Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Rekor Transfer Musim Dingin di Tahun 2016, Klub Kecil Jadi Rajanya!

by Rafly Aditia on 23 April, 2016

Dalam sepak bola, transfer pemain menjadi salah satu hal yang paling sering diperbincangkan. Bukan hanya sekedar menguji kualitas sang pemain untuk menapaki level yang baru dan loyalitas. Tetapi juga mengukur seberapa berharganya pemain tersebut.

Untuk itu, tidak ada salahnya kita menoleh ke beberapa bulan yang lalu. Ternyata, ada beberapa pemain yang berhasil mencetak rekor transfer tertinggi pada musim 2015/2016.

Menariknya, beberapa transfer tersebut justru dilakukan oleh tim-tim dari liga non Eropa. Lebih lengkapnya, berikut 5 transfer paling mahal di bursa musim dingin tahun 2016:

Oumar Niasse, 17,9 juta euro

El Hadji Baye Oumar Niasse alias Oumar Niasse, menduduki posisi kelima dalam daftar kali ini. Pemain sepak bola asal Senegal tersebut berpindah dari Lokomotiv Moscow ke Everton di bursa transfer musim dingin dengan nilai 17,9 juta euro atau setara dengan Rp 235 miliar. Bayangkan, berapa  ratus rumah di Jakarta yang bisa dibeli dengan uang senilai itu.

Gervinho, 18 juta euro

Sempat mencicipi kerasnya Liga Primer Inggris bersama Arsenal, dan ketatnya Liga Serie A dengan AS Roma. Kini Gervinho telah memakai kostum Hebei China Fortune.

Pemain yang terkenal mengandalkan kecepatan lari tersebut pindah ke klub asal Cina dengan nilai transfer 18 juta euro. Angka yang cukup fantastis mengingat performanya di Serie A tidak terlalu baik.

Elskon, 18,5 juta euro

Menarik, transfer yang memberikan kejutan pada dunia bukan lagi dari dataran Eropa tetapi dari liga sepak bola Cina. Elkeson ditransfer dari Guangzhou Taobao ke Shanghai SIPG dengan nilai transfer yang sangat besar untuk ukuran klub sepakbola Asia. Pemain yang pindah pada tanggal 21 Januari 2016 silam tersebut mencatat nilai kepindahan hingga 18,5 juta euro atau setara Rp 274 miliar.

(Baca juga: 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Kalau Mau Sukses Berbisnis)

Gianelli Imbula, 24,25 juta euro

Kali ini wakil Liga Primer Inggris menunjukkan tajinya di bursa transfer musim dingin bulan Januari lalu. Tetapi bukan Liverpool, Chelsea, atau Manchester United melainkan tim papan tengah Stoke City yang menggelontorkan dana besar. Stoke City membajak Giannelli Imbula dari FC Porto dengan mahar 24,25 juta euro

Ramires, 28 juta euro

Sempat merasakan manisnya tahta Liga Primer Inggris dan Liga Champions bersama Chelsea, gelandang asal Brazil, Ramires akhirnya pindah klub.

Pemain berusia 29 tahun tersebut memutuskan pindah ke klub Cina, Jiangsu Suning dengan nilai transfer yang cukup mengejutkan yaitu senilai 29 juta euro.

Apabila transfer kelima pemain tersebut ditotal maka nilai keseluruhannya adalah 106,6 juta euro atau setara dengan 1,5 triliun rupiah. Wow, benar-benar fantastis mengingat transfer tersebut dilakukan di jeda musim dingin dan dilakukan oleh klub-klub kecil.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami