Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Risiko Bencana di Lokasi Kerja yang Sering Diabaikan Orang

by Ariesta on 3 Oktober, 2016

Ancaman terbesar bagi kondisi finansial seseorang sebenarnya bukan hanya pengeluaran besar yang terjadi karena salah perhitungan, melainkan bencana dalam arti sebenarnya. Bencana dapat membuatmu rugi puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Risiko bencana bisa berupa kebakaran atau banjir. Agar bencana tidak menimbulkan kerugian besar, terlebih dahulu kamu harus menyadari besarnya risiko dan tahu cara mengantisipasinya. Berikut 5 risiko bencana yang sering terjadi di tempat kerja.

Kebakaran

Pasti bukan sekali dua kali kamu mendengar pasar atau pabrik terbakar. Bayangkan jika ini terjadi pada kantor tempatmu bekerja atau lokasi bisnis yang sedang kamu rintis. Risiko yang mungkin terjadi dari bencana ini adalah kehilangan atau kerusakan aset hingga kematian.

Bila kamu adalah seorang pemilik usaha, salah satu pencagahan yang bisa kamu lakukan adalah memasang alat deteksi dini kebakaran dan membuat rencana evakuasi. Sedangkan risiko kerugian akibat rusak atau hilangnya bangunan bisa diminimalisir dengan melindungi tempat bisnis menggunnakan asuransi properti. Tapi harus kamu catat, dalam polis standar asuransi kebakaran, terdapat beberapa risiko yang dikecualikan, yaitu;

  • Kebakaran atau ledakan dari api yang timbul sendiri (self contribution) atau akibat hubungan arus pendek (short circuit) atau yang timbul dari sifat barang itu sendiri (inherent vice); hal ini bisa dimasukkan dalam polis jika secara tegas dijamin dengan perluasan khusus
  • Pencurian atau kehilangan pada saat dan setelah terjadinya peristiwa yang dijamin polis
  • Kebakaran akibat perang, penyerbuan, aksi musuh asing, kegiatan menyerupai perang, perang sipil dan sejenisnya
  • Reaksi nuklir, kontaminasi atau pencemaran radioaktif
  • Kesengajaan, gangguan usaha, kebakaran hutan, semak, dan gambut

Banjir

Banjir bisa terjadi di mana saja, bahkan di tempat kerja sekalipun. Kerusakan karena banjir bisa lebih merugikan apalagi jika merendam furnitur dan barang elektronik. Belum lagi bekas banjir sulit dibersihkan dan bisa menjadi sarang penyakit.

Seringkali ditemukan karyawan yang jatuh sakit setelah kawasan tempatnya bekerja direndam banjir. Sakit yang diderita bermacam-macam mulai dari yang sifatnya ringan hingga berat dan butuh perawatan di rumah sakit. Tentu kerugian finansial tidak akan menjadi-jadi bila kamu melindungi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan.

Lumpur

Kamu tahu apa yang tersisa setelah banjir surut? Ya, lumpur. Lumpur juga disebabkan karena tanah longsor seperti yang terjadi di Sumedang beberapa waktu lalu. Dengan membeli paket asuransi ‘Property All Risk’, bangunan kantormu bisa terlindungi dari risiko bencana tanah longsor.

Untuk objek bangunan seperti pabrik, rumah sakit, gedung perkantoran, toko, gudang dan sebagainya, paket yang ditawarkan adalah yang memberikan perlindungan menyeluruh terhadap objek dan kepentingan. Risiko-risiko yang dilindungi termasuk bencana alam (kecuali gempa bumi dan letusan gunung api harus ditutup dalam polis terpisah), risiko lainnya yang tak terduga kejadiannya dan tidak disengaja.

Cuaca

Kamu harus melakukan perjalanan dinas untuk keperluan bisnis yang penting. Namun, rencana tersebut berantakan karena cuaca buruk membuat sejumlah penerbangan dibatalkan. Alhasil, semua tiket pesawat dan hotel yang sudah dipesan jauh hari sebelumnya hangus. kerugian yang tidak sedikit terlebih karena perjalanan yang akan kamu tempuh cukup jauh. Kondisi seperti ini bisa menimpa siapa saja. Namun, kerugian finansial yang ditimbulkannya bisa diminimalisir dengan perlindungan asuransi perjalanan.

Kehilangan listrik dan air

Bencana alam di atas memang terdengar menyeramkan. Tapi ada hal lain yang tidak kalah menyeramkan padahal terdengar seperti masalah kecil. Hal itu adalah pasokan listrik dan air. Bayangkan jika di tengah pengerjaan pembukuan menggunakan komputer, listrik mati dan kamu lupa menyimpan terlebih dahulu Atau jika bisnis budaya ikan lele milikmu kehilangan pasokan air? Yang jelas, semuanya bisa jadi berantakan.

Memiliki generator listrik dan bak penampungan bisa menjadi solusi. Memang, ini artinya kamu harus keluar uang lebih. Tapi lebih baik daripada menyesal bukan?

Butuh asuransi properti yang bisa mengurangi kerugian kerusakan properti akibat bencana alam? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis