Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Serial Netflix Terbaik Untuk Nemenin Liburan Tahun Barumu

by Sindhi Aderianti on 31 Desember, 2019

Liburan tahun baru di rumah aja? Tenang, Netflix telah menghadirkan puluhan serial orisinal dari drama romantis, thriller, komedi hingga misteri yang menarik untuk ditonton. CekAaja bakal memberi daftar serial terbaik berdasarkan rating dari Rotten Tomatoes.

Daftar Situs Nonton Film Online Terbaru 2020

Rotten Tomatoes merupakan website ulasan film yang dianggap paling akurat, bahkan melebihi IMDB. Boleh dibilang, tak semua film layar lebar bisa mendapatkan rating tinggi di sini. Seleksinya cukup ketat, karena digawangi oleh kritikus yang sangat profesional dan objektif dalam menilai film dari segala aspek.

Ada 2 macam penilaian, yakni rating berdasarkan para kritikus dan juga audiensi. Rating tertinggi di Rotten Tomatoes sendiri adalah yang mendapatkan skor 75%-100% dengan predikat Certified Fresh.

Serial produksi Netflix pun tak lewat dari penilaian mereka. Pada beberapa tahun terakhir, layanan online streaming tersebut sudah mengeluarkan banyak serial dan film lepas produksi mereka yang dikategorikan dalam Netflix Originals. Penasaran mana yang paling bagus? Berikut lima rekomendasi serial Netflix Originals terbaik 2019 buat mengisi liburan akhir tahunmu:

1. Stranger Things

Sekilas nampak seperti film anak-anak, tapi sebenarnya Stranger Things adalah serial asli Netflix bergenre science fiction dengan sentuhan komedi dan drama yang sangat nyandu buat ditonton. Tak heran kalau serial ini memiliki banyak fans dari seluruh dunia.

Kini serial yang diperankan oleh aktris kawakan Winona Ryder tersebut sudah memasuki season ke-3. Sejak ditayangkan pertama kali pada 2016 silam, Stranger Things telah sukses menyabet beberapa penghargaan yang ikut mempopulerkan pemainnya.

Di season pertama, Stranger Things menceritakan tentang hilangnya anak bernama Will Byers yang disebabkan peristiwa supranatural yang terjadi di Kota Hawkins, Amerika Serikat berlatar tahun 1980-an. Sementara kisah di season selanjutnya, kembali menampilkan upaya Will untuk kembali normal setelah dipengaruhi oleh hal negatif dari Upside Down. Untuk season 3, cerita Stranger Things semakin seru karena ternyata masih ada energi jahat yang menyelimuti walaupun Eleven sudah menutup gerbang dunia para monster seperti Demogorgon.

Stranger Things memperoleh skor 93% dari rata-rata Tomatometer alias kritikus film Rotten Tomatoes.

(Baca juga: Mengenal Netflix dan Spotify yang Pajaknya Tengah Dibidik Pemerintah!)
2. Kingdom

Kingdom mengusung cerita seorang Putra Mahkota asal yang dikirim ke sebuah misi bunuh diri, dimana ia harus menginvestigasi sebuah wabah misterius yang telah menyebar di negeri mereka. Bagi penggemar genre zombiezombie-an seperti film Train to Busan, pasti bakal terhibur dengan serial ini.

Di sepanjang season, penonton juga dimanjakan oleh akting sederetan K-Idol papan atas seperti Joo Ji Hoon, Bae Doona, Ryu Seung Ryong, dan masih banyak lagi. Kingdom memperoleh rating sebanyak 89% di Rotten Tomatoes. Nilai yang tergolong tinggi untuk series Asia.

3. YOU

Sejak disiarkan oleh Netflix di akhir tahun 2018 silam, You langsung jadi pembahasan hangat di Amerika. Pasalnya You bukan hanya menyajikan kisah cinta picisan, tetapi dibalut pula dengan nuansa thriller psikologis dari karakter utamanya.

You mengisahkan betapa ngerinya perilaku orang yang memiliki kecenderungan obsesif terhadap pasangannya sendiri, tak lain adalah Joe terhadap Beck di season pertama. Banyak korban berjatuhan di tangan karyawan toko buku tersebut, karena begitu ingin memiliki sang wanita. Di season kedua, Joe mengubah identitasnya menjadi Will dan pindah ke Los Angeles untuk menghindari semua masalah yang pernah terjadi. Mirisnya, ia tetap berperilaku obsesif, tetapi dengan ‘target’ yang berbeda yakni Love.

You merupakan serial yang diadaptasi dari novel karya Caroline Kepnes. Berdasarkan rating dari Rotten Tomatoes, You mendapat skor 93% dari para Tomatometer.

4. Sex Education

Eits, jangan kaget dulu sama judulnya. Sex Education merupakan serial orisinal Netflix dengan genre komedi-drama yang juga banyak menarik perhatian. Serial yang dibuat oleh Laurie Nun ini berisi sekelompok remaja dengan segala permasalahannya mulai dari persahabatan, percintaan, keluarga, hingga seks.

Sex Education mengisahkan tentang siswa SMA bernama Otis Milburn yang juga anak dari seorang seksolog. Meski terbilang cupu di tengah lingkungannya, tetapi terbiasa dengan segala hal tentang seks beserta akses-akses pendukung seperti buku, video dan percakapan tentang seks karena pekerjaan sang ibu.

Bermula dari ketidaksengajaan membantu permasalahan seks temannya, Otis pun membuka praktik terapi seks di sekolah. Pasien mulai berdatangan dan menceritakan keluhannya. Dari yang kecanduan masturbasi, pubertas tidak terkontrol, sampai keluhan ingin memiliki alat vital dengan ukuran yang lebih besar.

Menurut penilaian Rotten Tomatoes, Sex Education mendapat rating yang juga cukup tinggi yakni sebesar 91%.

(Baca juga: 5 Film Horor Paling Sukses di Indonesia, Salah Satunya Pernah Tayang di 42 Negara)
5. Orange is The New Black

OITNB adalah  serial orisinal Netflix bergenre komedi-drama yang dirilis pertama kali pada tahun 2013 silam. Seperti judulnya, serial ini berfokus pada kisah karakter Piper Chapman (Taylor Schilling), perempuan yang harus menghabiskan waktu selama 15 bulan di balik jeruji penjara. Piper kepergok menyelundupkan uang hasil penjualan obat-obatan terlarang milik kekasih lesbiannya, Alex Vause (Laura Prepon).

Sejak season pertamanya tayang, penonton diperkenalkan dengan berbagai macam karakter wanita yang menjadi bagian dari kisah di balik jeruji serial Orange Is The New Black. Serial OITNB sendiri sampai saat ini sudah memasuki season ke-9 dengan jumlah episode masing-masing season-nya yaitu 13. Sepadan dengan plot cerita yang menarik, OITNB pun meraih rating sebanyak 90% dari Rotten Tomatoes.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.