Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

5 Rekomendasi Podcast Indonesia, Milenial Wajib Dengar

by Nadhillah Kusindriani on 19 Februari, 2020

Siapa sih yang tidak tahu dan tidak mendengarkan podcast? Khususnya generasi millennial saat ini. Banyak sekali rekomendasi podcast Indonesia yang bisa kamu dengarkan. Untuk itu, di bawah ini CekAja.com akan mengulas lengkap rekomendasi podcast Indonesia dan serba-serbinya.

rekomendasi podcast indonesia

Apa Itu Podcast?

Kamu pasti sudah sering mendengar orang-orang berbicara soal podcast hingga ramai membuat podcast. Namun, apakah kamu tahu definisi dari podcast itu sendiri dan bagaimana asal usulnya, sampai bisa menjadi trend di Indonesia? Yuk kita ulas bersama-sama!

Podcast yang merupakan singkatan dari iPod dan Broadcast ini, sejatinya adalah siaran ­non-streaming yang disampaikan melalui sebuah audio. Meski serupa dengan radio, namun kamu diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu podcast yang ingin di dengarkan.

Melansir zaipad.com, hadirnya podcast berawal dari ide yang muncul pada sebuah meeting pembuatan program iPodder yang dilakukan oleh Adam Curry, mantan VJ MTV dengan Dave Winer, software developer pada 2020.

Pada saat itu, ide membuat podcast tercipta dan mulai dikembangkan, hingga akhirnya Adam berhasil menulis sebuah program bernama iPodder pada 2004. Program tersebut memungkinkan dirinya untuk mengunduh Internet radio broadcast secara otomatis ke iPod miliknya.

iPodder semakin dikembangkan oleh beberapa software developer, hingga akhirnya istilah podcasting muncul secara resmi sejak saat itu. Tepatnya ketika Ben Hammersley, seorang jurnalis asal Inggris sedang merevisi artikel mengenai fenomena ramainya pengunduhan program audio di Internet untuk diberikan kepada editor saat itu.

Seiring berjalannya waktu, podcast mulai dikenal di Indonesia. Generasi pertama yang mulai menggunakan podcast adalah Boy Avianto pada 2005. Kala itu, ia bersama temannya, Rane Hafied mencoba mengunduh hasil siaran dan wawancara radio ketika masih bersekolah di Jerman.

Pekerjaannya sebagai penyiar radio, membuat Rane tidak asing dengan podcast dan sistem kerjanya. Karena sejatinya, podcast ditujukan untuk orang-orang yang tertinggal mendengarkan siaran radio.

Meski Boy dan Rane merupakan pengguna podcast pertama asal Indonesia, namun kini Rane berjalan sendiri, karena Boy berhenti dan memilih untuk berkarir menjadi seorang desainer di New York.

Menurut hasil analisis Boy, orang-orang Indonesia lebih menyukai podcast yang menghibur, membahas soal bisnis dan teknologi. Tidak hanya itu, Rane melakukan survey real count dan mendapatkan hasil bahwa kurang lebih ada 80 kanal podcast di Indonesia pada awal tahun 2018.

Angka tersebut terus melesat hingga 300 di awal tahun 2019. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap podcast, baik hanya mendengarkan atau pun membuat channel podcast sendiri.

Menariknya, podcast tidak hanya dilakukan oleh pribadi atau sekelompok orang saja. Melainkan beberapa perusahaan besar kini sudah mulai merambah podcast sebagai media promosi produk untuk memberikan sudut pandang baru kepada konsumen.

Nah, kini kamu sudah mengetahui asal-usul hadirnya podcast. Sebelum CekAja.com memberikan rekomendasi podcast Indonesia, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja kekurangan dan kelebihan podcast

(Baca Juga: Mengenal Netflix dan Spotify yang Pajaknya Tengah Dibidik Pemerintah!)
Kelebihan dan Kekurangan Podcast

Sama seperti jenis aplikasi pada umumnya, podcast memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut, di antaranya akan dijelaskan berikut ini.

Kelebihan
  • Bisa didengar berulang
  • Bisa memilih topik yang ingin didengar
  • Bisa mengunduh podcast yang disukai
  • Memiliki topik yang beragam
  • Tidak memerlukan biaya besar untuk membuatnya
  • Bisa didengarkan dimana saja dan kapan saja
  • Gratis
Kekurangan
  • Bersifat non-streaming, harus mengunduh terlebih dahulu podcast yang ingin didengar
  • Banyak channel amatir
  • Tidak ada filter bahasa
Perbedaan Podcast dan Radio

Sudah jelas, podcast berbeda dengan radio. Pasalnya, radio merupakan siaran streaming sedangkan podcast non-streaming. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pendengar podcast diwajibkan untuk mengunduh terlebih dahulu sebelum mendengarkannya.

Untuk lebih jelasnya, berikut tabel perbedaan Podcast dan Radio.

Podcast Radio
Non-Streaming Streaming
Bisa di download Tidak bisa di download
Bisa di dengar berulang tidak bisa di dengar berulang
Lagu yang diputar sedikit Lagu yang diputar banyak
Sedikit iklan Banyak iklan
Bisa berlangganan Tidak bisa berlangganan
Tersedia di banyak platform
(Spotify, Soundcloud, dan lainnya)
Hanya bisa didengar di stasiun radio
tersebut ketika sedang siaran
Semua orang bisa membuat podcast Hanya orang-orang tertentu yang bisa
menjadi penyiar radio
Tidak bisa live interaction Bisa live interaction dengan pendengar
Banyak tema podcast yang bisa dipilih Umumnya tema yang bisa dipilih terbatas
Aplikasi Penyedia Podcast

Bagi kamu yang ingin mendengarkan atau membuat podcast, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang menyediakan fitur podcast, di antaranya akan dijelaskan di bawah ini.

  • Spotify

Aplikasi penyedia podcast yang pertama adalah Spotify. Generasi milenial saat ini pasti sudah banyak yang menggunakan aplikasi streaming musik yang satu ini. Spotify menyediakan fitur podcast yang bisa kamu dengarkan dan gunakan dengan bebas dan gratis.

Hanya saja, agar bisa mendengarkan musik atau podcast favoritmu dengan puas tanpa adanya gangguan iklan, kamu bisa berlangganan spotify premium dan membayarnya sesuai dengan jenis berlangganan yang kamu pilih.

Aplikasi

  • Soundcloud

Selanjutnya ada Soundcloud. Aplikasi berbagi musik dan audio ini juga memiliki fitur podcast yang bisa didengarkan dari banyak akun yang ada di Soundcloud.

Kamu juga bisa mulai membuat podcast secara mudah, hanya dengan merekam audio untuk langsung kamu bagikan di sini.

  • Apple Podcast

Berikutnya Apple Podcast. Aplikasi khusus pengguna hp Apple ini cukup terkenal di kalangan pendengar podcast. Sebab, disini tersedia banyak podcast favorit yang bisa kamu dengarkan.

  • Google Podcast

Keempat ada Google Podcast. Aplikasi yang dirancang khusus untuk pengguna Android ini, bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play. Sebagai aplikasi keluaran Google, maka Google Podcast secara langsung akan terhubung dengan Google Assistant yang akan memudahkan mu mendengarkan podcast di berbagai macam device.

  • Anchor

Yang terakhir ada Anchor. Aplikasi podcast ini bisa kamu gunakan secara gratis. Terlebih, Anchor memiliki banyak fitur yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah editing.

Fitur ini memudahkan mu dalam mengedit rekaman audio. Setelah itu, kamu bisa langsung membagikannya ke beberapa platform seperti Google Podcast atau Apple Podcast.

(Baca Juga: Daftar Situs Download Lagu Gratis, Gak Perlu Streaming Lagi)
Rekomendasi Podcast Indonesia

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui definisi podcast, asal-usul hingga kelebihan dan kekurangannya. Kini saatnya kamu mengetahui apa saja rekomendasi podcast Indonesia versi CekAja.com. Untuk itu, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

1. Podcast Awal Minggu

Rekomendasi podcast Indonesia yang pertama adalah Podcast Awal Minggu. Sesuai dengan namanya, podcast yang dipandu oleh Adriano Qalbi ini hadir di setiap awal minggu. Durasi podcast awal minggu ini kurang lebih 1 jam.

Podcast yang satu ini membahas tentang kehidupan sehari-hari Adriano selama satu minggu penuh. Pekerjaan Adriano sebagai stand up comedy membuat podcast ini dibawakan dengan obrolan-obrolan seru serta canda tawa yang akan menghibur dan menemani hari-hari mu.

2. Podcast Subjective

Rekomendasi podcast selanjutnya adalah Podcast Subjective. Podcast milik Iqbal Hariadi ini berisi tentang banyak hal. Di mana, Iqbal akan membahas seputar tips & trik tentang pendidikan, startup, pengembangan diri, kesehatan, maupun kehidupan sehari-hari dan beberapa hal yang sedang trending di kalangan masyarakat.

Meskipun di podcast ini hanya Iqbal yang menjadi host, namun kerap kali Iqbal menghadirkan guest star atau narasumber, baik satu atau beberapa narasumber.

3. Rapot

Berikutnya ada Rapot yang masuk ke dalam rekomendasi podcast Indonesia. Podcast ini berbeda dari dua podcast di atas karena dibawakan oleh empat orang host kocak, di antaranya Reza, Anka, Abigail dan Radhini.

Kamu dijamin ketawa terbahak-bahak hingga merintih sakit perut karena mendengar podcast yang satu ini. Meski begitu, Rapot tetap memiliki faedah yang bisa kamu ambil, lho.

4. Makna Talks

Keempat ada Makna Talks. Rekomendasi podcast Indonesia versi CekAja.com yang satu ini wajib kamu dengar. Pasalnya, podcast yang dipandu oleh Iyas Lawrence ini akan memberikan mu obrolan-obrolan seru penuh makna.

Tidak hanya itu, Makna Talks kerap kali menghadirkan bintang tamu yang inspiratif. Podcast yang diproduseri oleh Keenan Pearce dan Ernanda Putra, selaku pendiri Makna Talks ini sangat cocok didengarkan untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris. Pasalnya, podcast ini dibawakan dengan bahasa Inggris yang easy listening banget.

5. Box2Box

Rekomendasi podcast Indonesia yang terakhir ada Box2Box. Podcast yang satu ini sangat cocok untuk kamu penggemar sepak bola. Di sini, Pangeran Siahaan, Justin Lhaksana dan Tio Prasetyo selaku host akan membuat mu merasa kesal, tersinggung bahkan tertawa terbahak-bahak.

Penasaran, bagaimana aksi tiga host tersebut di podcast Box2Box? Langsung aja dengerin di platform-platform kesayanganmu. Untuk bisa mendengarkannya dengan puas tanpa gangguan iklan, kamu bisa berlangganan harian, mingguan atau pun bulanan.

Kamu cukup membayar biaya berlangganan menggunakan kartu kredit. Jika kamu belum memiliki kartu kredit, jangan khawatir. Langsung saja ajukan dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Ajukan sekarang, yuk!

Tentang Penulis