Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

5 Tema Foto Prewedding Berkonsep Casual yang Jadi Incaran Milenial

by Nadhillah Kusindriani on 26 Desember, 2019

Tema foto prewedding merupakan salah satu poin penting yang harus dipikirkan secara matang sebelum foto prewedding dilakukan. Hal tersebut karena foto prewedding biasanya menjadi bagian yang cukup penting bagi banyak pasangan untuk mengabadikan momen bahagianya.

Tidak hanya asal foto, banyak pasangan mencari berbagai tema yang unik dan menarik, demi menunjukkan konsep dan pose terbaiknya, untuk dipajang saat acara pernikahan berlangsung.

Nah, di era milenial saat ini, konsep casual menjadi salah satu pilihan favorit untuk foto prewedding. Tak perlu merogoh kocek yang besar untuk menyewa studio foto, konsep casual ini menarik perhatian para milenial yang akan melakukan sesi foto prewedding, karena lokasinya dapat dilakukan dimana saja.

Banyak tema untuk foto prewedding berkonsep casual, yang bisa kamu jadikan referensi, dan lima konsep tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.

5 Tema Foto Prewedding Konsep Casual
1. Bohemian

Tema foto prewedding yang pertama adalah Bohemian. Dimana tema ini, akan membuat sesi foto kamu jadi ceria dan casual. Tidak hanya itu, tema Bohemian juga jadi salah satu tema yang sedang tren di kalangan milenial. Tema ini, biasanya identik dengan latar belakang taman atau hutan.

Kamu bisa membangun sebuah tenda yang minimalis, dan juga bisa menambahkan properti seperti bunga-bunga yang mengililingi tenda tersebut. Lalu, letakkan sebuah kain untuk alas duduk agar suasana taman atau hutan lebih terasa.

Untuk soal pakaian, kamu bisa mengenakan maxi dress yang simpel dengan motif floral, dan kemeja putih dengan tali suspender yang dipermanis dengan dasi kupu-kupu untuk pasanganmu. Jangan lupa pakai sneakers favorit, untuk menambah kesan casual pada style-mu agar terlihat semakin oke saat difoto.

2. Film

Tema foto prewedding yang kedua adalah tema film. Seperti yang kita tahu, menonton film merupakan salah satu kegiatan yang biasanya disukai oleh pasangan. Nah, kegiatan tersebut bisa kamu angkat jadi tema untuk foto prewedding kamu, yang unik dan menarik loh.

Dengan menggunakan latar di ruang tengah, ditambah sofa dan televisi yang diletakkan di atas meja, menjadikan salah satu tema dengan konsep casual ini tak bikin kantong jebol karena memiliki budget yang cukup murah. Selain itu, sebagai pemanis, kamu bisa menaruh semangkuk popcorn dan minuman sebagai camilan pendamping menonton film.

Untuk dress code, kamu bisa tonjolkan konsep casual dari pakaiamu, dengan mengenakan busana santai dan bergaya seolah-olah kamu sedang menonton film,  sambil memakan camilan dengan kaki bersila. Jika perlu, kamu juga bisa menggunakan kacamata 3D sebagai aksesoris tambahan untuk memberikan kesan vintage.

3. Black And White (B&W)

Tema yang selanjutnya adalah B&W. Dimana tema unik yang satu ini menggunaan warna-warna serba monokrom atau hitam putih, untuk memberikan kesan casual namun tetap terlihat menarik. Selain itu, tema ini juga menjadi incaran para kaum milenial, karena kualitas dan tampilan dari foto yang dihasilkan, terlihat klasik dan timeless.

Jika kamu suka gaya minimalis dan edgy, kamu bisa mengenakan kaos yang dipadukan dengan jeans standar, lalu dibalut dengan belt untuk mempercantik penampilanmu. Untuk pasanganmu bisa mengenakan kaos dengan celana jeans selutut, tak lupa sneakers atau boots favorit.

Tidak hanya itu, dengan mengambil tema B&W untuk foto prewedding, kamu juga akan mendapatkan momen seru bagi kamu dan pasagan. Karena dapat menonjolkan chemistry dan ekspresi wajah, dibandingkan latar belakang atau lokasi fotonya.

4. Aktivitas Favorit

Berikutnya adalah aktivitas favorit, dimana tema ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk foto prewedding. Seperti yang kita tahu, bahwa setiap pasangan pasti memiliki aktivitas tersendiri yang rutin dilakukan. Sehingga, tema ini bisa mencerminkan karakter asli kamu dan pasangan.

Busana yang kamu kenakan pun disesuaikan dengan aktivitas favoritmu. Jika kamu dan pasagan hobi bermain basket, kamu bisa memakai satu set perlengkapan untuk bermain basket, mulai dari baju hingga properti pendukung lainnya, seperti bola basket dan headband.

Untuk latar belakang foto preweddingnya, kamu bisa menggunakan lapangan basket favorit, yang biasa kamu dan pasangan gunakan saat bermain basket. Cukup mudah dan tidak merogoh kocek yang besar bukan?

(Baca Juga: Deretan Souvenir Pernikahan yang Unik, Kreatif dan Bermanfaat)
5. Vintage

Tema yang terakhir dan paling diincar oleh milenial adalah tema foto prewedding vintage. Dimana, tema ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan konsep ala tahun 70-an. Tema vintage ini bisa kamu tonjolkan dari lokasi dan penampilanmu.

Latar untuk foto prewedding dengan tema vintage ini, bisa kamu lakukan di restoran dan lokasi lainnya, yang menawarkan suasana jaman dahulu, agar tema vintage semakin terasa di foto preweddingmu.

Untuk busana, kamu bisa menggunakan rok model A-line, flared skirt dengan panjang di bawah lutut. Setelah itu, jangan lupa mengenakan headband, motif polkadot sampai dengan lipstick merah, yang menjadi ciri khas gaya berbusana tahun 70-an, dimana hal tersebut bisa kamu jadikan referensi berpakaian. Sangat casual bukan?

Kamu bisa mendapatkannya di thrift shop, dengan harga yang terjangkau ataupun kamu bisa menggunakan baju dan celana milik orang tua mu zaman dulu.

Lima tema foto prewedding di atas, memang sangat menarik dan menjadi incaran pasangan milenial. Namun semua hal tersebut, mungkin tidak akan berjalan lancar sesuai harapan tanpa adanya persiapan, demi miliki konsep foto prewedding yang diinginkan.

Nah, agar prosesi foto preweddingmu berjalan lancar sesuai harapan, berikut tips yang patut kamu lakukan, dalam memilih konsep dan tema untuk foto prewedding.

Tips Memilih Konsep dan Tema Foto Prewedding
  • Menyesuaikan Hobi

Hobi bisa kamu jadikan salah satu ide dalam menentukan konsep dan tema foto prewedding. Hal ini akan lebih berkesan jika kamu dan pasangan memiliki hobi yang sama.

Seperti misalnya kamu dan pasangan senang bermain go kart, maka kamu bisa mengambil tema go kart dengan mengenakan kostum lengkap. Lalu berfoto di sirkuit tempat kamu dan pasangan bermain go kart. Sangat menarik bukan?

  • Menyesuaikan Pekerjaan atau Profesi

Konsep ini bisa jadi referensi, ketika kamu berencana untuk melakukan foto prewedding. Terlebih, jika kamu ataupun pasangan memiliki kostum khusus pada pekerjaannya, seperti dokter, polisi, tentara ataupun pemain bola.

Hal tersebut bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi kamu dan pasangan, karena menunjukan pencapaian kepada keluarga dan kerabat melalui tema dan konsep foto prewedding ini.

  • Momen Pertemuan Pertama

Pengalaman atau momen saat pertemuan pertama merupakan sesuatu yang sangat berkesan dalam perjalanan cinta dan kehidupanmu selanjutnya ketika sudah berumahtangga.

Hal tersebut menjadi sesuatu yang harus diabadikan melalui sebuah foto prewedding. Dengan mengambil konsep dan tema foto prewedding ini, bisa mengembalikan kenangan indah tersendiri bagi kamu dan pasangan.

  • Harapanmu dan Pasangan

Sebuah tema untuk foto prewedding tidak selalu tentang apa yang kamu dan pasangan miliki atau capai, tetapi juga bisa tentang harapan kamu dan pasangan kedepannya. Misalnya seperti traveling keliling dunia, memiliki keluarga bahagia dan lain sebagainya yang bisa kamu tampilkan dalam foto preweddingmu .

  • Berkonsep Unik dan Lucu

Konsep ini bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat menarik, karena foto yang dihasilkan akan memiliki kesan fresh dan tidak mainstream seperti konsep prewedding pada umumnya.

Seperti misalnya kamu dan pasangan mengenakan seragam SD, kostum badut maupun kostum lainnya. Tidak hanya itu, konsep ini juga akan terlihat lebih menarik jika ditambah dengan properti pendukung serta ekspresi yang unik.

Jika tema foto preweddingnya sudah tersusun dengan matang dan rapi, kini saatnya kamu memperhatikan beberapa hal ketika foto prewedding dengan konsep casual. Berikut tips yang bisa kamu lakukan.

(Baca Juga: Pengen Cepet Halal? Simak Dulu Langkah-Langkah Mengurus Pernikahan)
Tips Foto Prewedding Tema Konsep Casual
  • Penentuan Tema Warna

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam foto prewedding konsep casual adalah warna. Selain warna latar belakang, busana yang dikenakan model, makeup hingga properti juga perlu kamu perhatikan secara detail. Kamu bisa menggunakan warna-warna yang harmonis dan selaras dengan yang lainnya, seperti warna merah yang diharmonikan dengan warna kuning.

  • Penentuan Jenis Makeup

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah jenis makeup. Karena makeup yang kamu kenakan secara tidak langsung menunjukkan tema foto preweddingmu. Jangan sampai salah memilih Makeup Artist, karena jika foto preweddingmu memiliki konsep casual, kamu tidak memerlukan makeup yang tebal, cukup dengan riasan ringan yang akan memberikan kesan natural dan fresh.

  • Penentuan Lighting (Pencahayaan)

Lighting yang tepat dengan menggunakan rekayasa pencahayaan flash yang soft dapat menghasilkan foto prewedding konsep casual sesuai dengan harapanmu. Selain itu, angle dari lighting juga mempengaruhi mood atau suasana dari foto kamu juga loh, jadi penting untuk kamu perhatikan.

  • Penentuan Pose

Pose yang bagus dan sesuai dengan konsep akan sangat mendukung potret prewedding konsep casualmu. Tidak hanya itu, lekukan tubuh, letak dan posisi wajah hingga cara meletakkan tangan sangat penting kamu perhatikan untuk mewujudkan foto prewedding dengan konsep casual yang menarik.

  • Penentuan Properti

Kadang kala peran properti sering terlupakan, karena kamu lebih terfokus ke hal-hal yang besar. Pada dasarnya properti memiliki peran sebagai pelengkap atau pemanis di foto kamu, loh.

Pastikan kalau properti yang kamu pilih memiliki konsep casual, sehingga selaras dengan tema foto preweddingmu. Kemudian, letakkan properti secara strategis dalam komposisi foto agar terlihat manis.

  • Penentuan Latar Dengan Tema Konsep Casual

Latar belakang dalam foto prewedding tidak harus sesuatu yang wah dan rumit, bisa sederhana dengan menggunakan kain berwarna, atau latar hanya menggunakan sebuah ruangan.

Latar atau backdrop dari sebuah pemotretan pada dasarnya tidak memiliki pengaruh yang besar, namun tetap harus diperhatikan agar tidak menjadi sesuatu yang “mengganggu” dalam komposisi foto preweddingmu.

Nah, beberapa tips dan referensi tema foto prewedding sudah dipaparkan di atas. Bagaimana, sudah tahu mau memilih konsep dan tema yang seperti apa? Jika semua perencanaan terkait tema hingga konsep prewedding sudah tersusun rapi, kini saatnya kamu memikirkan biayanya ya.

Akan tetapi, jika dana yang kamu miliki masih belum cukup untuk memenuhi biaya melakukan foto prewedding impian, tak perlu khawatir. Karena, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai atau KTA, dengan cepat dan mudah hanya di situs CekAja.com. Yuk ajukan sekarang!

Tentang Penulis