Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

5 Prinsip Bisnis Wedding Organizer yang Perlu Kamu Ketahui

by Miftahul Khoer on 13 Januari, 2020

Bisnis wedding organizer merupakan salah satu bisnis yang potensial. Hal itu disebabkan karena bagi sebagian besar masyarakat, momen pernikahan dianggap sangat penting dan sakral karena hanya dilakukan sekali seumur hidup. 

bisnis wedding organizer

Tidak aneh kalau hal itu membuat mereka menginginkan pernikahan yang terbaik dan istimewa sehingga menimbulkan kebahagiaan ketika dikenang. Tidak hanya bagi pasangan yang menikah, acara pernikahan juga memiliki arti yang besar bagi keluarga kedua mempelai maupun saudara-saudara dan teman dekat.

Peran Penting Wedding Organizer 

Untuk menyelenggarakan acara pernikahan yang istimewa, banyak hal yang harus dipersiapkan. Hal itu meliputi banyak hal seperti pemilihan gaun, makeup, sewa gedung, jasa fotografi, band penghibur, katering, souvenir, dan banyak lagi. Pasangan yang menikah sudah memiliki banyak hal untuk dipikirkan seperti mengurus dokumen pernikahan.

Oleh karena itu, jasa wedding organizer memiliki peran penting untuk mengambil alih urusan persiapan tersebut. Apalagi bagi pasangan yang keduanya bekerja sehingga tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mengurus persiapan pesta.

Karena peran pentingnya itu, jasa wedding organizer makin banyak digunakan oleh pasangan yang akan menikah. Hal itu dikarenakan dengan adanya wedding organizer yang mengurus keperluan pernikahan memang meringankan beban calon pengantin. Bagi mereka, dengan menggunakan jasa wedding organizer semuanya menjadi jauh lebih praktis.

Beberapa alasan mengapa jasa wedding organizer makin banyak digunakan adalah karena adanya sistem paket yang memudahkan sehingga pengantin tidak perlu mencari semua vendor satu per satu. Hal itu sudah menjadi satu dalam paket layanan yang disediakan oleh wedding organizer.

Prinsip Bisnis Wedding Organizer

Melihat potensi pasar ini, tentu merupakan hal yang wajar kalau kemudian bisnis wedding organizer makin menjamur. Banyak orang yang ingin memanfaatkan momen ini untuk ikut memperoleh keuntungan. Apalagi bagi orang yang memang memiliki kemampuan manajerial dan organisasi yang baik, bisnis wedding organizer sangat cocok untuk dijalankan.

Mungkin kamu juga merupakan salah satu orang yang tertarik menggeluti bisnis ini? Selain karena memiliki kemampuan organisasi yang bagus, kamu juga mungkin menyukai bisnis ini karena bisnis seperti ini tidak bersifat harian. Pekerjaan yang dilakukan seasonal per event sehingga kamu tidak perlu bekerja setiap hari dari pagi sampai sore.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjalankan bisnis wedding organizer, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal terkait dengan bisnis ini sehingga ketika menjalankan nanti, bisnismu bisa berjalan lancar atau setidaknya kamu memiliki gambaran yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa hal terkait bisnis wedding organizer bagi kamu yang sedang merencanakan untuk membuka bisnis ini.

1. Modal terbatas
Modal terbatas 5 - Prinsip Bisnis Wedding Organizer yang Perlu Kamu Ketahui
Source: wps.com

Bisnis wedding organizer adalah salah satu bisnis yang bisa dimulai tanpa modal terlebih dahulu atau dengan modal terbatas. Hal ini bisa dilakukan karena umumnya klien akan diminta untuk membayar sejumlah uang down payment (DP) terlebih dahulu. Uang DP ini bisa kamu manfaatkan untuk membayar DP sewa gedung, rias pengantin, band penghibur, katering, dan lain sebagainya. Nantinya kamu bisa meminta uang pelunasan saat semua sudah siap menjelang acara atau setelah acara selesai kalau kamu bisa negosiasi kepada penyedia vendor.

Kamu bisa mengambil keuntungan dari selisih uang harga sewa berbagai vendor ditambah uang jasa yang kamu tentukan sendiri. Tentu saja uang jasa yang kamu tetapkan harus sesuai dengan kualitas layanan yang kamu berikan.

(Baca juga: Cara Tepat Memilih Wedding Organizer Terpercaya)
2. Kepercayaan
Kepercayaan - 5 Prinsip Bisnis Wedding Organizer yang Perlu Kamu Ketahui
Source: medium.com

Karena bergerak di bidang jasa, bisnis wedding organizer bisa berjalan lancar dengan adanya kepercayaan. Kepercayaan ini bisa kamu dapatkan dengan cara selalu memberikan pelayanan terbaik kepada klien. Ketika klien puas dengan hasil kinerjamu, bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan bisnis wedding organizer-mu kepada teman atau kerabat mereka yang akan menikah.

Selain itu, tamu undangan yang hadir juga akan dapat menilai kualitas pelayanan yang kamu berikan. Jika suatu hari mereka membutuhkan jasa wedding organizer, kemungkinan besar mereka akan mengontakmu dan menggunakan jasamu.

Kepercayaan ini juga berlaku tidak hanya dengan klien tapi juga dengan para penyedia vendor seperti makeup artist, pemilik katering, dan lain sebagainya. Hubungan kerja sama yang baik memungkinkanmu untuk bisa mendapatkan harga yang lebih murah sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

3. Portofolio
Portofolio - 5 Prinsip Bisnis Wedding Organizer yang Perlu Kamu Ketahui
Source: darrenflemingphotography.co.uk

Untuk mendapatkan kepercayaan klien, mau tidak mau kamu harus memiliki portofolio. Untuk mengumpulkan portofolio di awal membangun bisnis wedding organizer, kamu bisa menawarkan kepada saudara dan teman terdekat terlebih dahulu. Berikanlah harga yang sedikit lebih murah. Semakin sering kamu mengurus pernikahan orang, kamu akan semakin banyak mengumpulkan portofolio. Portofolio ini nantinya bisa kamu tunjukkan kepada calon klien.

Ketika bisnismu sudah berjalan dan kamu memiliki cukup banyak uang, kamu bisa mulai mengikuti pameran-pameran wedding yang biasanya diselenggarakan. Calon pengantin akan bisa melihat layanan apa saja yang kamu tawarkan dan mempertimbangkan kemungkinan mereka menggunakan jasa wedding organizer-mu. Oleh karena itu saat mengadakan pameran, tunjukkanlah sisi terbaik dan kelebihanmu dibanding jasa wedding organizer lain.

4. Komunikasi
Komunikasi - 5 Prinsip Bisnis Wedding Organizer yang Perlu Kamu Ketahui
Source: thespruce.com

Untuk memastikan klien puas dengan layananmu, kamu tidak bisa melewatkan faktor terpenting yaitu komunikasi. Dengarkan baik-baik keinginan klien. Diskusikan hal-hal tersebut dengan budget yang dimiliki klien. Kemudian carikan model acara yang paling sesuai untuk mengakomodasi keinginan tersebut sesuai dengan budget.

Ingat, klien adalah raja yang keinginannya harus penuhi sebaik mungkin. Jangan pernah menjanjikan hal yang terlalu muluk kalau faktanya tidak bisa kamu kabulkan. Misalnya kamu menjanjikan venue di hotel berbintang padahal budget klien terbatas. Kemudian di saat-saat akhir kamu mengubah venue karena budget tidak mencukupi. Hal ini akan membuat klien kecewa. Sebaiknya, komunikasikan baik-baik dari awal.

5. Delivery
Delivery - 5 Prinsip Bisnis Wedding Organizer yang Perlu Kamu Ketahui
Source: baliweddingco.com

Delivery dalam hal ini adalah layanan yang kamu berikan kepada klien. Sebagai wedding organizer, tugasmu tidak hanya saat acara diadakan. Melainkan sebelum, saat, dan sesudah. Kamu harus menjaga kualitas layanan yang sama.

Biasanya pengantin sudah memiliki banyak hal lain untuk dipikirkan. Tugasmu adalah meringankan beban pikiran mereka. Berikanlah kualitas layanan yang terbaik. Mulai sebelum acara, kamu harus mendengarkan baik-baik permintaan klien. Saat acara, kamu harus bertugas maksimal dengan tim yang profesional. Kemudian sesudahnya, kamu bisa mengurus hal-hal seperti pengembalian gaun, sampai memastikan hasil dokumentasi sesuai dengan yang kamu janjikan.

Begitulah beberapa hal terkait bisnis wedding organizer yang bisa kamu perhatikan sebelum memulai bisnis ini. Saat ini bisnis wedding organizer makin meningkat potensinya seiring dengan meningkatnya kesibukan dan kesejahteraan hidup masyarakat.

(Baca juga: Intip Persiapan Menikah Mulai Dari Budget, Konsep, hingga Kendalanya)

Sebagai pelaku bisnis wedding organizer, kamu juga bisa mengadakan sistem paket sehingga bisa menjangkau lebih banyak kelas klien. Kamu bisa menetapkan range harga yang variatif mulai dari paket ekonomis sampai premium. Selanjutnya kamu tinggal menyesuaikan kualitas layanan berdasarkan harga tersebut. Dengan begitu kamu bisa menjangkau lebih banyak klien dari berbagai latar belakang ekonomi sehingga pertumbuhan bisnismu makin meningkat.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.