Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Pesepakbola Terkaya Dunia 2019, Masih Ada Nama Rooney

by Anes Saputra on 28 Februari, 2020

Atlet merupakan salah satu profesi yang mampu menjanjikan pendapatan fantastis, terlebih jika mereka mampu berprestasi. Pesepakbola merupakan salah satu contoh dari banyak atlet yang mampu mengumpulkan pundi-pundi uang dalam jumlah yang sangat besar.

Khususnya bagi pesepakbola yang bermain di liga-liga Eropa, uang dan ketenaran menjadi dua hal yang bisa diperoleh dengan mudah. Semakin berprestasi seorang pesepakbola, maka semakin mudah bagi dirinya untuk mendapatkan dua hal tersebut.

Prestasi di dalam lapangan dan citra baik di luar lapangan akan membuat para pesepakbola mendapatkan kontrak iklan dan juga bisnis-bisnis lainnya. Bagi mereka, kekayaan yang didapat tak melulu dari kontrak klub, melainkan juga dari produk-produk yang mereka iklankan.

Tak ayal jika para pesepakbola kelas dunia yang bermain di liga-liga besar Eropa seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Paul Pogba, Neymar, Kylian Mbappe, dan Sergio Aguero mampu menghasilkan jutaan bahkan miliaran dolar hanya dalam waktu singkat. Berikut ini 5 pesepakbola terkaya di dunia pada 2019 yang dikutip dari laman Celebrity Net Worth.

5. Wayne Rooney – Rp2,3 triliun

Wayne Rooney - 5 Pesepakbola Terkaya Dunia 2019 Masih Ada Nama Rooney

Di posisi kelima pesepakbola terkaya dunia 2019 bercokol legenda hidup Manchester United Wayne Rooney. Pria yang akrab disapa Wazza, pada tahun 2019 memperkuat salah satu tim liga Amerika Serikat atau MLS, DC United masih menjadi salah satu pesepakbola dengan jumlah kekayaan cukup besar.

Di DC United, Rooney tercatat mendapat gaji sebesar 250 ribu poundsterling atau setara dengan Rp4,6 miliar per pekan. Gaji tersebut lebih tinggi dibanding yang diterima Rooney kala membela Everton pada musim 2018 yang hanya 150 ribu poundsterling.

Adapun kekayaan pria kelahiran Liverpool itu mencapai 126 juta poundst atau hampir Rp2,3 triliun. Berdasarkan Forbes, Rooney menjadi sosok yang masuk dalam 10 besar pesepakbola terkaya di dunia selama 11 tahun berturut-turut. Kini, ia masih aktif bermain untuk Derby County.

4. Neymar Jr – Rp2,67 triliun

Neymar Jr - 5 Pesepakbola Terkaya Dunia 2019 Masih Ada Nama Rooney

Neymar Jr merupakan pesepakbola asal Brasil paling terkenal saat ini. Pria 27 tahun itu bahkan sempat memecahkan rekor transfer kala hijrah dari Barcelona ke Paris Saint Germain (PSG) dengan mahar mencapai 222 juta euro pada 2017.

Mantan pemain Santos ini mendapatkan bayaran hingga 36,8 juta euro per tahun di PSG. Jumlah tersebut mengalahkan mega bintang asal Portugal Cristiano Ronaldo.

(Baca juga: 21 Daftar Atlet Terkaya di Dunia yang Kamu Harus Tahu)

Selain dari gajinya dengan PSG, Neymar juga menjadi brand ambassador beberapa produk seperti Beats by Dre, Nike, Gilette, dan McDonalds. Kekayaan Neymar Jr diperkirakan menyentuh angka 162 juta euro atau nyaris Rp2,67 triliun.

3. Zlatan Ibrahimovic – Rp2,75 triliun

Zlatan Ibrahimovic - 5 Pesepakbola Terkaya Dunia 2019 Masih Ada Nama Rooney

Pesepakbola terkaya nomor 3 pada 2019 ditempati oleh Zlatan Ibrahimovic. Ibra, begitu sapaan akrabnya mengumpulkan pundi-pundi uangnya setelah berkarier bersama beberapa klub besar Eropa seperti Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, PSG, Manchester United, dan LA Galaxy.

Meski sempat bermain di Liga MLS Amerika Serikat bersama LA Galaxy, Ibra tetap menjadi salah satu pesepakbola terkaya di dunia pada 2019. Total kekayaannya diperkirakan mencapai 150 juta pounds atau Rp2,75 triliun.

Selain dari dalam lapangan, kekayaan pemain berkebangsaan Swedia ini juga berasal dari perusahaan apparel olahraga bikinannya sendiri, yakni A-Z Sportswear yang didirikan sejak 2016.

Selain itu, dalam beberapa tahun belakangan, mantan pemain Ajax Amsterdam ini juga disponsori beberapa merek dagang dunia seperti Samsung, Volvo, Microsoft Xbox, dan Nivea.

2. Lionel Messi – Rp5,78 triliun

Lionel Messi - 5 Pesepakbola Terkaya Dunia 2019 Masih Ada Nama Rooney

Mega bintang Barcelona asal Argentina Lionel Messi duduk nyaman di posisi kedua sebagai pesepakbola terkaya dunia pada 2019. Kekayaan kapten FC Barcelona tersebut diperkirakan mencapai 350 juta euro atau setara dengan Rp5,78 triliun.

Messi yang sejak kecil bergabung di akademi Barcelona La Masia menjadi pesepakbola dengan gaji terbesar di dunia, yakni 40 juta euro per musim.

Selain dari gajinya bersama Barcelona, pemain berjuluk La Pulga ini juga memperoleh pendapatan dari iklan-iklan yang direpresentasikannya. Messi tercatat mengumpulkan tambahan pendapatan 35 juta euro setiap tahunnya dari Adidas, Gatorade, Pepsi, Ooredoo, Huawei, dan Hawkers.

Dengan jumlah pendapatan yang menyentuh 75 juta euro per musimnya, Messi dinobatkan majalah Forbes menjadi selebritis nomor dua dengan pendapatan terbesar pada tahun 2016.

1. Cristiano Ronaldo – Rp6,61 triliun

Cristiano Ronaldo - 5 Pesepakbola Terkaya Dunia 2019 Masih Ada Nama Rooney

Cristiano Ronaldo menjadi pesepakbola terkaya nomor 1 di dunia pada 2019. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan sebab CR7, begitu ia kerap dipanggil, selalu tampil apik baik di dalam maupun di luar lapangan.

Dengan etos kerja mumpuni, Ronaldo berhasil mengumpulkan kekayaan hingga 400 juta euro atau setara dengan Rp6,61 triliun. Mengawali karier di Sporting Lisbon, pria kelahiran Madeira 35 tahun silam itu menjelma menjadi monster yang ditakuti semua kiper tim lawan.

(Baca juga: Fakta dan Kontroversi Dibalik Ballon d’Or ke-6 Lionel Messi)

Hal itu yang kemudian membuat Sir Alex Ferguson, pelatih legendaris Manchester United merekrutnya pada musim 2003-2004. Di Manchester United, Ronaldo tumbuh menjadi pesepakbola dengan prestasi luar biasa dan bahkan sempat menyabetr gelar pemain terbaik dunia atau FIFA Balloon D’Or pada tahun 2008.

Prestasi di dalam lapangan bersama Manchester United itu kemudian melambungkan namanya hingga Real Madrid merekrutnya pada 2009 dan memecahkan rekor transfer kala itu.

Bersama Madrid, Ronaldo semakin menjadi pesepakbola yang sempurna. Pendapatannya pun terus menerus naik diiringi dengan banyaknya sponsor atau iklan yang mengontraknya.

Kini, Ronaldo mencari nafkah di Italia bersama Juventus sejak 2 tahun silam. Di Juventus, kapten Timnas Portugal ini digaji hingga 30 juta euro per musimnya. Jumlah tersebut hanya kalah dari rival abadinya, Lionel Messi yang digaji 40 juta euro per musim oleh Barcelona.

Segala prestasi di dalam dan luar lapangan membuat Ronaldo diberikan kontrak seumur hidup sebesar US$1 triliun oleh Nike. Luar biasa Ronaldo!

Mau kaya seperti Ronaldo cs, tetapi gak punya skill bermain bola yang mumpuni? Jangan patah semangat, karena dengan berwirausaha kamu bisa memupuk bisnis rintisan kamu sehingga bisa tumbuh besar dan menghasilkan pemasukan yang besar juga.

Urusan modal awal gak perlu dibikin pusing, karena kamu bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk modal usaha lewat CekAja.com. Syaratnya mudah, prosesnya cepat. Tunggu apa lagi? Ajukan sekarang!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke