Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Selebriti Dunia yang Kaya dan Gemar Berderma

by Arfan Wiraguna on 14 Juli, 2015

Siapa sangka selebriti muda, yang biasanya identik dengan kehidupan glamor, ternyata juga suka menyumbangkan sebagian kekayaannya. 

Dengan harta yang berlimpah ruah, para selebriti muda di bawah ini banyak melakukan kegiatan amal melalui berbagai yayasan dalam rangka membuat sebuah perubahan sosial. Namun, apa sebenarnya alasan mereka untuk rajin berderma? Mari kita simak bersama.

Justin Bieber

Justin_Bieber_NRJ_Music_Awards_2012
Foto: Wikimedia.org

Selebriti muda yang dikenal lewat album perdananya “My World” yang dirilis pada tahun 2009 ini menyalurkan donasi filantropinya melalui 20 yayasan. Beberapa diantaranya adalah Alzheimer’s Association, Children’s Miracle Network Hospitals, Pencils of Promise, PETA dan Red Cross.

Motifnya antara lain Bieber ingin menolong para penderita alzheimer–sebuah penyakit yang menjadi penyebab kematian keempat di Amerika Serikat setelah kanker, penyakit jantung, dan stroke. Selain itu, melalui Pencils of Promise, dia juga ingin memperbaiki kualitas pendidikan di negara berkembang. (Baca juga: 10 Orang yang Punya Gelar Profesor dan Menjadi Orang Terkaya)

Miley Cyrus

Miley_Cyrus_on_2015_Rock_and_Roll_Hall_of_Fame_Induction_Ceremony_(cropped)
Foto: Wikimedia.org

Sepanjang karirnya, Cyrus berpartisipasi dalam sejumlah album musik untuk penggalangan dana amal, seperti “Just Stand Up!”, “Send It On”, “Everybody Hurts” dan “We Are the World 25 for Haiti”. Selain itu, dia juga aktif dalam menyumbang kekayaannya melalui beberapa lembaga amal, diantaranya Elton John AIDS Foundation, Entertainment Industry Foundation, Habitat for Humanity, United Service Organizations, Youth Service America dan Music for Relief. Alasan Cyrus dalam berderma diantaranya adalah menolong korban bencana alam dan memberikan pendidikan bagi siswa kurang mampu.

Pada Februari 2010, dia mendonasikan beberapa barang, termasuk gaun yang ia kenakan dalam menghadiri acara penghargaan tahunan Grammy Awards ke-52 dan dua tiket penayangan perdana filmnya, “The Last Song”. Dana yang terkumpul dari penjualan barang-barang ini selanjutnya digunakan Cyrus untuk menolong korban gempa bumi dahsyat di Haiti pada tahun yang sama.

Taylor Swift

Taylor_Swift_Red_Tour_2,_2013
Foto: Wikimedia.org

Kegiatan filantropi Taylor Swift telah diakui oleh berbagai lembaga amal, diantaranya adalah Do Something dan Giving Back Fund.Pada tahun 2012, dia dinobatkan sebagai the Most Charitable Star atau bintang paling pemurah pada tahun tersebut. Penghargaan tersebut diserahkan oleh petinggi Do Something terhadap pelantun lagu “Love Story” itu, karena ia telah menyumbang sebesar empat juta dolar AS untuk Hall Country of Fame and Museum di Tennessee (AS). Swift sekaligus menjadi orang termuda yang pernah menerima Ripple of Hope Award dari Robert F Kennedy Center atas dedikasinya sebagai sosok dermawan. Beberapa alasan Swift didalam menyumbangkan kekayaannya, yaitu memperbaiki tingkat melek huruf di kalangan anak-anak dan menolong korban bencana alam. (Baca juga: Mau Daftar Asuransi untuk Banjir? Eitss …Tidak Semudah Itu)

Lady Gaga

Tony_Bennett_&_Lady_GaGa,_Cheek_to_Cheek_Tour_06_edited
Foto: Wikimedia.org

Disamping karirnya di industri musik, Gaga aktif dalam berkontribusi untuk berbagai lembaga amal. Untuk alasan menolong korban bencana alam, dia mendonasikan penghasilan yang didapatkan dari konsernya pada 24 Januari 2010 di Radio City Music Hall, New York, untuk dana bantuan rekonstruksi di Amerika Serikat. Selain itu, pada 6 November 2012, ia juga pernah berjanji untuk memberikan donasi sebesar satu juta dolar AS kepada American Red Cross sebagai dana bantuan korban badai Sandy.

Jennifer Lawrence

Jennifer_Lawrence_at_214._Wetten,_dass.._?_show_in_Graz,_8._Nov._2014_cropped
Foto: Wikimedia.org

Untuk berbagai alasan seperti melawan bullying dan menolong penyadang disabilitas, Lawrence aktif di berbagai lembaga amal, diantaranya adalah Do Something, Screen Actors Guild Foundation dan World Food Programme. Dikutip dari artikel “Jennifer Lawrence To Receive Tribute For Charity Work” yang dirilis secara online oleh Marie Claire, Lawrence dikabarkan akan menerima penghormatan khusus di sebuah acara yang dibuat oleh The Down Syndrome of Louisville Lifelong Learning Centers yang terletak di kota asal selebriti muda ini, Louisville.

Lawrence sebelumnya menjadi sukarelawan di lembaga amal tersebut. Selain itu, hingga saat ini, bintang film ini tetap dekat dengan teman masa sekolahnya, Andy Stuck, yang menyandang down syndrome atau keterbelakangan mental. (Baca juga: 5 Film yang Bisa Sadarkan Anda Pentingnya Asuransi)

Walaupun masih tergolong muda, para selebriti di atas sudah memiliki kesadaran dalam mengulurkan tangan untuk kesejahteraan masyarakat luas sebagai timbal balik dari keuntungan yang diperolehnya. Namun, pelajaran yang dapat dipetik dari mereka adalah para selebriti ini juga mencari tempat yang paling pas untuk menyumbang bersamaan dengan rencananya untuk mendonasikan sebagian kekayaannya. Oleh karena itu, para selebriti ini dapat berderma secara terstruktur sesuai dengan isu-isu yang mereka anggap membutuhkan uluran tangannya.

Mulai kelola uang Anda untuk menjadi kaya dan dermawan dengan investasi di sini.

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.