Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Pilihan Cemilan Sehat yang Baik untuk Tubuhmu

by Tisyrin N. T on 1 Oktober, 2019

Menerapkan gaya hidup sehat memang gampang-gampang susah ya. Selalu saja ada godaan saat akan memulainya. Nah, buat kamu yang kesulitan menerapkan gaya hidup sehat, bisa dimulai dengan memilih cemilan yang sehat demi mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuhmu.

Buah-buahan Penghilang Stres - CekAja

Menurut seorang ahli gizi, Lily Soutter, hidup sehat terdiri dari 30% olahraga dan 70% asupan makanan. Nutrisi baik merupakan bagian penting dalam menjalani gaya hidup sehat. Jika digabung dengan aktifitas fisik yang baik, maka asupan makanan bisa membantu kita untuk mendapatkan dan mempertahankan berat badan sehat, mengurangi risiko terkena penyakit, dan mempromosikan kesehatan secara keseluruhan.

Banyak orang sudah mulai mengubah kebiasaan makan mereka dengan mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan serta hidangan rendah kalori sebagai makanan utama. Bagi mereka yang sibuk, tersedia banyak katering sehat yang bahkan sudah bisa dipesan melalui media sosial dan aplikasi di gawai.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah camilan yang dikonsumsi diantara makanan utama. Camilan lezat tetapi kurang bergizi memang bisa sangat menggoda. Camilan boleh saja, tetapi perlu diperhatikan kandungan dan porsinya.

Menurut hasil riset dari Snacking Habit Report: Indonesia (2017), rata-rata satu dari tiga orang Indonesia mengonsumsi lebih dari 3 camilan per hari. Walaupun kamu telah mengubah menu makan siang kamu dengan pilihan yang lebih sehat, camilan yang terasa ringan dan tidak mengenyangkan bisa menambah asupan kalori per hari-mu. Akan lebih baik jika kamu bisa lebih sering mengonsumsi camilan sehat yang dapat membantu upaya kamu untuk hidup sehat.

Inilah 5 cemilan sehat yang bisa kamu coba seperti yang direkomendasikan Greenfields Yogurt melalui siaran pers berikut ini:

1. Buah-buahan

Buah mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperti kalium, vitamin, serat dan asam folat. Buah juga rendah dalam lemak, sodium dan kalori serta tidak mengandung kolesterol. Secara umum, mengonsumsi buah-buahan membantu menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung, memperlancar pencernaan dan membuatmu merasa kenyang. Berikut adalah beberapa buah dengan manfaat yang baik untuk tubuh:

Mangga: Mangga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit, menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan mata.

Leci: Leci membantu mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, memperbaiki pencernaan dan menguatkan tulang.

Peach: Buah peach atau buah persik membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kecantikan kulit.

Raspberry: Raspberry dapat mencegah degenerasi makula mata, membantu melawan kanker, memperkuat daya ingat dan mengobati diabetes.

Beri: Buah beri memiliki sifat antibakteri, mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat meredakan sakit kepala.

(Baca juga: Hidup Sehat ala Eyang Habibie: Apa Makanan Favoritnya?)
2. Kacang-kacangan

Kacang adalah camilan bergizi yang ideal, dengan manfaat seperti mengurangi resiko penyakit jantung dan membantu mencegah kanker, depresi dan penyakit lainnya. Kacang memiliki kandungan lemak baik yang cukup tinggi, membuatnya mengenyangkan saat dikonsumsi, dan mengonsumsi kacang dalam jumlah yang wajar dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Keju

Keju yang terbuat dari susu sapi segar adalah sumber kalsium yang bermanfaat untuk tulang dan gigi serta untuk penyembuhan luka dan menjaga tekanan darah. Selain itu, keju juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Sebagai produk hasil fermentasi, keju dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di perut yang memiliki efek baik untuk kolesterol darah.

4. Dark chocolate

Dark chocolate, atau coklat dengan lebih dari 70% kakao adalah camilan yang baik untuk kesehatan. Dark chocolate kaya akan serat, zat besi, dan magnesium, dan dark chocolate juga mengandung jumlah antioksidan yang lebih dibanding makanan lainnya. Mengonsumsi dark chocolate juga dapat memperlancar aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

(Baca juga: Yuk Intip Manfaat Buah Ini Untuk Kesehatan Anak!)
5. Yogurt

Yogurt adalah salah satu produk yang terbuat dari susu yang baik untuk kesehatan. Yogurt yang terbuat dari susu segar mengandung protein dan kalsium yang baik untuk otot dan tulang. Sebagai produk hasil fermentasi susu, yogurt mengandung bakteri baik yang membantu memperlancar pencernaan. Yogurt juga mengandung vitamin B6, B12, kalium dan magnesium.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.