Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya yang Paling Direkomendasikan

by Estrin Vanadianti Lestari on 20 Desember, 2019

Saat ini, internet sudah menjadi alat pencarian informasi paling populer di dunia, termasuk dalam hal mencari lowongan pekerjaan. Jika dulu lowongan kerja diiklankan di media cetak, radio, hingga televisi, kini hal tersebut sudah bisa kamu temui di beberapa situs lowongan kerja terpercaya.

Pengangguran di Indonesia Bertambah 50 Ribu Orang Per Agustus 2019

Bicara tentang situs lowongan kerja di internet, membuat banyak pula pencari kerja atau jobseeker, yang berebut mencari lowongan pekerjaan.

Dihimpun dari cnnindonesia.com, Badan Pusan Statistika (BPS) mencatat bahwa, jumlah pengangguran di Indonesia sendiri disebut-sebut mengalami peningkatan. Yakni, dari 7 juta orang pada bulan Agustus 2018, menjadi 7,05 juta orang per Agustus tahun 2019.

Nah, hal tersebutlah yang membuat situs lowongan kerja, banyak diserbu jobseeker mulai dari freshgraduate atau lulusan baru, karyawan yang resign, karyawan PHK, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, banyaknya pengangguran di Indonesia, juga disebabkan karena jumlah para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang mampu menyerapnya.

Penyebab Meningkatnya Jumlah Pengangguran di Indonesia

Bahkan, tidak sedikit lapangan pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan individu pada suatu pekerjaan, seperti persyaratan yang sulit dan keahlian yang khusus. Sehingga, hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab masih banyaknya, jumlah pengangguran di Indonesia. Lalu apa lagi kira-kira yang menyebabkan jumlah pengangguran terus meningkat? Berikut pemicunya:

  • Kurangnya persyaratan pelamar kerja.
  • Siklus ekonomi yang menyebabkan perusahaan memutuskan untuk PHK.
  • Sedikitnya jumlah perusahaan yang menyediakan lapangan kerja sesuai dengan bidang keahlian.
  • Siklus ekonomi yang berfluktuasi karena pergantian musim.
  • Sulitnya memperoleh lapangan pekerjaan.
  • Perkembangan atau pergantian teknologi tanpa adanya pelatihan atau kemampuan yang tepat bagi pekerja, sehingga menimbulkan PHK.

Nah, itulah beberapa penyebab dari banyaknya pengangguran di Indonesia. Buat kamu yang juga sedang berjuang mendapatkan pekerjaan, disarankan jangan mudah putus asa.

Pasalnya, dengan mengetahui penyebab dari banyaknya pengangguran di Indonesia, membuat kamu bisa melakukan persiapan yang matang dalam mencari pekerjaan.

Salah satu persiapan agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan, adalah dengan membuat akun di situs lowongan kerja. Dengan membuat akun di berbagai situs lowongan pekerjaan, setidaknya kamu akan terbantu dalam mencari pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan kemampuan serta keahlianmu.

Manfaat Membuat Akun di Situs Lowongan Kerja
  • Bisa melamar ke banyak perusahaan
  • Bisa mencari lowongan berdasakan atau sesuai dengan keahlian
  • Profil yang lengkap, akan lebih menarik perhatian perusahaan
  • Bisa melakukan video interview dengan perekrut (jika lokasinya jauh)
  • Beberapa situs lowongan pekerjaan, memiliki fitur chat. Sehingga, memungkinkan bagi kamu di-chat langsung oleh perekrut, bahkan tanpa mengirim lamaran.
  • Lowongan kerja selalu update
  • Bisa melihat jumlah, gelar, hingga keahlian pesaing kamu
Deretan Situs Lowongan Kerja Terpercaya dan Paling Direkomendasikan

Nah, setelah kamu mengetahui keuntungannya, kira-kira ke situs lowongan pekerjaan mana saja, yang harus kamu kunjungi? Daripada bingung, yuk langsung saja simak rekomendasi situs lowongan kerja terpercaya di Indonesia, untuk para jobseeker:

1. Situs Lowongan Kerja “Jobstreet.co.id”

Situs Lowongan Kerja Jobstreet - 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya yang Paling Direkomendasikan

Situs Lowongan Kerja yang pertama dan disebut-sebut paling popluer adalah Jobstreet.co.id. Terkenal dengan “mbak Lina Jobstreet” yang tak pernah lupa, menginformasikan lowongan pekerjaan lewat email, membuat kamu selalu update tentang lowongan pekerjaan terbaru yang cocok untukmu.

Situs ini juga merupakan bagian dari Jobstreet.com, yang didirikan di Malaysia tahun 1997 silam. Tidak hanya di Indonesia, situs ini juga ada di Singapura, Filipina, dan Vietnam.

Nah, jika kamu membuat akun di situs ini, kamu juga bisa menikmati fitur seperti pencarian dan penelusuran lowongan berdasarkan spesialisasi, tingkat jabatan, lokasi, nama perusahaan, lowongan di luar negeri, lowongan lulusan baru, dan lowongan yang membutuhkan banyak pelamar.

2. Situs Lowongan Kerja “Karir.com”

Situs Lowongan Kerja Karir - 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya yang Paling Direkomendasikan

Selanjutnya adalah Karir.com. Situs yang diluncurkan oleh PT. Karir Komunika Pratama, ini berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tidak hanya itu, Karir.com juga dikenal dengan fitur-fitur layanan yang bagus dan sangat membantu para jobseeker, seperti fitur tes yang harus dikerjakan calon pekerja, sehingga jika berhasil melewati tes, kamu akan dihubungi langsung untuk proses selanjutnya.

Bahkan, Karir.com juga memiliki keunggulan yang mungkin tidak dimiliki situs lain, seperti menyediakan program ‘Graduate Trainee Program’, dimana program ini sangat cocok untuk kamu yang ingin akselerasi karir dengan program Management Trainee.

(Baca Juga: 5 Pekerjaan Jurusan Ekonomi Pembangunan Bergaji Tinggi!)
3. Situs Lowongan Kerja “JobsDB Indonesia”

Situs Lowongan Kerja JobsDB Indonesia - 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya yang Paling Direkomendasikan

Situs lowongan pekerjaan di urutan ke tiga adalah JobsDB Indonesia. Situs yang didirikan pada tahun 1998 ini, ternyata tidak hanya ada di Indonesia. Melainkan juga terdapat di negara China, Malaysia, Hongkong, Singapura, Thailand, dan Filipina. Bahkan, JobsDB juga disebut-sebut sebagai salah satu situs lowongan pekerjaan terfavorit untuk para jobseeker di Asia.

Selain terfavorit, kamu juga bisa menikmati beberapa fitur layanan yang dapat membantumu dalam mencari pekerjaan. Sebut saja seperti fitur tips&trik terkair dunia karir, berita ter-update seputar dunia kerja, bisa melihat daftar pekerjaan berdasarkan fungsi, lokasi. dan industri. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencari pekerjaan berdasarkan gaji bulanan lo.

4. Situs Lowongan Kerja “Jobs.id”

Situs Lowongan Kerja Jobs id - 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya yang Paling Direkomendasikan

Situs lowongan kerja berikutnya yang memiliki desain website yang simpel adalah Jobs.id. Dengan kesederhanaannya, situs ini juga akan memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan yang sesuai, dimana Jobs.id menyediakan informasi lowongan kerja dari beragam industri. Mulai dari perusahaan finansial, periklanan, media, perbankan, retail, bahkan hingga perusahaan Freeport.

Untuk cara menggunakannya, kamu hanya tinggal mencari posisi pekerjaan, nama perusahaan, hingga perusahaan yang memang sedang membuka banyak lowongan, di fitur pencarian. Setelah itu, kamu akan melihat daftar terpopuler berdasarkan posisi, lokasi dan perusahaan.

5. Situs Lowongan Kerja “Qerja”

Situs Lowongan Kerja Qerja - 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya yang Paling Direkomendasikan

Situs lowongan kerja paling terpercaya selanjutnya adalah Qerja.com. Dimana situs ini memiliki fitur layanan menarik untuk para jobseeker, yakni fitur review dari para pekerja yang pernak bekerja di suatu perusahaan.

Sama halnya dengan mengetahui kualitas barang, review pekerjaan juga mungkin bisa membantu kamu, untuk mengetahui gambaran, budaya, hingga etos kerja di perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu, situs Qerja.com juga bisa melihat gaji yang ditawarkan, pada setiap perusahaan atau pekerjaan yang ingin dilamar. Sehingga, kamu bisa mengetahui gambaran gaji pada perusahaan yang sudah menjadi incaranmu.

Nah, itulah beberapa situs lowongan pekerjaan paling terpercaya, yang direkomendasikan untuk kamu. Bagaimana, sudahkah kamu memilih salah satu situs lowongan kerja terpercaya tersebut? Atau malah ingin mendaftar ke semua situs tersebut?

Pasalnya, hal yang perlu diingat terkait membuat akun di situs lowongan pekerjaan, profilmu haruslah menarik, lengkap, dan berbeda dari para pesaingmu. Semoga berhasil ya!

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk