Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Rutinitas Harian Ini Bisa Jadi Inspirasi Usaha Ibu Rumah Tangga

by lhmdi on 24 Januari, 2018

bisnis ibu rumah tangga _ Kredit tanpa agunan - CekAja.com

Semakin besarnya kebutuhan ekonomi, membuat beberapa Ibu rumah tangga yang sebelumnya menjadi wanita karir berusaha mencari usaha untuk ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun, transisi dari wanita karir menjadi Ibu rumah tangga terkadang tidak berjalan mulus. Beberapa Ibu rumah tangga pada awalnya merasa bosan dengan rutinitas mengurus keluarga dibandingkan dengan saat bekerja dahulu.

Namun, menjadi Ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa menciptakan inspirasi usaha sendiri. Inspirasi ini bahkan didapatkan dari rutinitas sehar-hari yang biasanya sangat sering untuk dilakukan.

Bahkan inspirasi usaha untuk ibu rumah tangga ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar secara finansial. Keuntungannya, kegiatan ini bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan peran mengurus keluarga dan anak-anak.

(Baca juga: Cara Mengajukan Pinjaman Online untuk Bisnis Kecil)

Lalu, seperti apa inspirasi usaha untuk Ibu rumah tangga yang dapat menghasilkan keuntungan berdasarkan rutinitas sehari-harinya?

1. Menjadi freelancer yang sesuai dengan karir sebelumnya

Ibu rumah tangga yang masih merasa berat melepas pekerjaannya ssat menjadi wanita karir bisa mencoba menjadi seorang Freelancer yang didasarkan pada pekerjaan sebelumnya.

Sebagai contoh, Ibu rumah tangga bisa menjadi konsultan dari bidang pekerjaan sebelumnya, seperti menjadi konsultan marketing, akuntan, hingga konsultan hukum.

Berbekal pengalaman kerja dan rutinitas sehari-hari yang biasa dilakukan saat menjadi karir bisa menjadi penghasilan tambahan saat menjadi Ibu rumah tangga kan?

2. Hobi bikin kue bisa dijadikan penghasilan tambahan

kue termahal_kartu kredit - CekAja.com

Hampir semua wanita pasti pernah punya pengalaman membuat kue. Bahkan, dari yang sekadar coba-coba bisa menjadi rutinitas tersendiri di waktu-waktu tertentu untuk menjajal resep-resep kue yang baru.

Bagi wanita karir yang kini menjadi Ibu rumah tangga bisa menjadi mencoba membuat kue sebagai usaha untuk mengisi waktu luang atau mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan, Ibu rumah tangga dapat memaksimalkan waktu dengan mencoba menciptakan kue-kue baru di masa senggangnya.

(Baca juga: 7 Cara Memilih Bisnis Franchise Terbaik Bermodal Kecil)

Modalnya tidak terlalu besar, bahkan media promosinya pun kini lebih mudah melalui media sosial. Tertarik mencobanya?

3. Tawarkan trik perawatan dan kecantikan

make up artis - CekAja.com

Rutinitas berikutnya yang dapat dijadikan adalah menyediakan jasa perawatan dan kecantikan. Apalagi “berdandan” merupakan kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan wanita terutama ketika bekerja kantoran.

Ketika sudah menjadi Ibu rumah tangga, kebiasaan ini bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan. Apalagi bagi Ibu rumah tangga yang selama menjadi wanita karir sangat mengerti dengan perawatan tubuh dan kecantikannya.

Tidak perlu menyewa sebuah tempat untuk membuka layanan perawatan dan kecantikan, namun dengan menggunakan layanan media sosial seperti YouTube, Ibu rumah tangga bisa membuka jasa layanan pernawatan kecantikan.

Jika terus berkembang Ibu rumah tangga yang menjalankan usaha ini bisa menjalankan bisnisnya dengan menjadi Influencer, Vlogger hingga menjadi Make Up artist spesialist bagi wanita lainnya yang mebutuhkan.

(Baca juga: 8 Kiat Sukses Bisnis Makanan di Kantin Sekolah)

4. Membuat kerajinan tangan

karir wanita - CekAja.com

Tampil gaya dan trendi pastinya menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh setiap wanita. Nah, bagi Ibu rumah tangga hal ini bisa menjadi peluang usaha.

Apalagi tren fashion selalu berkembang dan memiliki peminat yang terus bertambah. Sebagai inspirasi untuk usaha kerajinan ini bisa dimulai dari hasilan tambahan bagi ibu rumah tangga.

Sebagai inspirasi, Ibu rumah tangga bisa melihat hasil karya-karya seni dari Dita W. Ichwandardi yang juga berperan sebagai Ibu rumah tangga. Dita, panggilannya seringkali membuat berbagai kerajinan tangan untuk fashion seperti Scarf, syal hingga Pashmina di sela-sela waktunya.

Bermodalkan media sosial Twitter pribadinya di akun @ditut, Dita kemudian memasarkan hasil kerajinan tangannya. Inspirasi ini tentunya bisa dicoba bagi Ibu rumah tangga yang memang senag berkreasi membuat kerajinan tangan untuk produk-produk fashion.

5. Bisnis perlengkapan bayi dan anak-anak

perlengkapan bayi _ CekAja.com

Bagi Ibu rumah tangga yang sudah memiliki keluarga kecil, maka mengurus si kecil sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Mulai dari menyiapkan sepatu bayi, tempat tidur hingga mainan adalah kegiata-kegiatan sehari-hari.

Lalu, kenapa tidak mencoba menjalankan bisnis perlengkapan bayi hingga mainan anak-anak sebagai peluang usaha?

Misalnya saja bisa dimulai dari perlengkapan pribadi miliki si kecil yang sudah tidak terpakai lagi seperti sepatu bayi, stroller, tempat tidur bayi hingga mainan bisa dijual atau disewakan bagi Ibu-Ibu baru.

Apalagi jika benda-benda ini memiliki keunikan atau desain yang lucu, pastinya akan memikat Ibu yang sedang membutuhkan perlengkapan untuk bayinya.

Jika banyak yang berminat, Ibu rumah tangga yang mencoba menjalankan bisnis ini dengan cara memesan perlengkapan bayi tersebut melalui salah satu toko. Bahkan jika punya waktu luang, perlengkapan seperti sepatu bayi atau mainan hingga sprei untuk tempat tidur bahkan bisa dikerjakan sendiri.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami