Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Rekomendasi Naked Bike yang Bikin Autoganteng

by Miftahul Khoer on 6 November, 2019

Tidak dapat dimungkiri sepeda motor masih menjadi alat transportasi yang paling digemari masyarakat Indonesia. Dengan kendaraan roda dua ini, perjalanan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lincah guna menghindari kemacetan.

Dari beragam jenis kuda besi yang beredar di pasaran, sepeda motor aliran naked nike barangkali menjadi salah satu jenis yang diidamkan untuk dimiliki. Sebab, selain nyaman digunakan untuk bertualang atau touring, sepeda motor jenis ini juga cocok ditunggangi untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Nah, untuk kamu yang tengah bingung menentukan pilihan, berikut rekomendasi naked bike yang bisa kamu pilih tahun ini.

1. Kawasaki Z650

Berbicara soal naked bike, rasanya belum lengkap jika belum memasukkan nama Kawasaki ke dalam daftar jenis sepeda motor yang satu ini. Di lini sepeda motor, produsen asal Negeri Sakura ini memang lebih dikenal memproduksi motor-motor sport. Di lini ini, ada Kawasaki Z650 yang bisa kamu pertimbangkan untuk sahabat jalanan kamu.

Kawasaki Z650 dibekali dengan mesin 649 cc paralel twin DOHC. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 69 tk pada putaran 8.000 rpm. Adapun torsi 65,7 Nm dapat dihasilkan pada putaran 6.500 rpm.

Hadir dengan transmisi enam transmisi, Kawasaki seri ini memiliki rangka baja dengan berat 37 lbs lebih ringan dibanding motor sport Kawasaki biasanya. Pengurangan bobot tersebut tentu membuat kinerja Kawasaki Z650 semakin baik dan agresif di jalanan.

2. Ducati Monster 1200

Ducati bukanlah nama yang asing di dunia sepeda motor, terutama bagi mereka penyuka motor sport Eropa. Adapun seri Monster sendiri sudah lebih dari 20 tahun menghiasi jalan raya dunia.

Menginjak tahun 2013 silam, Ducati merilis seri Monster terbesar berjuluk Ducati Monster 1200 pada ajang pameran motor EICMA. Memiliki tampilan yang gagah, naked bike ini dibekali dengan mesin 1200 cc Testastretta V-Twin.

(Baca juga: Setuju atau Tidak Kalau Sepeda Motor Bisa Masuk Jalan Tol?)

Mesin sebesar itu menawarkan tenaga maksimum hingga 147 hp dan torsi sekitar 123 Nm. Tenaga dari mesin tersebut jelas membuat pengalaman berkendara yang menyenangkan sekaligus menarik perhatian di jalan raya.

3. Suzuki GSX-S1000

Lama bergelut di lini motor sport, kehadiran produk Suzuki tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk jenis naked bike, Suzuki GSX-S1000 bisa diperhitungan sebagai tunggangan yang menawarkan kecepatan dan stabilitas.

Dibekali dengan mesin 1000 cc, naked bike besutan produsen asal Jepang ini mampu menghasilkan tenaga hingga 150 hp. Adapun torsi 108 Nm mampu dihasilkan pada 9.500 rpm.

Tenaga yang ditawarkan Suzuki GSX-S1000 tersebut dipadukan dengan fitur Slipper Clutch. Fitur ini bakal membuat perpindahan gigi rendah menjadi lebih halus. Selain itu, fitur ini menjamin roda belakang tidak akan mengunci saat dilakukan manuver.

4. Yamaha FZ-10

Seri FZ-10 menjadi salah satu lini naked bike yang ditawarkan Yamaha bagi pencinta motor jenis ini. Saat berada di jalanan, Yamaha FZ-10 mungkin sangat mudah dikenali. Sebab, naked bike ini hadir dengan front-end yang stylish.

Hadir dengan bobot 210 kg, Yamaha FZ-10 dibekali dengan mesin 998 cc. Dengan mesin itu, naked bike ini mampu menghasilkan tenaga 160 hp. Sementara itu, torsi sebesar 111 Nm dapat dihasilkan pada putaran 9.000 rpm.

(Baca juga: Cek 4 Hal Penting Ini Sebelum Beli Sepeda Motor)

Selain itu, produsen asal Jepang ini membekali FZ-10 dengan aksesori bawaan, seperti knalpot akrapovic, medium height sport screen, comfort seat, serta quick shifter.

5. BMW S1000R

BMW S1000R sangat cocok untuk kamu yang mencari motor premium yang bisa ditunggangi secara praktis pada hari kerja, namun bisa ganas di akhir pekan. Naked bike besutan perusahaan asal Jerman ini memang dirancang untuk pengendara yang doyan kecepatan dan kestabilan.

BMW S1000R dibekali dengan mesin berkapasitas 999 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 165 hp. Sementara torsi maksimal adalah 114 Nm pada 9.250 rpm. Menariknya, mesin yang ditanamkan pada BWW S1000R tersebut telah mengantongi sertifikat lolos uji emisi EURO 4.

Kalau salah satu dari lima naked bike  itu sudah nongkrong di garasi rumah kamu, jangan lupa dirawat ya. Lindungi juga dengan asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.