Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Tipe Orang Kaya, Mana yang Akan Mirip dengan Kamu Kelak?

by Tisyrin N. T on 3 April, 2017

tips kaya di usia muda _ investasi - CekAja.com

Ada banyak faktor yang membuat seseorang bisa menikmati harta yang berlimpah.

Seseorang yang terlahir dari keluarga miskin bukan tidak mungkin menjadi kaya raya jika mau berusaha. Ada pula yang kaya mendadak karena menang undian. Namun, ada pula orang-orang yang terlihat kaya padahal sebenarnya tidak. Mereka belanja sana-sini namun utang kartu kredit miliknya belum dibayar. Dari 5 tipe di bawah ini, mana yang paling mirip dengan kamu kelak? .

Terlahir sebagai anak di keluarga kaya

Terlahir sebagai anak di keluarga kaya adalah keberuntungan tersendiri. Status tersebut bahkan bisa membawa seseorang ke deretan daftar orang terkaya dunia. Misalnya saja, Alexandra Andresen dan kakaknya, Katharina Andresen. Mereka masuk dalam daftar orang terkaya Forbes 2017. Mereka baru berusia 20-an tetapi telah mengantongi kekayaan US$1,2 miliar.

Dari mana sumber kekayaan mereka? Ayahnya mengalihkan kepemilikan saham perusahaan Ferd untuk keduanya, masing-masing sebesar 42%. Keluarga Andresen telah lama dikenal sebagai pelaku di industri tembakau. Kini perusahaan Ferd aktif sebagai investor.

Ada pula Lukas Walton yang berusia 30 tahun dengan kekayaan US$11,3 miliar. Dia adalah cucu dari pendiri Wal-Mart, Sam Walton. Lukas Walton mewarisi kekayaan ketika ayahnya, John Walton, meninggal dalam kecelakaan pesawat tahun 2005. Karena harta warisan tersebut dia masuk dalam urutan ke-116 orang terkaya dunia.

Berjuang dari nol

Tipikal orang kaya yang satu ini harus berjuang keras memperbaiki kehidupannya. Sebagai gambaran, cobalah tilik kisah hidup Chairul Tanjung, pria yang pada 2016 lalu kekayaannya mencapai US$4,9 miliar. Bos CT Corp ini terlahir di keluarga kelas bawah. Namun, dia tidak tinggal diam dan menjajal berbagai bisnis hingga sukses seperti sekarang.

Kalau kamu terlahir dalam keluarga yang kekurangan, jangan patah semangat. Teruslah mengukir mimpi dan berjuang sekuat tenaga, yakinlah akan ada hasil yang mengikuti.

Kaya secara instan

Semakin canggih zaman, semakin memungkinkan seseorang untuk meraih kekayaan secara instan, misalnya dengan menjadi Youtuber. Memang, menjadi Youtuber sukses juga perlu perjuangan keras alias tidak benar-benar instan. Namun, hanya dalam hitungan beberapa tahun saja, mereka sudah dapat mengumpulkan pundi-pundi uang yang tak sedikit.

Pasangan Mark dan Rhea asal Filipina adalah contohnya. Kesuksesan mereka berawal dari sebuah keisengan. Pasangan ini merekam aktivitas anak mereka saat sedang bermain dan mengunggahnya ke YouTube. Pada tahun 2010, mereka berkolaborasi dengan perusahaan mainan.

Dan pada tahun 2013, salah satu video mereka mengukir 20 juta viewers. Mereka pun mampu menghasilkan lebih dari US$1 juta per tahunnya. Selain cara-cara yang positif, ada pula sekelompok ulang yang memilih cara yang salah untuk menjadi kaya secara instan seperti tergiur investasi bodong.

Kaya mendadak

Seseorang bisa kaya mendadak karena menang lotre, undian, atau menikah dengan orang kaya. Belum lama ini, orang Indonesia yaitu Ade Iskandar Roni mendadak menjadi miliarder karena memenangkan undian Rp9,3 miliar dari Bandara Changi, Singapura. Dia ikut undian setelah membeli kaus Adidas untuk temannya.

Sok kaya

Golongan yang satu ini tidak benar-benar kaya. Orang-orang sok kaya biasanya suka pamer di media sosial serta membicarakan kekayaan misalnya pamer setelah membeli barang-barang mewah.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami