Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Strategi Agar Capai Kemerdekaan Finansial

by Achmad Fauzi on 15 Agustus, 2018

Republik Indonesia kini telah merdeka selama 73 tahun. Namun kata merdeka bukan hanya untuk negara yang sudah terbebas dari penjajahan. Kata merdeka juga bisa dikaitkan dengan masalah lain termasuk merdeka dalam hal finansial.

kebiasaan positif orang kaya - CekAja.com

Predikat merdeka finansial tentu cocok bagi mereka yang sudah bebas mewujudkan berbagai keinginan dalam hidup tanpa takut jadi bangkrut. Nah, bagaimanakah cara untuk bisa merdeka finansial? Simak beberapa strategi berikut untuk mencapai kemerdekaan finansial.

Mulai membuat rencana pengeluaran

Untuk mencapai kemerdekaan finansial, Anda harus perlu tahu berapa pengeluaran Anda selama sebulan. Untuk mencari tahu berapa pengeluaran pasti, Anda perlu membuat rencana pengeluaran terlebih dahulu. Hitunglah pengeluaran Anda mulai dari makan, transportasi, hingga belanja keperluan pribadi.

(Baca juga: INTERVIEW : Mengukur Potensi Bisnis Lembaga Credit Scoring)

Usahakan, atur pengeluaran seminim mungkin atau usahakan pengeluaran hanya 50 persen dari pendapatan. Hal ini agar Anda bisa mempunyai dana lebih setelah Anda mengeluarkan dana untuk berbagai keperluan selama sebulan. Jika Anda masih mempunyai dana lebih, maka Anda berpotensi mencapai kemerdekaan finansial.

Mulai cari pendapatan lain

Anda jangan hanya terpaku pada satu sumber pendapatan Anda selama sebulan. Anda bisa membuka usaha untuk meraih pendapatan tambahan. Mulailah membuka usaha yang mudah terlebih dahulu seperti usaha makanan. Nah, Anda bisa menggunakan tabungan untuk modal awal usaha.

Selanjutnya, jika usaha mulai terlihat memberikan keuntungan lumayan,  Anda dapat mencari tambahan modal dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman perbankan. Tujuannya, untuk mengembangkan usaha sehingga untung yang didapat akan lebih banyak.  Nah berikut jenis-jenis usaha yang bisa balik modal secara cepat:

(Baca juga: Cek Yuk, Tarif Pembuatan Pelat Nomor Kendaraan Pilihan)

Bisnis makanan

Anda bisa mencoba bisnis makanan yang sedang hits atau viral saat ini. Atau, Anda juga  bisa membuat makanan kreasi sendiri yang menarik sehingga calon konsumen akan penasaran membelinya.

Bisnis kerudung

Anda bisa menawarkan kerudung dengan desain sekreatif mungkin. Usahakan untuk menghadirkan kerudung yang unik dan berbeda dari yang lain. Dengan begitu, calon konsumen mudah tertarik untuk membeli kerudung dari Anda.

Siapkan dana cadangan

Dana cadangan juga bisa mengantarkan Anda menuju kemerdekaan finansial. Dana cadangan tersebut bisa berguna jika pengeluaran Anda tiba-tiba melonjak karena kebijakan pemerintah seperti harga BBM yang naik atau harga bahan-bahan pokok yang naik.

(Baca juga: Cek, Fakta Unik Dibalik Perjuangan Orang-orang Terkaya!)

Nah, dengan adanya dana cadangan Anda tak perlu pusing-pusing lagi untuk mencari dana untuk pengeluaran yang tiba-tiba melonjak. Anda bisa menyiapkan dana cadangan dengan membuka deposito berjangka. Dengan deposito, Anda bisa mengambil tabungan dengan jangka waktu yang diinginkan misalnya 3 bulan atau 6 bulan.

Jangan ajukan kredit jika kredit lain belum lunas

Anda bisa merdeka secara finansial jika telah lunas dari utang yang ada. Maka dari itu, Anda tak perlu mengajukan kredit jika kredit Anda yang lain belum lunas. Anda harus fokus untuk melunasi utang kredit yang sebelumnya.

Jika Anda mengajukan kredit lagi, maka itu akan mengganggu keuangan Anda. Pengeluaran Anda akan kacau balau dengan pengajuan kredit yang baru. Sehingga, sebelum mengajukan kredit, Anda harus berpikir secara matang.

(Baca juga: Cek! 5 Dampak Finansial Jika Terjadi Perceraian)

Mulai investasi jangka panjang untuk hari tua

Anda juga bisa merdeka finansial jika Anda memiliki dana yang cukup ketika mencapai usia tua. Maka dari itu, Anda perlu menginvestasikan dana Anda dari sekarang untuk masa depan.

Sehingga, pada hari tua Anda tak perlu pusing lagi meminta dana dari anak atau meminjam dari perbankan untuk kebutuhan sehari-hari. Karena, Anda telah menikmati hasil dari investasi di masa lalu. Anda bisa menginvestasikan dana Anda di reksa dana, surat utang negara, dan lainnya.

Itulah berbagai strategi agar Anda bisa mencapai merdeka finansial. Dengan Anda mengikuti semua strategi di atas, diharapkan Anda menjadi orang yang merdeka secara finansial. Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Achmad Fauzi

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami