Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Tips Agar Ibu Hamil Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona

by Anes Saputra on 1 April, 2020

Meski sering dinyatakan bahwa orang usia lanjut dan anak-anak tergolong kelompok yang rentan terhadap serangan virus Corona atau Covid-19, pada dasarnya semua orang memiliki risiko yang sama. Begitu juga dengan ibu hamil. Karena itu, penting untuk terus menjaga kesehatan.

gerakan senam hamil

Grafik angka temuan kasus Corona di Indonesia semakin meningkat setiap harinya. Update per tanggal 31 Maret 2020 menunjukkan data bahwa kasus positif Corona di Indonesia sudah mencapai 1.528 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 136 pasien dinyatakan meninggal dunia dan 81 orang berhasil sembuh.

Angka temuan kasus Corona itu tentu saja mengkhawatirkan. Kendati demikian, kita tidak perlu panik. Lakukan hal-hal pencegahan sebagaimana yang sering digaungkan pemerintah serta ahli-ahli kesehatan.

Begitu juga dengan ibu hamil. Jangan sampai wabah Corona malah membuatmu panik sehingga lupa akan kesehatanmu dan juga janin yang sedang di kandungan. Beberapa tips di bawah ini bisa kamu terapkan agar kamu serta si calon bayi tetap sehat di tengah pandemi Corona.

1. Rajin Mencuci Tangan

Tangan merupakan salah satu media penyebaran virus Corona. Apapun yang kamu sentuh di luar sana bisa jadi sudah disentuh oleh orang yang sudah terpapar virus Corona.

Refleks menyentuh bagian wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut, bisa berakibat fatal. Sebab, ketiga bagian di wajah itu merupakan pintu masuk yang cukup rentan bagi virus Corona. Terpapar virus Corona tentu bisa membahayakan kesehatanmu yang juga bisa berdampak pada janinmu.

Untuk menghindari hal tersebut, rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan di air mengalir. Jika sedang tidak memungkinkan, kamu bisa membersihkan tanganmu dengan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. Langkah ini diyakini bisa membunuh virus yang menempel di tanganmu.

2. Hindari Kerumunan dan Kontak dengan Orang Bergejala Corona

Social distancing atau menjaga jarak merupakan salah satu upaya untuk menghindari penyebaran penyakit akibat virus Corona. Jarak 2 meter dinilai sebagai jarak yang aman agar kamu terhindar dari percikan cairan atau droplet yang dikeluarkan oleh orang yang batuk atau bersin di sekitarmu.

(Baca juga: Serba Serbi Mengenai Asuransi Kehamilan dan Melahirkan)

Alih-alih menjaga jarak aman, ada baiknya hindari saja kerumunan untuk sementara waktu. Kamu tidak pernah tahu apa yang bakal kamu hadapi karena saat ini dunia sedang “berperang” melawan sesuatu yang tidak terlihat.

Selain itu, menghindari kontak langsung dengan orang yang memiliki gejala-gejala virus Corona merupakan langkah yang bijak. Sebagaimana diketahui, gejala umum yang ditemui pada orang yang terpapar virus Corona adalah batuk kering, demam, merasa kelelahan, sesak napas, serta pilek dan diare.

3. Tetap di Rumah Aja

Rasanya tidak ada jalan terbaik di tengah wabah Corona saat ini kecuali tetap tinggal di rumah. Opsi dan anjuran ini merupakan langkah yang tepat untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang belum ada vaksinnya ini.

Bagi yang bergejala ringan, misalnya, dengan tetap tinggal di rumah tentu bakal menghindari orang lain dari penularan. Sebaliknya, yang sehat dapat tetap menjaga kondisi terbaiknya dan terhindar dari virus Corona dengan tidak berkeliaran di luar rumah.

Begitu juga dengan ibu hamil. Jika memang tidak ada hal-hal yang begitu penting, hindari untuk keluar rumah. Fokuslah menjaga kesehatan kamu dan calon bayimu di rumah.

Meski begitu, bukan berarti kamu juga harus melewati jadwal kontrol rutinmu. Tetap kontrol kondisi kandungan dan perkembangan janinmu seperti sediakalanya. Hanya, sebisa mungkin hindari penggunaan angkutan umum, terutama di jam sibuk.

Buat janji bertemu dengan dokter kandunganmu dan datanglah pada waktu yang sudah disepakati. Hal ini tentu dapat mencegah kamu berada di luar rumah dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, datang pada waktu yang sudah disepakati juga membuat kamu tidak perlu antre dan “berkerumun” di ruang tunggu.

4. Makan Makanan Bergizi

Sebagai orang yang sedang berbadan dua, kamu tentunya harus memperhatikan asupan gizi dari apa yang kamu makan demi menjaga kesehatanmu dan janinmu, terlebih di tengah wabah virus Corona saat ini.

Seseorang diyakini mampu menangkal serangan virus Corona jika memiliki daya tahan tubuh atau imunitas yang baik. Karena itu, giat mengonsumsi makanan yang bergizi merupakan pilihan yang sangat tepat untuk saat ini.

Makanan yang lengkap dan berimbang bisa menjadi pilihan dalam menu sehari-hari. Memakan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein serta sayur dan buah sangat dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, ibu hamil biasanya juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin yang kaya akan kalsium. Asupan vitamin tambahan pun dapat kamu konsumsi agar tetap dalam kondisi prima dan janin dalam kandunganmu berkembang dengan baik. Konsultasikan asupan vitamin tambahan ini dengan dokter kandunganmu ya.

Manfaatkan promo dan diskon menarik dari kartu kredit Citibank untuk berbelanja kebutuhan pangan keluarga. Dengan begitu, kamu bisa membuat penghematan di tengah kondisi perekonomian yang sulit ini.

Pilih, ajukan, dan dapatkan kartu kredit Citibank sesuai kebutuhan kamu lewat CekAja.com.

5. Senam Hamil

Melakukan aktivitas tubuh atau berolahraga saat berada di rumah juga dianjurkan untuk tetap menjaga daya tahan tubuh. Begitu juga dengan ibu hamil. Kamu bisa melakukan senam hamil untuk tetap menjaga stamina tubuhmu.

(Baca juga: 7 Gerakan Senam Hamil Selama Masa Trimester Ketiga)

Namun, kamu tidak perlu datang ke tempat kamu biasa melakukan senam hamil. Cukup di rumah saja. Pertemuan tatap muka dengan instruktur senam untuk sementara waktu bisa diganti dengan sistem daring.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan senam hamil dengan memanfaatkan panduan yang ada di internet. Dalam hal ini, tentu saja kamu harus lihai mencari panduan dari ahlinya.

Itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan agar menjaga ibu hamil tetap dalam kondisi sehat di tengah wabah Corona saat ini. Jika kamu merasa ada yang aneh atau merasakan gejala-gejala Corona pada umumnya, segera periksakan diri ke dokter. Semoga badai Corona ini cepat berlalu.

 

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke