5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Solo

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Menjadi salah satu kota yang sering dijadikan destinasi wisata, membuat Kota Solo mempunyai beberapa oleh-oleh favorit dan murah khas Solo yang jadi incaran banyak wisatawan.

oleh-oleh khas solo

Solo atau yang mungkin dikenal dengan Surakarta merupakan suatu kota yang cukup populer di daerah Jawa Tengah. Tidak hanya terkenal karena sejarahnya yang panjang, tetapi Solo juga terkenal dengan beberapa destinasi menarik untuk dikunjungi.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Solo sangat identik dengan beragam oleh-oleh khas daerahnya. Mulai dari cemilan yang manis hingga asin.

Terlebih, harga yang ditawarkan pun cukup murah meriah. Maka dari itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum lima rekomendasi oleh-oleh favorit dan murah khas Solo yang wajib kamu coba.

Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Solo

1. Intip

Intip - 5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Solo

Oleh-oleh favorit dan murah khas Solo yang pertama adalah Intip. Makanan ringan yang satu ini merupakan makanan orang-orang yang ada di pedesaan. Namun, intip kini menjadi salah satu oleh-oleh primadona yang sering kali diburu wisatawan untuk dijadikan buah tangan.

Sejatinya, intip dibuat dengan bahan dasar kerak nasi yang melekat pada panci. Kemudian, kerak nasi yang sudah diambil tersebut dijemur dibawah panas sinar matahari hingga kering. Setelah itu, intip digoreng di dalam minyak panas.

Oleh-oleh favorit dan murah khas Solo yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih, asin dan renyah. Rasa gurih tersebut berasal dari sari nasi yang mengumpul pada kerak nasi itu sendiri. Namun tidak hanya itu, intip juga mempunyai varian rasa manis, yang berasal dari karamel gula jawa.

Camilan sederhana ini bagi sebagian orang sering dijadikan sebagai makanan pendamping, seperti misalnya untuk makan mie ayam, bakso, ataupun makanan berkuah lainnya seperti soto.

Kamu bisa menemukan intip di berbagai toko oleh-oleh khas Solo. Untuk bisa mendapatkan camilan yang satu ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000,- – Rp 20.000,-.

Harga tersebut merupakan harga kisaran, jadi setiap toko memiliki harga yang berbeda. Maka dari itu, pastikan kamu pintar-pintar memilih toko oleh-olehnya ya!

2. Ampyang

Ampyang - 5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Solo

Ampyang merupakan oleh-oleh favorit dan murah khas Solo selanjutnya. Dimana, camilan yang satu ini memiliki cita rasa manis dan legit. Hal tersebut yang membuat ampyang juga disebut sebagai gula kacang.

Ampyang dibuat dari bahan dasar kacang, jahe dan gula merah. Tidak hanya itu, cara membuat ampyang pun cukup mudah. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melelehkan terlebih dahulu gula jawa merah, kemudian campurkan kacang tanah lalu dicetak sesuai dengan seleramu.

Memiliki perpaduan cita rasa manis, gurih dan sedikit hangat, membuat camilan yang satu ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh atau kopi panas. Terlebih jika dinikmati saat cuaca dalam keadaan dingin atau musim hujan.

Ampyang mungkin akan sulit ditemukan di kota-kota selain Solo. Namun, jika berada di kota Solo, camilan ini sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh khas Solo.

Untuk bisa mencicipi ampyang, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 4.000,- – Rp 15.000,- /bungkus, tergantung dari besar kecil ukurannya. Bagaimana, sangat murah bukan?

3. Serabi Solo

Serabi Solo - 5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Solo

Oleh-oleh favorit dan murah khas Solo berikutnya adalah Serabi Solo. Berbeda dengan serabi pada umumnya, serabi Solo ini dibuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan santan.

Camilan yang satu ini memiliki proses pembuatan yang cukup mudah. Yaitu kamu cukup menggoreng adonan tepung beras yang sudah dicampur santan ke dalam cetakan bulat di atas arang. Dimana, cara pembuatan serabi ini mirip seperti cara membuat panekuk (pancake).

Seiring dengan perkembangan zaman dan berbekal ide-ide bisnis dari anak muda, membuat serabi solo ini memiliki aneka ragam topping. Mulai dari topping Nangka, pisang, coklat meses, hingga taburan keju.

Tidak hanya itu, aneka ragam bubuk perasa pun ditambahkan ke dalam adonan utama serabi. Mulai dari bubuk pandan, green tea, strawberry, coklat hingga vanilla. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menarik minat konsumen dan mempertahankan eksistensi.

Sejatinya, serabi yang sudah ada sejak tahun 1920 ini memiliki rasa yang manis, gurih dan lembut. Untuk bisa mencicipi Serabi Solo ini kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 1.800,- – Rp 2.000,- /piece. Harga tersebut tergantung dari varian rasa serabi yang kamu inginkan.

Banyak sekali toko oleh-oleh Solo yang menjajakan serabi Solo, dan salah satunya yang terkenal adalah Serabi Notosuman. Dimana, toko yang buka dari jam 7 pagi ini berlokasi di Jl. Mohammad Yamin No. 28 Solo. Pastikan kamu mempersiapkan uang lebih dan datang pagi ya sebelum kehabisan.

(Baca Juga: Inilah Pilihan Oleh-Oleh Favorit dan Murah Khas Pekalongan)

4. Roti Kecik Ganep

Roti Kecik Ganep - 5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Solo

Oleh-oleh favorit dan murah khas Solo yang keempat adalah Roti Kecik Ganep. Dimana, roti ini dalam bahasa jawa memiliki arti isi dari buah sawo. Tidak hanya itu, roti ini juga menjadi favoritnya Raja Surakarta yaitu Sinuhun Pakubuwono X pada masa itu.

Sesuai dengan arti namanya, bentuk dari roti ini pun kecil seperti isi buah sawo (kecik). Namun untuk rasa tidak perlu diragukan, karena roti ini memiliki rasa yang sangat lezat. Sehingga banyak wisatawan yang sengaja datang ke Kota Solo untuk mencicipi roti kecik ganep ini.

Sejak zaman dahulu, roti yang identik dengan kota Solo ini dibuat dari bahan dasar beras ketan. Namun, seiring berjalannya waktu dan mengikuti perkembangan zaman, roti ini memiliki bentuk yang sangat bervariasi.

Beberapa bentuk roti kecik ganep diantaranya yaitu bentuk kelereng, gerigi yang juga ditambahkan dengan coklat serta taburan pemanis dengan warna-warna cantik yang sangat menarik.

Meskipun kini tersedia dalam berbagai macam variasi, namun roti kecik ganep tetap mempertahankan cita rasa aslinya. Dimana, rasa asli dari roti kecik ganep ini gurih dan manis. Selain itu, roti ini akan sangat lezat jika disantap saat waktu senggang sembari ditemani dengan secangkir teh hangat.

Oleh-oleh favorit dan murah khas Solo yang satu ini dapat bertahan lama apabila disimpan dalam penyimpanan yang baik. Jika ingin mendapatkan roti ini sebagai buah tangan, kamu bisa mendapatkan di beberapa toko oleh-oleh khas Solo yang menjajakan camilan ini.

Tidak hanya itu, roti kecik ganep juga disajikan dalam berbagai ukuran kemasan, yaitu dari 45 gram hingga 600 gram. Kemudian, harga yang ditawarkan pun cukup beragam.

Untuk kemasan yang paling kecil, roti kecik ganep dibanderol dengan harga Rp 4.500,-. Sedangkan untuk kemasan paling besar, roti ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 57.000,-.

5. Serbat Jahe Solo

Serbat Jahe Solo - 5 Rekomendasi Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Solo

Oleh-oleh favorit dan murah khas Solo yang terakhir adalah serbat jahe Solo. Sejatinya, serbat jahe merupakan sajian minuman jahe khas Solo. Dimana, minuman ini berbeda dengan wedang jahe karena dijual dalam bentuk tablet.

Serbat jahe dibuat dari bahan dasar olahan jahe dan rempah-rempah layaknya jamu. Maka dari itu, minuman ini dapat menghangatkan tubuh. Tidak hanya itu, serbat jahe juga memiliki manfaat untuk menghilangkan pegal-pegal, masuk angin dan perut kembung.

Serbat jahe akan sangat cocok apabila dinikmati saat malam hari atau ketika udara sedang dingin maupun musim hujan. Namun, juga tidak kalah nikmat jika dinikmati di pagi hari, karena akan membuatmu semakin bersemangat saat mengawali hari.

Jika kamu tertarik untuk membeli serbat jahe sebagai oleh-oleh, kamu bisa menemukannya di banyak toko oleh-oleh khas Solo yang menjajakan minuman ini. Apabila kamu sudah membelinya, pastikan diminum dan dinikmati bersama keluarga ya.

Nah, lima rekomendasi oleh-oleh favorit dan murah khas Solo sudah kamu ketahui di atas. Bagaimana, sangat menggugah selera bukan? Terlebih harga yang ditawarkan pun tidak akan bikin kantong kamu jebol.

Namun, alangkah baiknya jika sebelum membeli oleh-oleh favorit dan murah khas Solo ini, kamu memastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah dilindungi dengan asuransi perjalanan saat pergi ke kota Solo ini.

Jika belum, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengajukan asuransi perjalanan di CekAja.com. Perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani