Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 SMA Swasta Terbaik di Bandung Berdasarkan Capaian UN 2019

by Ayunindya Annistri on 23 Juni, 2020

Sebagai kota besar, Bandung unggul tak hanya dari segi pariwisatanya saja, namun juga pendidikan. Hal ini terbukti dari beberapa sma swasta terbaik di Bandung berikut, yang selalu menjadi incaran para siswa dan siswi saat tahun ajaran baru dimulai.

SMA Swasta Terbaik di Bandung

Daftar SMA Swasta Terbaik di Bandung

Setiap tahun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selalu merilis daftar capaian nilai ujian nasional di seluruh Indonesia, baik untuk jenjang SMP, SMA, SMK, maupun Paket B dan Paket C. Dari daftar ini, kamu bisa menentukan mana sekiranya sekolah yang cocok untuk anak dalam melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.

Nah, pada artikel ini CekAja akan membahas daftar sma swasta terbaik di Bandung berdasarkan hasil capaian UN 2019 untuk program IPA dan IPS yang telah dirilis oleh Kemendikbud. Yuk, simak bersama!

1. SMA Kristen 1 BPK Penabur

SMA Kristen 1 BPK Penabur

Alamat: Jalan Dursasana, No. 2-6 Cicendo, Kota Bandung

Website: https://smak1bpk.penabur.sch.id/

Kepopuleran SMA Kristen BPK Penabur tidak hanya dikenal luas oleh masyarakat Jakarta, namun juga Bandung. Menurut data Kemendikbud, sekolah Kristen yang berada di kawasan Cicendo ini meraih rerata nilai UN 86,47 untuk program studi IPA dan 84,00 untuk program studi IPS.

Dengan capaian hasil UN yang memuaskan itu, enggak heran bila SMA Kristen 1 BPK Penabur dianggap sebagai salah satu sma swasta terbaik di Bandung.

Tidak hanya unggul di bidang akademik, SMA ini juga memiliki beberapa fasilitas yang memadai guna mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Mulai dari perpustakaan, audio visual, laboratorium (komputer, fisika, kimia dan biologi), aula kebaktian, studio band, studio fotografi, studio rekaman hingga studio dance.

2. SMA Katolik Santo Aloysius 1

SMA Katolik Santo Aloysius 1 Bandung

Alamat: Jalan Sultan Agung No. 4 Citarum

Website: –

Memiliki nilai rerata UN 2019 yang tidak jauh berbeda dengan SMA Kristen 1 BPK Penabur, yakni 84,76 untuk program studi IPA, sma swasta terbaik di Bandung ini ternyata merupakan salah satu sekolah swasta Katolik tertua yang telah berdiri sejak 1930 silam, dan berada di bawah naungan Yayasan Mardiwijana serta Satya Winaya.

SMA Katolik Santo Aloysius 1 ini memiliki sederet fasilitas unggulan yang membuatnya masuk dalam daftar sma swasta terbaik, mulai dari perpustakaan, laboratorium sains, ruang kelas dilengkapi AC, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa, tempat gym, hingga area wifi.

Tak cuma itu, demi meningkatkan kualitas para siswa dan siswi khususnya di bidang non-akademik, SMA Katolik Santo Aloysius 1 menyuguhkan beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang bisa diikuti oleh anak didik. Beberapa diantaranya seperti TOP Drum and Bugle Corps, Basket, Paduan Suara, Paskibra, dan Korps Palang Merah Santo Aloysius.

(Baca Juga: 4 SMP Swasta Terbaik di Bandung)
3. SMA Santa Angela

SMA Santa AngelaAlamat: Jalan Merdeka No. 24, Kota Bandung

Website: https://www.santa-angela.sch.id/

Berikutnya sma swasta terbaik di Bandung adalah SMA Santa Angela. Tidak hanya untuk tingkat pendidikan SMA saja, yayasan pendidikan yang terletak di Jalan Merdeka ini juga menyediakan sekolah untuk tingkat pendidikan kelompok bermain, TK, SD, hingga SMP.

Keseluruhan tingkat pendidikan pada Yayasan Santa Angela menggunakan nila-nilai dasar pendidikan Ursulin yang disebut pula Servite et Amate, artinya ‘Layanilah dan Cintailah’. Salah satu misi dari SMA Santa Angela adalah sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pembelajaran berkualitas dan terpadu.

Sekolah ini berhasil meraih nilai rerata UN tinggi pada 2019, yaitu sebesar 78,74 untuk program studi IPA dan 77,39 untuk program studi IPS.

4. SMA Terpadu Krida Nusantara

SMA Terpadu Krida Nusantara

Alamat: Jalan Desa Cipadung, Pasir Biru, Kecamatan Cibiru  

Website: https://www.kridanusantara.com/

Dibawah naungan Yayasan Krida Nusantara, salah satu sma swasta terbaik di Bandung ini diketahui unggul untuk program studi IPS pada hasil capaian nilai UN 2019, yaitu 74,48 menurut data Kemendikbud.

Sekolah menengah atas yang berada di Cibiru ini menyediakan asrama dengan kualitas mumpuni untuk siswa dan siswi selama masa pendidikan. Beberapa fasilitas pun juga dianggap tak kalah bagus, seperti smart class, lapangan sepak bola dan jogging track, student centre, ruang makan, perpustakaan, galeri seni, dan gelanggang olahraga.

Selain itu, SMA Terpadu Krida Nusantara juga memiliki beberapa ekstrakulikuler, baik untuk bidang akademik maupun non akademik yang bisa dipilih oleh siswa dan siswi. Mulai dari Literasi, Artemis, Komputer dan Fotografi, Pramuka, Paduan Suara, hingga Marching Band.

(Baca Juga: Daftar Universitas Swasta Terbaik di Bandung)
5. SMA BPK Penabur Holis

SMA BPK Penabur Holis

Alamat: Komplek Taman Holis Indah Blok A Bandung

Website: https://smathibpk.penabur.sch.id/

Masih dari Yayasan BPK Penabur, sma swasta terbaik di Bandung yang berikutnya adalah SMA BPK Penabur Holis. Sekolah ini meraih capaian nilai UN pada 2019 sebesar 78,97 untuk program studi IPA berdasarkan data penilaian pendidikan Kemendikbud.

Uniknya, SMA BPK Penabur Holis ini memiliki program khusus untuk pengembangan keahlian para siswa dan siswi yang diberi nama “Potential Skill Program”.

Program ini memungkinkan anak didik untuk mengasah kemampuannya dibidang non-akademik yang disukai, mulai dari PSP Cooking Hospitality, PSP Art, PSP Japan Club, PSP Dance, PSP Hairdressing, PSP Mandiri Club, hingga PSP Vocal.

Nah, itu tadi kelima sma swasta terbaik di Bandung berdasarkan hasil capaian UN 2019. Perlu diketahui jika biaya pendaftaran maupun biaya masuk dari sma swasta biasanya cukup mahal, bahkan bisa mencapai puluhan juta.

Maka dari itu, sebagai orang tua yang cerdas, kamu perlu menyiapkan dananya sedari awal agar anak dapat bersekolah di sma swasta terbaik di Bandung.

Namun kalau sampai saat ini, dana yang terkumpul belum sesuai target, enggak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan pinjaman dana tunai dari CekAja.com.

Lewat CekAja, kamu bisa mengajukan pinjaman secara online dengan proses cepat, cicilan ringan dan bunga rendah hanya sekitar 0,65 persen saja.

Yuk, ajukan pinjaman dana tunai untuk pendidikan buah hatimu sekarang juga dan nikmati beragam manfaatnya!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau