Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Situs Pelatihan Gratis Buat yang Susah Daftar Program Prakerja

by Gentur Putro Jati on 26 Mei, 2020

Program kartu Prakerja dari Pemerintah telah menyelesaikan pendaftaran gelombang ketiga dari total 30 gelombang yang akan dibuka sampai akhir 2020. Namun, tingginya animo masyarakat mendaftar program tersebut melalui www.prakerja.go.id terkendala terbatasnya kuota pendaftaran di setiap gelombang.

Bisnis Sampingan YouTube

Hingga akhir tahun, pemerintah menargetkan 5,6 juta peserta bisa menerima manfaat dari kartu Prakerja, dengan anggaran sebesar Rp20 triliun.

Dari anggaran tersebut, setiap peserta mendapat insentif total sebesar Rp3,55 juta dengan rincian Rp1 juta untuk biaya pelatihan, Rp600 ribu per orang per bulan untuk insentif pasca pelatihan, yang akan diberikan selama empat bulan atau totalnya mencapai Rp2,4 juta. Sedangkan sisanya sebesar Rp150 ribu merupakan insentif survei.

Namun, pelaksanaan program kartu Prakerja ini banyak mendapat kritikan masyarakat. Selain karena menggunakan anggaran negara, program ini juga dinilai hanya menguntungkan perusahaan penyedia pelatihan berbayar yang tidak dibutuhkan oleh masyarakat korban PHK akibat Covid-19.

Sebab, setelah ditelusuri ternyata ada banyak situs di internet yang menyediakan pelatihan sejenis tanpa mengenakan biaya alias gratis! Simak yuk daftar situs pelatihan gratis tersebut:

1. https://www.prakerja.org/

prakerja org - 5 Situs Pelatihan Gratis Buat yang Susah Daftar Program Prakerja

Platform pelatihan keterampilan ini diluncurkan pertama kali pada 15 Mei 2020 lalu, di tengah kontroversi program kartu Prakerja milik pemerintah. Namun, berbeda dengan program kartu Prakerja pemerintah yang memangkas saldo peserta Rp1 juta agar bisa mengikuti pelatihan, semua materi pelatihan di platform prakerja.org ini bisa didapatkan secara gratis.

Inisiator prakerja.org, Andri W Kusuma, mengatakan ide awal pembuatan platform ini akibat adanya perasaan miris terhadap program kartu Prakerja milik pemerintah. Sebab pelatihan yang berfungsi sebagai edukasi itu seharusnya bisa didapatkan secara gratis namun dibanderol dengan harga sampai jutaan rupiah oleh perusahaan penyedia konten.

(Baca juga: Daftar Penyedia Pinjaman Cepat Cair Bekasi, Cek Yuk!)

Ditambah lagi, anggaran negara yang habis hanya untuk menyediakan pelatihan online bisa mubazir karena banyak orang yang lebih membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Dalam laman prakerja.org disebutkan, platform tersebut tidak mengutip biaya apa pun dan tidak menarik keuntungan komersial, serta tidak memberikan insentif apa pun kepada pihak manapun terkait konten yang dipublikasikan melalui prakerja.org.

Tak hanya itu, admin laman tersebut juga menyatakan, jika ada pendapatan untuk prakerja.org misalnya dari iklan, donasi, ataupun pendapatan lainnya, maka pendapatan itu akan dipergunakan seluruhnya untuk pembiayaan operasional prakerja.org.

Ada lima klasifikasi besar jenis pelatihan yang bisa diikuti di prakerja.org yaitu Wirausaha dan Ide Bisnis, Pengembangan Diri, Bisnis dan Keuangan, Teknologi dan Software, serta Bisnis Digital. Selain itu, ada juga kelas pelatihan yang diberikan secara live.

2. https://www.coursera.org/

Coursera org - 5 Situs Pelatihan Gratis Buat yang Susah Daftar Program Prakerja

Melalui laman ini, kamu bisa mendapatkan banyak materi kursus secara gratis. Topiknya pun beragam mulai dari kesehatan, bisnis, seni, sains, dan lain sebagainya. Namun, pengelola laman Coursera sudah menginformasikan kalau mereka hanya akan menyediakan pelatihan sampai 31 Mei 2020 saja.

3. https://www.edx.org/

edx org - 5 Situs Pelatihan Gratis Buat yang Susah Daftar Program Prakerja

edX merupakan platform pendidikan dan pembelajaran yang beroperasi sejak 2012 lalu. Sebanyak 251 program pelatihan dan 2.944 materi kursus dari beragam topik bisa kamu dapatkan secara gratis, mulai dari ilmu komputer, bahasa, pengelolaan data, bisnis, dan lain-lain disediakan.

Pematerinya pun gak bisa dianggap remeh, karena edX bekerja sama dengan 120 institusi pendidikan ternama seperti Berkeley University of California, Harvard University, dan banyak lagi.

4. https://www.speaky.com/

Speaky com - 5 Situs Pelatihan Gratis Buat yang Susah Daftar Program Prakerja

Nah, platform ini sangat cocok buat kamu yang ingin semakin cas cis cus dalam berbahasa Inggris. Sebab, Speaky mempertemukan para peserta pelatihan dari berbagai negara yang akan menjadi lawan bicara kamu menggunakan Bahasa Inggris. Siapa tahu, dengan mendaftar pelatihan bahasa lewat Speaky, kamu yang jomblo bisa bertemu pujaan hati bukan?

5. https://learndigital.withgoogle.com/digitalgarage

google digital garage - 5 Situs Pelatihan Gratis Buat yang Susah Daftar Program Prakerja

Google menyediakan berbagai pelatihan online yang bisa kamu dapatkan secara gratis bernama Google Digital Garage. Platform ini cocok buat kamu yang ingin belajar cara membuka usaha atau bisnis secara online, karena ada banyak materi skill marketing yang diberikan.

(Baca juga: Cara Pinjaman Dana Cepat 1 Juta di UangTeman, Mudah Banget!)

Buruan yuk daftar pelatihan gratis buat meningkatkan kemampuan kamu di tengah kondisi sulit seperti sekarang ini. Siapa tahu dengan mendaftar pelatihan gratis berbisnis online atau pelatihan memasak dan lain sebagainya, kamu justru sedang merintis bisnis yang suatu saat bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Untuk modal awal bisnis kamu, manfaatkan saja layanan pinjaman online dari UangTeman yang bisa kamu ajukan secara mudah lewat CekAja.com.

Tenang saja, UangTeman sangat terpercaya dan bisa diandalkan kok. Meminjam uang dari UangTeman dijamin aman karena sudah terdaftar sebagai penyedia pinjaman online resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum