Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Tempat Wisata Antimainstream di Palembang dan Sekitarnya

by Tisyrin N. T on 19 Juli, 2018

Tak lama lagi, hajatan olahraga Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang. Bagi Anda yang berniat menonton langsung di Palembang, tak ada salahnya menyelipkan kegiatan jalan-jalan disela-sela jadwal menonton pertandingan.

asuransi perjalanan

Asian Games 2018 akan diadakan pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Lokasinya di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta serta Jakabaring Sport City Palembang. Ajang yang diselenggarakan oleh Olympic Council of Asia (OCA) tersebut akan menampilkan 24 cabang olahraga.

Nah, bicara soal Palembang, apa yang terbayang ketika mendengar nama Kota Palembang? Pempek dan Jembatan Ampera? Makanan dan nama tempat tersebut memang melekat erat dengan Kota Palembang.

Selain Jembatan Ampera, tempat wisata Palembang lain yang sudah sangat dikenal yaitu  Pulau Kemaro dan Benteng Kuto Besak. Namun, Palembang dan sekitarnya sejatinya memiliki banyak tempat memesona tetapi belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Ini daftarnya:

(Baca juga: INFOGRAFIS: 4 Pengeluaran Terbesar Anak Sekolah dan Kiat Mempersiapkan Dananya)

Pulau Maspari

(trijayafmplg.net)

Siapa sangka, Palembang punya pesona wisata bahari yang memukau. Jika tak percaya, Anda dapat menyambangi Pulau Maspari. Pulau yang satu ini masih jarang diketahui wisatawan. Lokasinya di Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Untuk mencapai pulau kecil yang sangat indah ini, Anda memerlukan waktu sekitar 6 jam perjalanan dari Kota Palembang. Meski terbilang jauh, kelelahan akan terbayar dengan hamparan pasir putih dan batuan eksotis yang cantik.

(Baca juga: Fakta-fakta tentang Leukimia yang Serang Anak Denada)

Curup Maung

(noyvesto.net)

Wisata Palembang bernuansa alam lainnya yang tak kalah memesona adalah Curup Maung. Air terjun ini lokasinya di Desa Rinduhati, Kabupaten Lahat. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Lahat atau 220 kilometer dari pusat Kota Palembang.

Warga setempat baru menemukan potensi air terjun sebagai wisata Palembang pada awal tahun 2014. Sejak itu, air terjun ini dibahas beberapa situs wisata domestik dan dunia. Air terjun yang memiliki tinggi 80 meter itu terbagi menjadi beberapa bagian, sehingga air mengalir bertingkat-tingkat.

(Baca juga: Cek! 5 Kebutuhan Utama Pasangan yang Baru Menikah)

Museum Balaputra Dewa

(Dinas Pariwisata Kota Palembang)

Jangan lewatkan untuk berwisata ke Museum Balaputra Dewa. Dengan mendatangi museum tersebut, Anda dapat mengenal lebih jauh tentang sejarah Kota Palembang. Anda dapat menemukan peninggalan zaman purba megalithikum, Kerajaan Sriwijaya, hingga Kesultanan Palembang.

Menarik bukan? Bagi pecinta sejarah, tentu museum itu sangat menarik untuk mengenal Palembang lebih jauh lagi. Anda juga akan menemukan rumah tradisional Sumatera Selatan yaitu rumah Limas, yang menghiasi uang pecahan Rp10.000.

Jika Anda penasaran, datanglah ke museum yang beralamat di Jalan Sriijaya I, Srijaya, Alang Alang Lebar, Kota Palembang.

(Baca juga: Ini 5 Bisnis Makanan Selebritis Indonesia, Cek di Sini!)

Alquran Al Akbar

(kabarnas.com)

Kapan terakhir kali Anda berwisata religi? Jika biasanya kegiatan traveling Anda hanya diisi dengan kegiatan wisata alam, cobalah sesekali untuk berwisata religi. Palembang menyediakan objek wisata religi yang unik dan menarik. Apa itu?

Tahukah Anda di Palembang terdapat museum Alquran raksasa? Anda dapat mengunjungi tempat wisata Palembang bernuansa religi Alquran Al Akbar. Anda akan menjumpai Alquran berukuran besar atau sekitar lima lantai, dengan dekorasi yang sangat menarik. Jadi, jangan ragu untuk datang ke Jalan Moh. Amin, Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

(Baca juga: Menyoal Kontroversi Kylie Jenner dalam Daftar Perempuan Terkaya yang 'Self Made')

Bukit Siguntang

(travelingyuk.com)

Bukit Siguntang adalah tempat yang sakral dan keramat sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Dahulu, bukit tersebut adalah tempat ibadah di zaman Kerajaan Sriwijaya. Buktinya, ditemukan patung Budha yang kini tersimpan di depan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

Kawasan ini menyuguhkan suasana segar karena berada di ketinggian. Rimbun pepohonan akan menemani para pengunjung. Pengunjung bisa melihat makam para bangsawan Palembang di era dahulu. Ada pula peninggalan lainnya berupa relief.  Bukit Siguntang berlokasi di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang.

Nah, sudah sejauh mana persiapan Anda untuk traveling sekaligus menonton Asian Games 2018 di Palembang? Jangan lupa untuk melengkapi perjalanan Anda dengan asuransi perjalanan terbaik.

Asuransi perjalanan akan menekan beban finansial yang harus Anda tanggung ketika terjadi sesuatu yang buruk dalam perjalanan. Misalnya saja, bagasi hilang atau rusak, atau pesawat delay. E-commerce finansial CekAja.com akan membantu Anda menemukan asuransi perjalanan yang tepat. Yuk cek sekarang!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.