Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Pilihan Cara Bayar Kartu Kredit

by JTO on 9 Juni, 2014

Bagaimana cara Anda membayar kartu kredit setiap bulan? Debit otomatis dari rekening bank yang Anda miliki, internet banking, atau bayar langsung ke bank. Semua memang bisa dilakukan. Karena apapun cara yang Anda pilih, yang terpenting adalah mengusahakan agar tagihan kartu kredit dibayar tepat waktu.

Dengan begitu, banyak manfaat yang bisa diterima dari pemakaian kartu kredit Anda, seperti tidak kena biaya keterlambatan (late charge), suku bunga yang lebih rendah, dan nilai kredit Anda pun jadi lebih baik. Karena keterlambatan pembayaran dapat memengaruhi kredibilitas kredit Anda, dan bisa mempersulit Anda mendapatkan pinjaman di masa yang akan datang.

Berikut adalah berbagai cara pembayaran kartu kredit yang bisa Anda lakukan.

1. Debit Otomatis

Salah satu cara mudah untuk membayar kartu kredit adalah melalui pendebitan otomatis. Namun, untuk cara ini syaratnya adalah Anda memiliki tabungan atau rekening di bank yang sama dengan penerbit kartu kredit yang Anda miliki. Anda hanya perlu mengatur mengatur tanggal pembayaran debit otomatis tersebut, dan sesuaikan dengan tanggal jatuh tempo dari kartu kredit yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda tidak akan terlambat untuk membayar tagihan yang ada.

2. Langsung ke Bank Penerbit

Cara ini mungkin bisa dilakukan jika Anda punya banyak waktu untuk datang langsung ke bank. Karena artinya Anda harus antri, dan melakukan setoran tunai untuk membayar tagihan kartu kredit yang Anda miliki. Itulah kelemahan dari cara ini. Selain Anda juga harus berlomba dengan waktu karena disesuaikan dengan jam buka bank, pembayaran cara ini juga akan membebankan biaya administrasi yang cukup lumayan.

3. Melalui ATM

Cara ini mungkin adalah yang banyak digunakan orang. Karena yang harus dilakukan hanya pergi ke ATM dan pilih menu pembayaran kartu kredit. Sebaran mesin ATM yang bisa dijumpai dimanapun, membuat cara ini lebih mudah dilakukan dibanding cara membayar langsung ke bank. Namun, bila ATM yang Anda gunakan tidak sama dengan bank penerbit kartu kredit yang Anda miliki, akan ada biaya administrasi juga untuk cara ini. Jika Anda melakukan pembayaran melalui cara ini melalui ATM bank yang tidak sesuai dengan bank penerbit kartu Anda, yang harus dipastikan adalah nomor kartu kredit yang Anda masukkan sesuai dengan kartu kredit yang Anda miliki.

4. Internet Banking

Bila Anda sudah terdaftar untuk akses internet banking, ini adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan. Dengan bantuan token (alat pengaman tambahan berbentuk seperti kalkulator yang menghasilkan kode rahasia untuk melakukan transaksi finansial di internet banking), Anda dapat dengan aman melakukan pembayaran kartu kredit. Pembayaran dengan cara ini biasanya langsung masuk dalam waktu 24 jam, atau ada juga yang real time.

5. SMS Banking

Untuk melakukan cara ini, syaratnya adalah nomor telepon yang Anda miliki sudah terdaftar untuk melakukan transaksi sms banking. Dalam prosesnya, biasanya ada kode bank penerbit kartu kredit yang Anda miliki untuk dimasukkan. Catat kode tersebut, dan ketik SMS pembayaran sesuai format yang telah ditentukan.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.