Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Syarat Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

by Rafly Aditia on 13 Januari, 2017

cara cepat tidur - CekAja.com

Tidur yang berkualitas akan sangat mempengaruhi produktivitas seseorang. Namun, tidur berkualitas tidak melulu tentang durasi dan waktu tidur lho.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Nah, kamu yang ingin tidur berkualitas, coba lakukan beberapa hal ini. :

Tidur siang bermanfaat

Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat di kantor untuk tidur siang. Tidur siang selama 10-15 menit merupakan waktu yang baik untuk memulihkan tenaga. Namun, kalau kamu tidur siang sedikit lebih lama, contohnya hingga 90 menit, kamu bakal mendapatkan manfaat optimal.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

Asup protein dulu sebelum tidur

Apabila kamu menjalani aktivitas yang berat seperti berolahraga, ada baiknya mengonsumsi protein sebelum tidur. Mengapa demikian? Karena protein yang dikonsumsi berfungsi membuat otot-ototmu pulih setelah melakukan latihan berat. Kamu pun tidak akan merasa pegal-pegal berlebihan setelah bangun tidur.

Kurangi menatap layar smartphone

Sekarang, banyak orang yang tidak bisa lepas dari layar smartphone. Mulai dari chatting dengan gebetan atau sekadar buka sosial media sebelum tidur adalah aktivitas yang sering dilakukan orang. Namun hal tersebut sebenarnya tidak bermanfaat dan malah memberikan dampak buruk pada tidurmu.

Sinar yang dipancarkan layar smartphone dapat menghambat pelepasan hormon melatonin yang berfungsi membuat  tidur lebih berkualitas. Untuk itu, usahakan agar tidak menyentuh smartphone 1 jam sebelum tidur .

Jangan minum alkohol

Minuman beralkohol bukan hanya dapat menurunkan kadar hormon testoteron dan membuat mabuk. Tetapi alkohol juga mencegah orang tidur dengan lelap. Ketika kamu minum minumam beralkohol maka ritme circadianmu terganggu, dan kamu bakal lebih sering terbangun dari tidurmu karena pengaruh alkohol. (Baca juga: Gaya Hidup Hemat yang Patut Kita Tiru dari Pak Jokowi)

Hindari minuman berkafein

Kalau kamu memiliki kebiasaan minum minuman berkafein, sebaiknya mulai hindari hal tersebut khususnya saat sore atau malam. Efek minum kopi di pagi hari lebih positif dibanding saat sore atau malam hari.

Karena kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh bakal membuatmu memiliki energi yang melimpah, sehingga kamu akan sulit untuk tidur tepat waktu.

Daftar asuransi kesehatan terbaik di Indonesia secara online di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami