Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Dia 5 Smartphone Paling Ngebut di 2018

by Gito on 6 Juli, 2018

Kebutuhan akan ponsel pintar di zaman yang serba hi-tech seperti sekarang ini terus menanjak. Tingginya mobilitas masyarakat yang dipengaruhi oleh tuntutan pekerjaan dan juga gaya hidup yang serba instan, memaksa segala sesuatunya berjalan lebih efisien dan efektif.

smartphone 2018

Berdasarkan data firma riset Gartner, sepanjang tahun lalu penjualan ponsel pintar mencapai 1,56 miliar unit. Angka yang cukup fantastis tersebut dihasilkan dari beberapa merek ternama seperti Samsung, Apple, Huawei, OPPO, Vivo dan lain sebagainya.

Sementara itu, melansir perusahaan benchmark, Antutu, pada tahun ini terdapat 5 ponsel pintar yang memilki performa paling moncer. Entah kebetulan atau tidak, ke-5 ponsel tersebut merupakan ponsel asal negeri tirai bambu alias China, yang dulunya selalu tergeser oleh ponsel asal Eropa dan Korea Selatan. Yuk cek!

• Mi Black Shark

Raksasa teknologi asal China, Xiaomi baru saja merilis ponsel pintar untuk Anda para gamers, Mi Black Shark. Ponsel yang menduduki peringkat teratas ponsel pintar tercepat versi Antutu itu memiliki total skor 287.759 poin.

Karena memang ditujukan untuk para gamers, Xiaomi memasang RAM dengan kapasitas 8 gigabyte (GB) dan memori internal mulai dari 64 GB hingga 128 GB. Selain itu, Xiaomi juga membekali ponsel canggih ini dengan prosesor snapdragon 845 SoC dengan sistem pendingin atau liquid cooling.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depan dan belakang dengan spesifikasi mencapai 20 megapiksel untuk masing-masing kamera. Nah untuk mendapatkannya, Anda harus menyediakan dana sekitar Rp10 juta. Namun dengan segala kelebihannya, harga tersebut sudah termasuk bagus.

(Baca juga: Hore! Pendaftaran CPNS 2018 akan Dibuka Agustus Ini)

• Vivo Nex S

Meskipun terhitung pendatang baru, Vivo dengan seri Vivo Nex S yang baru dirilis bulan lalu berhasil menduduki peringkat 2 ponsel tercepat dengan skor 284.227 poin.

Spesifikasi yang diberikan pada ponsel anyar ini memang tidak tanggung–tanggung, dengan kapasitas RAM yang mencapai 8 GB, ponsel ini bakal tetap “ngebut” jika membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Disamping itu, kualitas prosesornya juga cukup oke dengan Snapdragon 845 octacore dan fitur browser HTML 5. Untuk ruang penyimpanan, Vivo Nex S dibekali dengan memori internal 128 GB dan 256 GB.

(Baca juga: Ini Fakta-fakta Menarik Soal Tik Tok)

• OnePlus 6

Satu lagi ponsel asal China yang masuk dalam ponsel tercepat versi Antutu. OnePlus 6 berhasil masuk dalam peringkat ketiga ponsel tercepat dengan jumlah skor 282.275 poin. Untuk kecepatan “berpikir”, ponsel ini tidak diragukan lagi karena terdapat RAM berkapasitas 8 GB yang bakal memanjakan Anda.

Apalagi memori penyimpanannya juga disediakan cukup lega dengan kapasitas maksimum 256 GB. Menyoal prosesor, anak usaha OPPO ini menanamkan Snapdragon 845 octacore di ponsel anyar ini dengan sistem operasi Android 8.1 (Oreo).

(Baca juga: 5 Smartphone Keren Ini Bakal Rilis di Tahun 2018)

• Mi 8

Ponsel Xiaomi kembali masuk dalam jajaran ponsel tercepat. Kali ini seri yang masuk adalah Xiomi Mi 8 yang menduduki posisi 4 dengan skor 273.221. Berbeda dengan seri Black Shark, kapasitas RAM yang tertanam dalam Mi 8 hanyalah sebesar 6 GB. Meski begitu spesifikasi Mi 8 tetap berada jauh diatas ponsel–ponsel pintar lainnya yang kebanyakan RAM nya hanya berkapasitas 2 GB.

Slot memori internal yang diberikan juga cukup bervariasi, mulai dari 64 GB, 128 GB dan 256 GB. Sementara untuk prosesor, ponsel ini dibekali dengan Snapdragon 845 octacore yang menggunakan sistem operasi Android 8.1 (Oreo).

(Baca juga: Cek Harga Tiket Meet and Greet Artis, Siapa Tertinggi?)

• Smartisan Nut R1

Ponsel asal negeri tirai bambu ini berhasil menduduki peringkat ke 5 ponsel tercepat versi Antutu dengan skor 273.152 poin. Dengan kapasitas RAM sebesar 6 GB dan memori internal 64 GB akan sangat membantu Anda dalam beraktivitas. Sistem operasinya menggunakan Android 8.0 (Oreo) dan performance octacore.

Produk China memang kerap dianggap sebelah mata oleh produk lain yang berasal dari Eropa atau Korea sekalipun. Namun ingatkah Anda tentang tumbangnya raksasa ponsel asal Finlandia, Nokia yang tergerus oleh gempuran ponsel asal Korea Selatan seperti Samsung dan LG?

Melihat kondisi Sekarang, hal tersebut berpotensi terulang lagi. Karena ponsel yang dulu dianggap produk lapis ke-2 sekarang hadir dengan teknologi mumpuni yang mampu menyalip spesifikasi ponsel asal Korea Selatan dan tentunya dengan harga yang miring pula.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit