5 Situs Soal Latihan SBMPTN Beserta Kiat Mengerjakannya

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Waktu tes SBMPTN yang semakin dekat membuat banyak siswa kelas 3 sudah mulai mencari situs soal latihan SBMPTN untuk menguji kemampuan mereka dalam menghadapi ujian.

Memang bagi sebagian orang, ujian SBMPTN menjadi penentu apakah kamu berhasil diterima untuk mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri atau tidak.

Selain itu, Tes SBMPTN juga merupakan tes masuk Perguruan Tinggi Negeri yang hanya diadakan sekali dalam setahun, sehingga bagi yang tidak diterima, mau tidak mau harus mencoba lagi di tahun berikutnya.

Meskipun ada beberapa Universitas yang mengadakan ujian mandiri, tetap saja tes SBMPTN menjadi momen yang sangat dinanti karena para siswa tidak perlu mengeluarkan ongkos lebih untuk mengikuti tes di Perguruan Tinggi Negeri yang mereka inginkan, terutama bagi yang tinggal lintas pulau.

Selain itu, lokasi tes yang disesuaikan dengan domisili juga membuat ujian satu ini banyak diikuti oleh para siswa dari daerah yang bercita-cita untuk bisa melanjutkan ke Universitas yang diinginkan.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Brawijaya Bidang Saintek dan Soshum)

Hanya saja, banyaknya peserta yang mengikuti ujian ini secara tidak langsung membuat momen tes SBMPTN sekaligus dijadikan sebagai ajang dalam berkompetisi untuk memperebutkan bangku Universitas yang terbatas.

Nah, dikarenakan hal itulah berbagai cara pun dilakukan oleh para siswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes, mulai dari mengikuti bimbingan belajar (bimbel) hingga mengerjakan contoh-contoh soal yang terdapat di situs soal latihan SBMPTN yang sudah bisa kamu temukan dengan mudahnya melalui internet.

Jika kamu saat ini merupakan satu dari beribu-ribu orang yang tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian SBMPTN, jangan patah semangat.

Karena di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa situs soal latihan SBMPTN yang bisa kamu temukan dengan mudahnya di internet secara gratis.

Rekomendasi Situs Soal Latihan SBMPTN Gratis

1. Ruang Guru

Situs soal latihan SBMPTN yang pertama dan mungkin paling terkenal di Indonesia adalah Ruang Guru. Situs satu ini bukan hanya menyediakan contoh-contoh soal untuk SBMPTN saja, melainkan juga membantu para siswa dalam mengerjakan tugas-tugas mereka di semua jenjang, mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Tidak hanya itu saja, Ruang Guru bahkan juga menyediakan kelas untuk mengembangkan soft skill yang kamu miliki lho, sehingga untuk kedepannya kamu bisa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja atau keterampilan-keterampilan yang membuatmu mudah dalam mendapatkan pekerjaan impian.

Hanya dengan melakukan registrasi, kamu sudah bisa mengunduh contoh-contoh soal SBMPTN yang disediakan di berbagai mata pelajaran, mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika Dasar, Biologi, dan masih banyak lagi.

Melalui situs ini kamu akan menemukan 10 contoh pertanyaan yang juga dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan untuk masing-masing mata pelajaran.

Hanya saja, agar kamu bisa menikmati seluruh fitur yang disediakan, kamu diharuskan untuk menjadi member dan membayar sejumlah uang, tetapi tentunya masih terjangkau untuk para siswa.

Jika tidak menjadi member, maka kamu hanya bisa mengunduh soal dan mengerjakannya secara offline.

2. Tryout.id

Situs soal latihan SBMPTN selanjutnya adalah tryout.id. Agar bisa mengunduh dan mengerjakan soal-soal yang disediakan, kamu diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.

Tidak hanya untuk mempersiapkan ujian SBMPTN saja, situs ini juga menyediakan contoh-contoh soal untuk jenjang pendidikan lainnya, seperti Ujian Nasional SD, SMP, SMA, SMK, STAN, CPNS, Kebidanan, hingga Perbankan.

Registrasinya itu sendiri bisa kamu lakukan secara langsung di situsnya secara gratis. Apabila untuk pusat pembelajaran soal dan pembahasan terlengkap dan terbaik di Indonesia kita memiliki Ruang Guru sebagai versi berbayarnya, maka untuk versi gratis kita memiliki tryout.id.

Nah, setelah kamu melakukan pendaftaran, selanjutnya kamu sudah bisa mengikuti tryout online dengan memilih menu SBMPTN yang berada di bagian Home Page.

Ribuan soal dari berbagai materi pelajaran bisa kamu dapatkan, mulai dari Kimia, Fisika, Bahasa Indonesia, Ekonomi, Sejarah, hingga Tes Potensi Akademik yang disertai dengan soal-soal dari tahun sebelumnya lengkap dengan jawaban dan pembahasan.

3. Mediaeduka.com

Selanjutnya ada mediaeduka.com yang juga masuk ke dalam daftar rekomendasi situs soal latihan SBMPTN yang bisa kamu coba.

Hanya dengan melakukan registrasi saja, kamu sudah bisa mengunduh soal-soal yang tersedia secara gratis.

Selain SBMPTN, di mediaeduka.com kamu juga bisa menjumpai contoh-contoh soal untuk mempersiapkan tes CPNS dan Ujian Nasional di berbagai jenjang lho, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga SMK.

Tidak hanya menyediakan course secara gratis, melalui mediaeduka.com kamu juga bisa membeli buku kisi-kisi hingga modul sakti di berbagai mata pelajaran dengan harga yang relatif sangat terjangkau.

4. Utron.id

Meskipun tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan situs-situs yang baru saja disebutkan di paragraf sebelumnya, utron.id juga patut dijadikan sebagai pilihan untuk situs soal latihan SBMPTN.

Di situs ini kamu bisa melakukan tryout secara online untuk mempersiapkan ujian SBMPTN tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Tidak jauh berbeda dengan situs lainnya, di Utron kamu juga diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum bisa mengerjakan soal yang disediakan.

Terdapat tiga jenis soal yang bisa kamu pilih, yaitu TKA Saintek, TPS, dan TKA Soshum. Nah, untuk sistem pengerjaannya, kamu hanya perlu mengerjakan soal seperti biasa.

Kemudian setelah selesai mengerjakan seluruh soal yang ada, kamu akan mendapatkan poin yang mana apabila dijumlahkan kamu juga bisa mengetahui passing grade yang kamu dapatkan.

Setiap soal akan memiliki bobot poin yang berbeda, tergantung dari tingkat kesulitan dari masing-masing soal.

Jika kamu telah menyelesaikan seluruh tryout, pada nantinya kamu juga bisa mendapatkan hasil yang akan dikirimkan melalui email.

Selain itu, perlu diketahui pula bahwa situs ini gratis sehingga mungkin contoh-contoh soal yang disediakan pun cenderung terbatas.

5. Zenius.net

Selanjutnya ada zenius.net yang juga bisa dijadikan sebagai pilihan untuk situs soal latihan SBMPTN.

Tidak jauh berbeda dengan situs-situs lainnya, di Zenius kamu juga bisa melakukan latihan soal SBMPTN secara online lengkap dengan pembahasannya.

Tidak hanya soal SBMPTN, disini kamu juga bisa belajar untuk jenjang lainnya, mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Selain itu, kamu bahkan juga bisa mempersiapkan diri bukan hanya untuk SBMPTN saja, melainkan juga untuk Ujian Mandiri di beberapa Perguruan Tinggi Negeri lho.

Hanya saja, untuk bisa menikmati seluruh fitur yang ada, kamu diharuskan untuk menjadi membership terlebih dahulu dengan harga yang cukup terjangkau, khususnya bagi para pelajar.

Kiat-Kiat Mengerjakan Soal Ujian

Setelah mengetahui tentang situs soal latihan tes SBMPTN gratis yang bisa kamu temukan dengan mudahnya melalui internet, sekarang saatnya kita mengetahui tentang beberapa tips ampuh dalam mengerjakan soal ujiannya itu sendiri. Apa sajakah itu?

  • Kerjakan Soal yang Mudah Terlebih Dahulu

Kiat pertama dalam mengerjakan soal ujian adalah dengan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Terutama untuk tes SBMPTN, di masing-masing dari soal memiliki poin yang berbeda-beda, dan apabila ada satu soal yang salah, biasanya kamu akan mendapatkan pengurangan poin.

Nah, perlu diingat bahwa tujuan kamu untuk mengikuti tes adalah dengan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Maka dari itu, kerjakanlah seluruh soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu agar setidaknya kamu sudah bisa mendapatkan poin yang cukup.

Apabila kamu berlama-lama di satu soal sulit, maka tidak menutup kemungkinan kamu justru akan kekurangan waktu untuk mengerjakan soal lainnya.

  • Membuat Target untuk Waktu Pengerjaan

Dikarenakan waktu tes yang cenderung terbatas, maka penting hukumnya untuk membuat target dalam waktu pengerjaan.

Biasanya, di masing-masing sesi akan tertera waktu yang harus dipenuhi untuk setiap peserta ujian.

Ketika waktu pengerjaan sudah selesai, maka dapat dipastikan kamu tidak akan mendapatkan waktu ekstra untuk mengerjakan soal-soal yang belum selesai. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan waktu ujian tersebut dengan bijak.

  • Usahakan Masih Punya Waktu Luang untuk Kembali Mengerjakan Soal yang Dilewati

Berhubungan dengan poin sebelumnya, setelah kamu selesai mengerjakan soal-soal yang dianggap mudah, maka tentu kamu juga memiliki soal-soal yang belum dikerjakan karena dianggap sulit.

Usahakan bahwa kamu memiliki sedikit waktu luang untuk kembali mengerjakan soal-soal yang dilewati tersebut. Untuk mempermudah, meninggalkan sedikit jejak mungkin bisa membantu.

Sebagai contoh, kamu bisa meninggalkan simbol-simbol di setiap soal yang dikerjakan, seperti:

Simbol Bintang: Soal yang dianggap mudah dan bisa dikerjakan cepat

Simbol Lingkaran: Soal yang kira-kira tahu cara mengerjakannya tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama

Simbol Segitiga: Soal yang dianggap sulit gak tahu bagaimana cara mengerjakannya

Simbol Kotak: Soal yang aneh atau tidak ada jawabannya

  • Jangan Pernah Asal Nebak, Meskipun Kamu Tidak Tahu Jawabannya

Perlu diketahui bahwa ada beberapa soal yang memberikan nilai minus apabila peserta ujian salah menjawab. Nah, untuk soal-soal seperti ini, usahakan untuk tidak pernah asal nebak.

Karena, akan sangat disayangkan apabila kamu sudah benar menjawab beberapa soal tetapi justru mendapatkan pengurangan karena ada jawaban yang salah.

(Baca Juga: Ini Universitas Terbaik di Indonesia dan Pencetak Lulusan Berkualitas 2020)

Maka dari itu, masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ada baiknya jika kamu hanya mengerjakan soal-soal yang dianggap mudah atau setidaknya kamu tahu cara mengerjakannya.

Jika ada soal yang kamu tidak yakin dengan jawabannya, lebih baik kosongkan saja. Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha