dan berbagai penyakit ringan lainnya dalam waktu lama, bisa jadi tubuhmu sedang dehidrasi sehingga sulit untuk mendapatkan kesembuhan. Tubuh manusia terdiri dari 80% cairan, hal inilah yang perlu diperhatikan.

Selain itu, air putih sebenarnya berguna untuk membersihkan tubuh dari racun yang punya dampak negatif bagi organ tubuh. Maka dari itu, diwajibkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.