Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Pertanda Kalau Kamu Butuh Konsultan Keuangan

by Rafly Aditia on 13 October, 2016

Masalah keuangan bisa dialami siapa saja, tak terkecuali kamu yang memiliki penghasilan di atas rata-rata orang Indonesia. Bila masalah yang kamu hadapi  cukup pelik, seperti kamu berada di ambang kebangkrutan, kamu butuh jasa seorang ahli atau konsultan keuangan untuk memperbaiki keadaan.

Namun, banyak orang Indonesia yang ragu berkonsultasi pada perencana keuangan karena merasa yakin masih bisa menyelesaikan masalah sendiri. Agar lebih pasti soal kondisimu, berikut 5 tanda kalau kamu butuh konsultan keuangan:

1. Utang tidak pernah lunas

Kalau saat ini hidupmu tidak pernah bisa terbebas dari utang, entah itu utang kartu kredit atau utang lainnya, padahal di sisi lain penghasilan bulanan yang kamu dapatkan cukup tinggi,  sebaiknya kamu perlu meminta nasihat dan saran dari konsultan keuangan.

Apa yang salah dengan dirimu? Para konsultan keuangan dapat mengetahuinya, sehingga kamu pun juga bakal tahu cara mengatasi masalah tersebut.

(Baca juga: Inilah Kebiasaan Malam Para Miliarder yang Bikin Mereka Jadi Sukses dan Kaya)

2. Sering telat bayar cicilan

Kamu suka menunda pembayaran cicilan? Telat beberapa hari atau justru sampai lebih dari satu minggu? Kebiasaan satu ini menandakan bahwa kamu tidak disiplin dan tidak pandai mengatur keuangan.

Jadi sudah saatnya bagimu untuk menyerahkan hal ini kepada ahlinya, yakni konsultan keuangan. Curahkan segala permasalahan keuangan yang kamu hadapi, termasuk berapa pendapatan dan pengeluaran bulananmu.

3. Tidak punya dana pensiun

Terutama bagi kamu yang sudah berusia 35 tahun ke atas, dana pensiun adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Dengan mengumpulkan dana untuk pensiun, kamu sama saja memupuk bekal untuk hidup bahagia di hari tua. Nah, bila kamu masih belum juga memiliki dana pensiun, apapun alasannya, ada sesuatu yang salah dengan keuanganmu.

4. Dikejar-kejar debt collector

Hal yang satu ini merupakan fase paling buruk dan tidak diinginkan setiap orang. Ya, dikejar-kejar oleh debt collector karena kamu tidak kunjung melunasi utang adalah pertanda kondisi keuanganmu sangat buruk. Cari tahu apa penyebab kondisi keuanganmu begitu buruk, sampai-sampai debt collector harus turun tangan? Berkonsultasilah dengan para penasihat keuangan kalau sudah seperti ini.

(Baca juga: 5 Penyebab Utama Kebangkrutan di Masa Pensiun)

5. Gaji besar tapi kok kurang melulu?

Sebenarnya secara nominal gajimu di atas rata-rata atau bahkan bisa dibilang relatif besar. Tetapi entah kenapa kamu selalu merasa kurang? Kamu pun merasa gaya hidupmu wajar-wajar saha. Kamu yang mengalami masalah seperti ini, bisa jadi kamu tidak bisa menentukan prioritas dalam membelanjakan uang. Segera temui konsultan keuangan agar masalah ini dapat diselesaikan.

Butuh dana cepat untuk kebutuhan mendesak? Dapatkan pinjaman tunai tanpa agunan untuk segala kebutuhan di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.