Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Tips Agar KPR Disetujui dari CekAja

by lhmdi on 17 Maret, 2016

kredit rumah - CekAja.com

Di tengah maraknya isu pembelian rumah dengan down payment atau DP 0%, ternyata mengajukan kredit pemilikan rumah dari bank masih menjadi pilihan yang dicari banyak masyarakat.

Namun sebelumnya, tips KPR disetujui oleh pihak bank menjadi perhatian tersendiri bagi para nasabah. Hal ini dikarenakan tidak semua masyarakat yang mengajukan KPR di bank langsung disetujui.  Lalu, seperti apa sebenarnya tips agar KPR yang diajukan menjadi perhatian pihak bank serta dapat disetujui? Cara-cara berikut ini bisa kamu jadikan sebagai panduan agar KPR dapat disetujui:

  1. Memilih pinjaman yang sesuai dengan keuangan

KPR merupakan fasilitas pinjaman uang yang diberikan oleh bank agar kamu bisa membeli rumah. Nah! Oleh karena itu jumlah pinjaman yang diajukan pun sebaiknya disesuaikan dengan penghasilan atau pendapatan yang kamu miliki per bulannya.

Jangan pernah meminjam dana yang berbeda timpang dengan jumlah penghasilan yang kamu miliki. Selain itu, bank akan melihat rasio pendapatan kamu dengan kemampuan membayar cicilan. Jadi, sebelum mengajukan pinjaman, sesuaikan dengan pendapatan yang kamu pilih.

Bagaimana caranya? Kamu bisa langsung mengakses layanan keuangan CekAja.com yang memberikan fitur kalkulator untuk menghitung sendiri jumlah pinjaman dengan penghasilan yang kamu dapatkan.

Cara ini tentu sangat tepat, sebelum kamu meminjam dengan cara yang salah. Jika sudah tepat dan pengajuan dilakukan bukan tidak mungkin pihak bank akan memberikan persetujuan atas fasilitas kredit kamu.

  1. Bandingkan KPR

Membandingkan jenis kredit adalah langkah bijak lainnya agar tips KPR kamu menjadi sempurna, Membandingkan ini dimaksudkan agar kamu tepat memilih jenis pinjaman yang akan diajukan. CekAja.com memiliki layanan yang lengkap dan sempurna bagi kamu yang sedang mencari kredit pemilikan rumah.

Hanya dengan menggunakan kalkulator yang sudah disediakan, kamu bisa memilih bank mana yang nantinya akan menjadi tempat pengajuan KPR.

  1. Melengkapi semua persyaratan

Apa pun persyaratan yang diajukan pihak bank jangan sampai terlewatkan. Mulai dari hal-hal sederhana seperti dokumen, kartu keluarga, kartu tanda penduduk, surat nikah, rekening koran selama tiga bulan terakhir, surat nikah, slip gaji, surat keterangan kerja dari perusahaan hingga NPWP.

Faktor kerapian dalam menyiapkan dokumen tentunya sangat bermanfaat sebelum kamu mengajukan pinjaman. Selain itu pihak bank juga akan melihat niat kamu yang bersungguh-sungguh dalam mengajukan pinjaman serta memudahkan agar KPR disetujui.

  1. Catatan kredit yang baik

Jika kamu ingin mengajukan pinjaman kredit pemilikan rumah di bank, pastikan juga bahwa cicilan untuk pinjaman atau utang lainnya juga berjalan lancar. Inilah merupakan tips KPR disetujui paling penting dilakukan.

Pihak bank biasanya akan melihat catatan pembayaran yang kamu lakukan apakah tepat waktu atau tidak menunggak dan yang paling terpenting, bank akan melihat apakah kamu sanggup membayarkan cicilan yang menjadi tanggung jawab. Cara ini dinilai sebagai kesiapan kamu untuk menggunakan layanan kredit pemilikan rumah. Jika memiliki catatan yang baik, cara pengajuan kpr tanpa dp jadi lebih mudah. Sebab, penyebab kpr ditolak bank btn, sama seperti penyebab kpr tidak disetujui bank lain. Tips kpr disetujui dan tips lolos kprsudah dijelaskan di artikel ini.

  1. Memeriksa rumah yang akan dibeli

Terakhir, supaya semuanya berjalan lancar jangan lupa untuk memeriksa rumah yang akan segera kamu beli. Perhatikan apakah tipe rumah yang akan dibeli sudah sesuai dengan keinginan kamu. Selain itu perhatikan hal-hal detil lainnya seperti jumlah kamar dan kondisi rumah.

Selain itu, sertifikat rumah juga sering dijadikan sebagai jaminan kepada pihak bank. Tidak jarang pula pihak bank menerapkan standar sendiri terhadap rumah yang akan dijadikan jaminan atau agunan.

Kredit pemilikan rumah merupakan kredit atau utang yang akan menjadi tanggung jawab di setiap bulannya. Oleh karena itu, agar tips KPR disetujui oleh pihak bank pastikan kamu juga benar-benar fokus untuk membayar semua cicilan yang dibebankan kepada nasabah.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami