Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Ritual Harian yang Bisa Kamu Contek dari Orang-orang Sukses, Biar Nular!

by Tisyrin N. T on 29 November, 2019

Kamu pasti kerap bertanya-tanya dalam hati jika melihat orang yang sukses, yaitu bagaimana cara mereka berhasil menggapai kesuksesan? Nah, salah satu jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya dapat terlihat pada ritual sehari-hari mereka.

anggota DPR

Ritual tertentu yang mereka lakukan secara teratur turut mendorong langkah mereka dalam mewujudkan mimpi. Ini bisa jadi karena ritual yang mereka lakukan membantu mengembangkan kebiasaan sehat serta disiplin yang dibutuhkan untuk bekal menuju kesuksesan.

Menjalani ritual baru dalam kehidupan kamu mungkin nampak menakutkan pada awalnya. Namun, mulailah dengan memutuskan ritual harian mana yang ingin kamu adopsi, lakukan setidaknya selama tiga puluh hari. Prosesnya memang tidak selalu mudah, tetapi potensi manfaatnya tidak terhitung. Nah, inilah beberapa ritual harian yang dilakukan oleh orang sukses seperti yang dilansir Lifehack.org:

  • Bangun pagi

Bangun pagi-pagi bisa jadi akan menjadi hal yang menantang, terutama jika kamu merasa diri kamu bukan morning person. Namun, bangun sebelum matahari terbit memberi kamu awal yang baik dan memulai hari di ‘jalur yang benar’.

Salah satu orang yang sangat sukses yang bangun sebelum jam 6 pagi adalah CEO Apple, Tim Cook yang memulai harinya pada pukul 3.45 pagi. Ada pula orang-orang seperti Michelle Obama dan Bill McNabb (Chairman of the Vanguard group) yang terbiasa bangun sebelum fajar menyingsing.

Kalau kamu bangun lebih awal, kamu punya cukup waktu untuk melakukan banyak hal. Saat kamu bangun lebih awal, kamu juga akan lebih leluasa mengendalikan hari kamu daripada harus berpacu dengan waktu ketika bangun lebih siang.

(Baca juga: Kata Kata Motivasi Sukses Tokcer untuk Bangkitkan Semangatmu)
  • Sarapan sehat

Kamu mungkin terbiasa melewatkan sarapan karena selalu gak sempat? Coba deh atur lagi waktumu, bangun lebih pagi, dan sempatkan sarapan, tentunya dengan menu yang sehat. Beberapa orang-orang yang tergolong sukses memasukkan sarapan sehat dalam ritual harian mereka. Simon Cowell, pencipta X-Factor, mengatakan ia memulai harinya dengan minum jus pepaya dengan jeruk nipis, oatmeal, dan smoothies. Ia juga minum secangkir teh.

Nah, kalau kamu berhasil bangun pagi kemudian sarapan, artinya kamu juga tidak tidur terlalu larut. Dengan begitu, kamu mendapatkan tidur dalam jumlah yang cukup dan sudah mengisi perutmu. Artinya, kamu punya ‘amunisi’ yang memadai untuk memulai hari, mantap kan?

  • Olahraga

Ada banyak manfaat olahraga yang tak ada habisnya, dan ini alasan mengapa banyak orang sukses memasukkan dalam daftar ritual harian mereka. Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan ia akan memulai harinya lebih awal sehingga ia bisa memprioritaskan olahraga.

Olahraga berkaitan dengan kesuksesan karena meningkatkan fungsi kognitif kamu. Selain itu berolahraga dapat membantu membangun kekuatan mental kamu, sesuatu yang kamu perlukan untuk mengatasi berbagai hambatan. Ini berarti bahwa selain olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, olahraga juga sangat bermanfaat bagi pikiran.

Siapa pun yang berolahraga secara teratur kemungkinan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Hal itu bisa terjadi ketika kamu mampu mendorong tubuhmu melakukan sesuatu yang kamu pikir gak bisa kamu lakukan. Pada saat yang sama, olahraga akan memberi nutrisi pada tubuh berupa hormon kebahagiaan endorfin.

Olahraga memacu kamu untuk ‘mendorong’ diri sendiri dan bertahan bahkan ketika segala sesuatunya sulit. Kemampuan itu diperlukan jika kamu ingin sukses dalam karier di bidang apa saja. Jadi, kamu harus melatih diri kamu melakukannya setiap hari lewat olahraga.

  • Sering membaca

Kehidupan dewasa bisa sangat sibuk sehingga kamu jarang menemukan waktu untuk membaca buku. Satu orang terkenal yang menganggap serius membaca adalah Warren Buffet yang mendedikasikan 80% waktunya setiap hari untuk membaca. Filosofinya adalah ketika membaca, pengetahuan akan berkembang seperti bunga majemuk.

Selektiflah dengan buku-buku yang kamu baca, karena orang-orang yang sangat sukses cenderung memilih buku-buku pendidikan daripada yang bersifat hiburan. Meskipun memanjakan diri dalam buku-buku fantasi, fiksi, dan semua jenis genre lain sesekali tidak ada salahnya.

(Baca juga: Mau Sukses di Usia Muda? Lakukan 8 Hal Ini Deh!)
  • Memotivasi diri sendiri

Steve Jobs memiliki rutinitas pagi sederhana dengan memandang dirinya sendiri di cermin dan bertanya: “… jika hari ini adalah hari terakhir dalam hidupku, apa yang ingin aku lakukan, dan apakah aku akan melakukannya hari ini?.”

Pertanyaan semacam itu cukup memotivasi dirinya. Jadi, kamu juga bisa memikirkan apa yang bisa memotivasi kamu. Motivasi adalah perasaan eksternal dan internal. Dan jika kamu hanya mencari motivasi eksternal, begitu ‘kolam itu mengering’, kamu akan terjebak ‘di atas rakit tanpa dayung’.

Nah, kemampuan untuk memotivasi diri secara teratur mungkin tidak datang secara alami untuk semua orang, dan banyak orang mungkin belum pernah melakukannya sebelumnya. Karena itu, penting untuk dipahami bahwa memotivasi diri adalah keterampilan yang dipelajari, bukan keterampilan alami. Itu hanya membutuhkan latihan, latihan, latihan, dan kadang-kadang sedikit ‘berpura-pura sampai kamu berhasil.’ Dan, menumbuhkan kebiasaan bertanya pada diri sendiri tentang tujuanmu adalah salah satu cara untuk memotivasi diri sendiri.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.