Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Pertanyaan Anti-Bangkrut Bila Kamu Sanggup Menjawabnya

by Tisyrin N. T on 7 April, 2017

tips anti bangkrut _ investasi - CekAja.com

Hidup memang penuh misteri. Siapa yang bisa mengetahui secara pasti apa yang akan terjadi pada satu jam, satu hari, satu minggu, atau satu tahun ke depan?

Terkadang manusia telah menyusun rencana sebaik mungkin, tetapi apa yang terjadi kemudian di luar kendali. Ketika kebahagiaan tengah menyelimuti kehidupan, bukan tidak mungkin ada musibah yang datang. Bukan tidak mungkin pula, seseorang yang terlihat sehat, ternyata mengidap penyakit serius. Apesnya, dia harus merogoh semua tabungannya untuk membiayai perawatan dan pengobatan di rumah sakit.

Tabungan pun kemudian ludes. Semua tak akan terjadi jika dia punya perlindungan kesehatan yang memadai. Siapa yang mau menjadi bangkrut? Coba jawab terlebih dahulu 5 pertanyaan anti-bangkrut berikut ini agar kamu bisa mencegahnya.

Apakah kamu kepala keluarga?

Kepala keluarga memegang tanggung jawab yang sangat besar. Pernahkah kamu terpikir bagaimana nasib istri dan anak-anak  ketika kepala keluarga tiada? Bagaimana masa depan mereka? Memikirkan kematian pastilah hal yang mengerikan, tetapi bagaimanapun masa itu akan tiba.

Ketika kepala keluarga meninggal di usia tua, anak-anak mungkin sudah mandiri atau mapan. Akan jadi masalah ketika kepala keluarga meninggal dunia di usia yang masih terbilang muda. Anak-anak belum mandiri sehingga terancam putus sekolah atau kuliah.

Seorang kepala keluarga dapat mengantisipasi hal tersebut dengan membeli asuransi jiwa. Dengan adanya proteksi asuransi jiwa, risiko keluarga mengalami kebangkrutan pasca meninggalnya kepala keluarga dapat diminimalisir. Ahli waris akan menerima sejumlah uang pertanggungan yang cukup untuk menyambung kehidupan.

Apakah kantormu memberikan asuransi kesehatan yang memadai?

Hampir setiap kantor memberikan fasilitas asuransi kesehatan bagi karyawannya, apalagi setelah era BPJS Kesehatan. Namun, kamu harus lebih teliti dalam melihat fasilitas jaminan kesehatan dari kantor. Yakinkah perlindungan yang diberikan sudah memadai?

Apabila kamu ingin perlindungan yang lebih komprehensif, tak ada salah melengkapinya dengan asuransi kesehatan swasta. Ingat, biaya kesehatan itu tidaklah murah.

Apakah kamu senang jalan-jalan?

Para traveler sesungguhnya terancam berbagai risiko dalam perjalanan, mulai dari kehilangan barang atau bagasi, ketinggalan pesawat, pesawat delay, hingga kecelakaan. Apabila traveler mengalami kejadian yang kurang menyenangkan semacam itu, akan berpotensi mengalami kerugian dalam hal finansial atau pun waktu. Beda cerita ketika ada asuransi perjalanan, yang bisa menanggung risiko-risiko semacam itu.

Apakah kamu pernah kehilangan motor atau mobil?

Kehilangan motor atau mobil yang belum lunas cicilannya pasti akan menyesakkan dada. Begitu juga ketika membeli kendaraan secara tunai, lalu hilang digondol maling. Oleh karena itu, jangan lupakan asuransi kendaraan bermotor, yang dapat menanggung risiko kehilangan.

Apakah lokasi bisnis kamu rentan dengan risiko kebakaran?

Ketika api menjalar, dengan cepat dapat melahap barang dagangan, peralatan, dan bangunan tempat kamu menjalankan usaha. Hal semacam ini tentu sangat mengerikan. Lagi-lagi, jangan lupakan asuransi. Asuransi properti akan menekan kerugian finansial akibat kejadian semacam itu.

 

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.