Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Resep Sederhana Jokowi Tetap Sehat dan Bugar Meski Berpuasa

by Gentur Putro Jati on 31 Mei, 2019

Menjadi seorang Kepala Negara, mengharuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk selalu bepergian ke berbagai daerah di Indonesia maupun ke luar negeri demi menjalankan tugas kepresidenan. Aktivitas tersebut tetap dijalankan Jokowi tanpa henti, meski tengah berpuasa.

Kita semua pasti penasaran, bagaimana cara mantan Walikota Solo itu bisa menjaga kesehatan di tengah kesibukannya bukan? Nah ternyata, Jokowi sendiri tidak pelit berbagi resep sederhana yang selalu dilakukannya setiap hari untuk tetap bugar.

Resep tersebut diungkapkannya saat bersilaturahmi sekaligus berbuka puasa bersama para wartawan Istana Kepresidenan di Kawasan Abdul Muis, Jakarta, Selasa (14/5) lalu. Berikut rangkumannya:

  1. Minum jamu temu lawak tiap pagi

Sebagai orang Jawa tulen, Jokowi sudah terbiasa minum berbagai ramuan jamu buatan orang tuanya sejak kecil. Hal tersebut bahkan terus dilakukannya sampai saat ini. Temu lawak disebutnya sebagai jamu yang bisa menjaga badan tetap bugar.

“Kalau mau agak enak campur jahe sedikit. Saya sudah beberapa kali mengungkapkan manfaat temu lawak ke wartawan, namun tidak diikuti,” katanya sambil terkekeh.

(Baca juga: Wow, Pemerintahan Jokowi Kembali Raih Predikat WTP!)

Melalui akun resmi Facebooknya, Jokowi juga pernah mengunggah video seorang juru masaknya bernama Tri Supriharjo yang sedang meracik jamu andalan tersebut. Bahan bakunya juga cukup mudah dicari, yaitu delapan potong temulawak, enam potong kunyit, dan tiga potong jahe. Berani coba?

  1. Minum kelapa hijau untuk detoks

Selain rutin minum jamu, Jokowi juga selalu minum air kelapa hijau tiga kali dalam seminggu. Ia menyebut air kelapa hijau sangat manjur untuk mendetoksifikasi semua racun yang ada di tubuh.

“Kelapa muda tidak pakai gula, tidak pakai apa-apa, gelondongan saja,” ujar Jokowi.

  1. Olahraga secukupnya

Di tengah kesibukannya mengurus negara, Jokowi selalu menyempatkan diri untuk berolahraga di sekitar lingkungan Istana Negara. Tidak perlu olahraga yang berat, yang penting badan bisa bergerak.

“Olahraga saya juga sebenarnya tidak banyak, paling dua-tiga kali lari seminggu,” katanya.

  1. Ngendepke pikir

Sebagai seorang presiden, Jokowi dikelilingi banyak anak buah yang membantunya menjalankan roda pemerintahan. Mulai dari para Menteri, staf ahli, staf khusus, badan intelijen, akademisi, dan lain sebagainya.

Namun, tidak semua hal atau tidak semua masalah negara bisa disampaikan ke sembarang orang. Jika sudah menemukan suatu persoalan yang tidak juga terselesaikan, satu-satunya cara yang dilakukan Jokowi adalah mengendapkan pikiran.

“Bahasa Jawanya ngendepke pikir, saat banyak persoalan tidak selesai endapkan pikiran. Itu saja, mengendapkan pikiran,” ujarnya.

Dengan mengendapkan pikiran, Jokowi bilang ia selalu terhindar dari curhat yang tidak perlu ke orang lain yang justru malah membuat masalah menjadi lebar dan tidak terselesaikan.

  1. Cukup istirahat

Sesibuk apapun hidup kamu, jangan pernah mengurangi porsi istirahat setiap hari. Hal itu menurut Jokowi selalu disempatkannya ketika memungkinkan.

 “Tidur banyak. Bukan banyak tidur ya. Dalam perjalanan di mobil 15 menit, di pesawat setengah jam. Itu cukup. Kalau tubuh sudah mulai terasa tidak enak, saya langsung istirahat, langsung tidur,” katanya.

  1. Banyak bersyukur

Meskipun banyak menghadapi kesulitan dalam hidup, namun Jokowi berpesan agar kamu tidak lupa bersyukur senantiasa kepada Tuhan YME.

Hal terakhir yang membuatnya senantiasa sehat selama hampir lima tahun menjabat sebagai Presiden RI yakni banyak bersyukur.

“Bersyukur, ini gampang diucapkan tapi sulit dilakukan,” katanya. Dengan banyak bersyukur, beban yang mengendap di pikiran akan berkurang dan tidak berubah menjadi penyakit.

  1. Makan secukupnya bukan pantang makan

Suami dari Iriana juga mengaku tidak menjalani diet khusus atau pantangan terhadap jenis makanan tertentu yang menurut banyak orang bisa mengganggu kesehatan.

“Saya makan semua makanan, tapi memang saya makan secukupnya. Kalau ada lobster, saya paling makan separuh saja sudah cukup. Meskipun enak banget, tidak perlu sampai makan 10 ekor,” ujar Jokowi.

“Kemarin juga saat ke Sumenep, Madura, ada sate enak banget, yang lain makan 10 tusuk, saya empat tusuk saja cukup,” imbuhnya.

(Baca juga: Mau jadi Menteri Jokowi? Simak 4 Kriterianya Berikut Ini)

Nah itu tadi tips menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh ala Presiden Jokowi. Kalau memang kamu mengidamkan bisa tetap sehat sampai usia senja nanti, tidak ada salahnya mencoba. Namun, untuk memberi perlindungan lebih bagi diri kamu tidak ada salahnya mencari asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dari CekAja.com.

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami