Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Strategi Simpel Agar Lebih Murah Saat Pindah Rumah

by Rafly Aditia on 22 April, 2016

Punya rumah baru ibarat mimpi yang berhasil dicapai. Setelah bersusah-susah mengumpulkan uang untuk beli rumah, akhirnya semua jerih payah terbayarkan. Sekarang, saatnya untuk pindah dan membawa barang-barang milik kamu ke rumah baru.

Rupanya biaya pindah rumah tidak murah. Padahal, uang tabungan sudah terkuras habis untuk membeli rumah dan urusan tetek-bengek adminsitrasi. Nah, biar biaya pindahan kamu lebih irit, kali ini tim CekAja.com akan memberikan 5 strategi simpel biar pindah rumah tidak jadi bencana finansial bagi kamu. Begini caranya:

Manfaatkan mobil pribadi

Keuntungan Beli Mobil Bekas

Untuk kamu yang memiliki mobil pribadi, manfaatkanlah untuk pindahan. Lebih mujur apabila punya mobil berukuran besar. Cukup dengan mencopot kursi belakang dan tengah, banyak barang yang bisa muat ke dalam mobil.

Utamakan barang-barang yang aman dan bisa dimasukkan ke dalam kardus seperti baju-baju, atau sepatu agar risiko barang rusak tidak besar. Dengan menggunakan mobil pribadi, kamu bisa irit hingga Rp 350 ribu rupiah dibanding sewa satu buah mobil bak untuk mengangkut barang-barang tersebut. Kalau kamu tidak punya mobil pribadi, coba pinjam pada orang tua atau keluarga. Bila sudah kepepet, sewa mobil teman juga boleh asal harganya bersahabat.

Minta bantuan teman dan tetangga

FB_1 (5)

Ketika kamu pindah rumah, cobalah untuk minta bantuan teman dan para tetangga dekat yang memang punya waktu luang. Biasanya kalau kamu punya hubungan yang baik, mereka mau membantu dengan percuma. Cukup sediakan makanan dan minuman sebagai ganti tenaga mereka.

Dengan bantuan teman atau tetangga, kamu bisa menghemat uang banyak. Bandingkan kalau harus menggunakan jasa tukang angkut barang yang biayanya bisa ratusan ribu rupiah.

Pindah saat malam

Bandung

Mengapa pindah saat malam bisa lebih murah? Begini, biasanya kalau siang apalagi jam kerja, jalanan akan sangat macet. Otomatis, penggunaan bensin bisa berkali-kali lipat. Selain itu waktu yang dikorbankan juga lebih banyak.

Sementara kalau pindah saat malam hari, jalanan cenderung kosong sehingga penggunaan bensin juga jauh lebih irit. Bukan cuma itu, waktu berpindah rumah juga bisa lebih cepat karena tidak perlu berlama-lama di jalan.

(Baca juga: Keluarga Muda, Pilih MPV atau Mobil Sedan?)

Jual barang gak terpakai

ARTICLE_CLEO_FB_1

Ketika kamu pindah rumah, ada beberapa barang yang mungkin tidak akan terpakai di rumah baru. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari tidak muat karena rumah baru memiliki ukuran yang lebih kecil sampai tidak sesuai dengan konsep rumah.

sebaiknya jual barang tersebut agar uang hasil penjualan bisa dipakai untuk menutup biaya pindahan. Pastikan untuk menyeleksi mana barang yang perlu dibawa dan tidak jauh hari sebelumnya. Bila sudah ada daftarnya, jual barang tak terpakai itu secara online.

Manfaatkan barang yang ada

Tata-Ruang-Lebaran

Kebalikan dari poin sebelumnya, kali ini kamu harus memanfaatkan barang yang ada. Memang ketika pindah rumah, keinginan untuk membeli perabotan baru juga begitu tinggi. Tapi, kalau barang milikmu masih layak digunakan sebaiknya stop keinginan tersebut. Dengan memanfaatkan barang yang dimiliki saat ini, pengeluaran hingga jutaan rupiah bisa diantisipasi.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami